Travel Wisata Dieng: Menikmati Eloknya Surga Dataran Tinggi

by
Dieng

Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki kecantikan panorama alam yang luar biasa. Keelokannya seakan-akan tak pernah habis dan menggoda untuk terus dijelajahi. Salah satu keindahan alam yang diakui dunia, bak surga dataran tinggi bisa Anda temukan di dataran tinggi Dieng, kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Berencana melakukan perjalanan dengan travel wisata Dieng tentu akan menjadi sebuah pengalaman yang menakjubkan. Disini Anda dapat menemukan potensi alam seperti telaga, kawah, air terjun, seni budaya, kuliner termasuk fenomena unik seputar Dieng. Apa saja yang bisa dilakukan di dataran tinggi Dieng?

Menikmati golden sunrise dan negeri diatas awan

Sebagaimana menikmati wisata di kawasan pegunungan, berburu matahari terbit tampaknya sebuah keharusan. Seperti halnya wisata di Dieng. Dieng merupakan dataran tinggi yang terdiri dari gunung-gunung atau puncak-puncak tertinggi. Banyak wisatawan menyebut Dieng sebagai surganya para pendaki gunung dan pemburu sunrise. Disini pun Anda dapat menemukan sunrise paling fenomenal dari bukit Sikunir. Keindahan matahari terbit melalui sela-sela pegunungan tidak bisa digambarkan dengan kata-kata. Tak heran jika kawasan ini dipadati wisatawan terutama saat long weekend tiba.

Ingin lebih menantang? Cobalah berburu sunrise dari titik tertinggi Dieng yaitu gunung Prau, yang memiliki ketinggian 2.566 mdpl. Memang sih medannya cukup menantang dan membutuhkan fisik yang kuat untuk melakukan pendakian, namun tempat ini sangat spektakuler untuk menyaksikan golden sunrise Dieng. Bahkan jika Anda beruntung, Anda pun dapat menikmati negeri diatas awan, yaitu sebuah julukan untuk Dieng saat diselimuti awan. Benar-benar pemandangan yang luar biasa, kan?

Belajar sejarah dari sebuah candi kuno

Tak hanya pemandangan alam spektakuler yang disajikan di dataran tinggi Dieng. Ternyata Dieng juga menyimpan sejarah kuno yang tersirat dari bangunan purbakala dan arca disana. Bahkan Candi Dieng dikenal sebagai candi tertua di Pulau Jawa yang beraliran Hindu.

Disini selain mengunjungi beberapa komplek candi terkenal seperti Candi Arjuna, Candi Gatotkaca, Candi Bima dan Candi Dwarawati termasuk beberapa benda-benda purbakala dan arca yang tersimpan rapi di Museum Dieng, Anda akan diajak pula menonton film dokumenter tentang Candi Dieng dan sejarahnya. Tentu saja pengalaman dan pengetahuan Anda akan menjadi lebih luas seputar sejarah kerajaan di Indonesia jaman dahulu.

Melihat keasrian telaga-telaga cantik Dieng

Melakukan perjalanan dengan travel wisata Dieng, jangan lupa mengunjungi telaga-telaga cantik ini. Dataran Dieng dikenal memiliki 7 telaga cantik yang wajib Anda kunjungi, yaitu Telaga Warna, Telaga Pengilon, Telaga Cebong, Telaga Merdada, Telaga Balekambang, Telaga Dringo dan Telaga Menjer. Untuk Telaga Warna dan Telaga Pengilon adalah dua telaga yang letaknya berdekatan namun memiliki karakteristik berbeda. Telaga Warna dikenal sebagai telaga yang memantulkan warna-warna indah seperti hijau, biru, coklat, kuning dan silver. Telaga ini bagaikan magnet bagi pengunjung yang ingin melihat langsung keeksotisannya. Sedangkan Telaga Pengilon adalah telaga yang berair  tawar non belerang dan berwarna jernih. Kedua telaga ini akan tampak luar biasa eksotis jika dilihat dari tempat lebih tinggi seperti dari Bukit Sidengkeng.

Telaga Balekambang terletak di tengah-tengah pegunungan tinggi Dieng dan terlihat cantik saat pagi hari, dimana embun-embun mulai melebur dengan air telaga dan asap tipis melayang-layang diatasnya. Sedangkan Telaga Cebong adalah telaga yang terletak di desa tertinggi pulau Jawa yaitu Desa Sembungan, tepatnya di kaki Bukit Sikunir. Telaga ini sangat indah karena terletak tepat ditengah-tengah lahan pertanian.

Mencicipi kuliner khas Dieng

Wisata kuliner adalah hal yang wajib dinikmati saat Anda melakukan travel wisata Dieng. Seiring dengan dinginnya suhu udara disana, Dieng memiliki menu khas yang sangat menggugah selera yaitu mie ongklok. Mie ongklok terbuat dari mie kuning, daun kol, daun kucai, rempah-rempah serta kuah kental yang ditaburi bawang goreng melalui proses pembuatan yang unik yaitu diongklok-ongklok di air mendidih menggunakan keranjang bamboo.

Selain itu, minuman khas Dieng juga tak kalah nikmatnya yaitu purwaceng. Purwaceng adalah tanaman ginseng yang hanya tumbuh di Dieng. Minuman ini pada dasarnya memiliki rasa pedas seperti jahe, sehingga melegakan tenggorokan dan menghangatkan tubuh.

Nah, itulah beberapa hal yang dapat Anda lakukan selama berwisata dengan travel wisata Dieng. Jika Anda ingin menikmati Kristal-kristal es yang disebut salju Dieng, Anda dapat berkunjung pada musim kemarau. Karena disaat itulah suhu Dieng mengalami perubahan yang ekstrim hingga dibawah nol derajat Celcius. Secara keseluruhan, surga dataran tinggi Dieng layak masuk dalam daftar liburan tahunan bagi Anda yang ingin menikmati salah satu panorama alam eksotis di Indonesia.