Pulau Sarinah Tlocor, Wisata Sidoarjo nan Indah Hasil Sedimentasi Lumpur Lapindo

by -42 views

Pulau Sarinah Tlocor merupakan wisata Sidoarjo berupa pulau baru yang dihasilkan dari sedimentasi lumpur Lapindo.

Lokasi Pulau Sarinah berada di Kampung Tlocor, Ds. Kedungpandan, Kec. Jabon, Kab. Sidoarjo. Lumpur Lapindo yang dibuang ke Sungai Porong menghasilkan hamparan pulau buatan di pesisir timur Kabupaten Sidoarjo.

Di Pulau Sarinah Tlocor juga sudah dibangun dermaga untuk mempermudah perahu merapat. Banyak kampus dan aktivis lingkungan yang pergi ke Pulau Sarinah untuk melakukan riset.

Namun sekarang ini, Pulau Sarinah juga sudah dikenal sebagai tempat wisata Sidoarjo yang menjadi destinasi di kalangan wisatawan karena keindahannya yang mempesona.

Cara Menuju ke Pulau Sarinah dari Pantai Tlocor

Untuk menuju lokasi Pantai Tlocor, Anda dapat melalui Dermaga Tlocor dengan melakukan perjalanan sejauh 15 kilometer dari pusat kota Sidoarjo.

Arahkan kendaraan terus ke arah timur, sampai melewati jembatan Porong.

Sesampainya di Dermaga Tlocor, parkirkan kendaraan dan lanjutkan perjalanan dengan menyewa perahu yang biasanya disediakan oleh warga setempat.

Dari Dermaga Tlocor, Anda akan melintasi aliran sungai yang sisi kanan dan kirinya dipenuhi oleh hutan bakau (mangrove).

Jarak Pulau Sarinah dari Dermaga Tlocor sekitar 5 kilometer, namun Anda harus menempuh perjalanan menuju ke Pulau Sarinah selama 20 menit dengan menggunakan perahu.

Sebelum berangkat menuju ke Pulau Sarinah, wisatawan bisa instirahat sejenak di Dermaga Tlocor sembari menikmati panorama Pulau Dem yang indah di seberang lautan.

Keindahan Wisata Pulau Sarinah dan Pantai Tlocor

Pulau Sarinah terbentuk dalam waktu yang relatif singkat, hanya dalam kurun waktu 5 tahun saja, pulau ini telah mencapai luas sekitar 80 hektare dengan ketinggian rata-rata 2-3 meter dari permukaan laut.

Pulau Sarinah Tlocor dapat menjadi wisata Sidoarjo yang cocok bagi Anda dengan jiwa petualang. Pemandangan indah selama perjalanan seolah memanjakan mata.

Anda akan merasakan sensasi petualangan yang seru saat berada di Pulau Sarinah.

Rencananya, Pulau Sarinah akan diresmikan menjadi destinasi tempat wisata di Sidoarjo.

Meski saat ini Pulau Sarinah belum resmi dibuka sebagai tempat wisata, namun telah banyak wisatawan yang mencoba untuk datang dan menikmati keindahan pemandangan yang ada di tempat ini.

Lokasinya yang strategis, bersebelahan dengan Kabupaten Pasuruan, dan Mojokerto, menjadikan wisata Sidoarjo memiliki prospek yang bagus apabila dikembangkan dan dikelola dengan maksimal.