10 Tempat Wisata di Probolinggo yang Menarik untuk Disinggahi

by -54 views

Tempat wisata di Probolinggo memiliki potensi yang cukup besar. Ada banyak tempat wisata yang Anda jumpai saat singgah di Kota Probolinggo.

Kota yang berlokasi di pesisir utara Pulau Jawa ini juga memiliki tempat yang strategis sehingga cukup mudah dijangkau oleh para traveler dari berbagai penjuru tanah air.

Berikut ini kami sajikan beberapa tempat wisata menarik yang bisa Anda singgahi bila Anda ingin menghabiskan waktu liburan di Kota Probolinggo.

1. Danau Ronggojalu

Tempat wisata Danau Ronggojalu berlokasi di Kec. Tegalsiwalan, Kab. Probolinggo, Prov. Jawa Timur.

Di sini pengunjung dapat menikmati pemandangan danau yang indah dan begitu alami, selain itu juga tersedia fasilitas kolam yang dapat Anda manfaatkan sebagai tempat untuk berenang.

2. Gunung Bromo

Ikon wisata Jawa Timur ini lokasinya meliputi empat wilayah Kabupaten, antara lain Probolinggo, Malang, Lumajang, dan pasuruan.

Puncak dan lereng Gunung Bromo menyajikan pemandangan yang fantastis.

Terutama di kawasan hamparan pasir seluas 10 kilometer yang terkenal sebagai spot terbaik untuk melihat matahari terbit.

3. Pantai Bentar Probolinggo

Pantai Bentar merupakan lokasi wisata di Probolinggo yang terletak di Kec. Gending.

Jaraknya sekitar 10 kilometer dari pusat kota Probolinggo, dengan waktu tempuh sekitar 25 menit berkendara.

Di Pantai Bentar Probolinggo banyak terdapat spot menarik dan cantik yang dapat kamu jelajahi untuk menambah koleksi foto Anda selama menghabiskan waktu liburan.

4. Gili Ketapang Probolinggo

Lokasinya berada di Kec. Sumberasih, Kab. Probolinggo, Jawa Timur.

Di Gili Ketapang Probolinggo Anda dapat menikmati pemandangan bawah laut yang eksotis dengan melakukan snorkeling.

Selain itu, menjelajahi area sekitar dengan perahu atau melakukan kegiatan camping juga dapat menjadi aktivitas yang seru di Gili Ketapang Probolinggo.

5. Pantai Duta Probolinggo

Lokasi Pantai Duta terletak di Randutatah, Kec. Paiton, Probolinggo.

Anda bisa menikmati pemandangan sunset yang indah dan tampak begitu jelas di pantai paling timur Probolinggo ini. Keindahan laut di sekitar Pantai Duta juga masih tergolong asri dan alami.

6. Pelabuhan Tanjung Tembaga

Berlokasi di Kec. Mayangan, Kota Probolinggo, Pelabuhan Tanjung Tembaga dapat menjadi pilihan wisata pantai yang menarik untuk disambangi.

Beberapa aktivitas wisata seru yang dilakukan di tempat ini antara lain menikmati sunset di sore hari, memancing, berbelanja ikan laut, atau menjelajahi hutan mangrove rindang yang indah.

7. Taman Maramis Probolinggo

Lokasi Taman Maramis terletak di Jalan A.A. Maramis No. 11, Kanigaran, Kota Probolinggo.

Di kawasan wisata taman ini tersedia arena bermain anak dan fasilitas pendukung bagi para pengunjung yang ingin bersantai dengan keluarga ataupun pasangan.

8. Benteng Mayangan Probolinggo

Benteng Mayangan berlokasi di Kec. Mayangan, Kota Probolinggo.

Benteng bersejarah ini merupakan bangunan peninggalan Inggris dan Belanda yang juga sebagai saksi sejarah perjuangan rakyat Probolinggo dalam peperangan merebut kemerdekaan.

9. Kolam Renang Bayuangga Probolinggo

Lokasi Kolam Renang Bayuangga terletak di Jalan Hayam Wuruk, Kel. Mangunharjo, Kec. Mayangan, Kota Probolinggo.

Tempat ini merupakan kolam renang pertama yang pernah ada di Kota Probolinggo.

Di kolam renang terdapat fasilitas kolam renang dewasa maupun anak-anak sehingga sangat cocok untuk rekreasi keluarga saat akhir pekan.

10. Museum Probolinggo

Lokasi Museum Probolinggo terletak di Jalan Suroyo, Tisnonegaran, Kanigaran, Kota Probolinggo.

Museum yang juga menjadi ikon wisata di Kota Probolinggo ini menyimpan berbagai koleksi benda yang dapat menambah wawasan Anda tentang sejarah serta budaya Kota Probolinggo.

Itulah 10 tempat wisata di Probolinggo yang dapat menjadi rujukan Anda saat ingin rekreasi bersama keluarga di akhir pekan. Semoga liburan Anda di Probolinggo semakin menyenangkan.