Pantai Jogan, Wisata Yogyakarta dengan Air Terjun Cantik yang Langsung Jatuh ke Pantai

by

Pantai Jogan merupakan wisata Yogyakarta yang memadukan keindahan air terjun dengan karang-karang cantik di sekitar pantai.

Meski sudah lama dikenal oleh masyarakat sekitar, ternyata Pantai Jogan belum banyak diketahui oleh kalangan wisatawan.

Oleh karena itu, Anda bisa mengunjungi tempat ini dan berwisata dengan lebih leluasa.

Air terjun setinggi 12 meter yang ada di Pantai Jogan membuatnya beda dari pantai-pantai lain di sekitarnya.

Air terjun ini langsung terjurah ke bibir pantai. Panorama karang dan tebing di sekitarnya menambah eksotik pemandangan yang bisa Anda nikmati di Pantai Jogan.

Selain menikmati indahnya pemandangan dari atas tebing air terjun, Anda juga dapat turun ke bawah melewati anak-anak tangga dari kayu dan melihat pesona lainnya yang ada di Pantai Jogan.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Jogan

Lokasi Pantai Jogan tepatnya berada di Ds. Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Tempat wisata Yogyakarta yang satu ini berjarak sekitar 70 kilometer dari pusat kota Jogja dengan lama perjalanan kurang lebih 2 jam berkendara.

Jika Anda pernah mengunjungi obyek wisata Pantai Siung, lokasi Pantai Jogan hanya berjarak sekitar 200 meter dari pantai tersebut.

Harga tiket masuknya pun sudah termasuk dengan tiket masuk ke Pantai Siung.

Jadi, bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi Pantai Jogan cukup mengikuti papan petunjuk yang mengarah ke Pantai Siung.

Cara menuju ke Pantai Jogan dari Kota Yogyakarta bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi ialah dengan melalui ringroad Jalan Wonosari ke arah Kota Wonosari.

Setelah melewati kantor Pemda Gunungkidul, lanjutkan perjalanan menuju Pasar Hargosari Wonosari.

Ada pertigaan sebelum Polres, arahkan kendaraan ke kiri atau ikuti petunjuk menuju ke Pantai Siung.

Ikuti jalan tersebut hingga tiba di Desa Purwodadi, sebelum balai desa Anda akan melihat papan petunjuk menuju ke Pantai Jogan, Pantai Siung, dan Pantai Nglambor.

Harga Tiket Masuk Pantai Jogan

Harga tiket masuk ke Pantai Jogan ini cukup murah. Wisatawan yang akan masuk ke area wisata Pantai Jogan cukup membayar retribusi sebesar Rp 3.000 ditambah biaya parkir Rp 2.000 bagi yang membawa sepeda motor, atau Rp 5.000 bagi yang membawa mobil.

Ada banyak pesona yang bisa Anda nikmati di Pantai Jogan. Buktikan sendiri, karena Pantai Jogan merupakan salah satu wisata Yogyakarta yang patut Anda saksikan pesona keindahannya.