Menikmati Liburan Travel Wisata Yogyakarta yang Tak Biasa

by
travel wisata Yogyakarta

Sebagai Kota Seni dan Budaya, Yogyakarta mungkin dikenal dengan deretan sejarah yang tak pernah ada ujungnya jika diceritakan. Wisatawan mungkin juga akan merasa sedikit tidak fokus menjelajahi Yogyakarta bila hanya mendengarkan sejarah yang mungkin bisa dicari sendiri melalui media informasi lain. Berkunjung ke suatu tempat rasanya tak pas bila belum merasakan leganya bermain dan menikmati kekayaan alam. Jika Anda berkunjung ke Yogyakarta, pastikan Anda tidak hanya berada di satu titik fokus yang kerap disebut sebagai pusat wisata di Yogyakarta.

Sebagai destinasi travel wisata Yogyakarta, bukan berarti tempat-tempat wisata yang bisa Anda kunjungi berada di kota Yogyakarta itu sendiri. Provinsi daerah istimewa ini juga memiliki segudang wilayah lain yang tersebar hingga ke ujung-ujung provinsi dengan menyimpan pesona wisata yang harus Anda ketahui dan abadikan. Tak lengkap rasanya Anda berkunjung ke Yogyakarta tanpa singgah sebentar di destinasi travel wisata Yogyakarta terbaik berikut ini.

Puncak Suroloyo

Mengawali perjalanan travel wisata Yogyakarta Anda akan lebih afdol ketika memandangi matahari terbit dari Puncak Suroloyo yang berlokasi di Pegunungan Menoreh, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pesona matahari terbit di sini menjadi hal yang diperebutkan oleh wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta. Anda bisa menikmati pemandangan menyenangkan ini dari gardu pandang yang terletak sekitar 1000 meter dari permukaan laut. Pemandangan matahari terbit ini juga semakin diperindah dengan adanya jajaran gunung yang seolah menunggu kedatangan sang surya, yaitu Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, dan Gunung Sindoro.

Kalibiru

Kawasan wisata ini memang tergolong baru namun bukan berarti tak sanggup memukau Anda. Masih berada di satu kawasan dengan Puncak Suroloyo, Anda bisa mengunjungi desa sekaligus hutan wisata Kalibiru yang menawarkan pemandangan alam berlatar Waduk Sermo yang bisa Anda lihat dari pohon tinggi yang sudah dilengkapi dengan peralatan untuk memanjat. Untuk menikmati pemandangan dari tempat ini, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya masuk sebesar Rp 3.000 saja. Cukup murah bukan untuk mendapatkan pengalaman memandangi hamparan dataran Yogyakarta?

Bukit Parang Endog

Romantisme Yogyakarta tidak berhenti dari sudut-sudut kota saja. Datanglah ke Bantul, tepatnya ke Pantai Parangtritis. Di sini Anda akan menemukan sebuah landasan pacu untuk olah raga paralayang yang dikenal dengan sebutan Bukit Parang Endog. Tidak hanya bisa menikmati pemandangan matahari terbenam yang cantik, pada siang hari Anda juga bisa menjajal olah raga satu ini hanya dengan Rp 300.000 saja untuk sekali terbang.

Cave Tubing Kalisuci

Menginginkan liburan di Yogyakarta dengan aktivitas air? Datanglah ke Kalisuci yang terletak di daerah Gunung Kidul, DIY. Di sini Anda bisa melakukan cave tubing atau aktivitas air berupa penyusuran goa dengan menggunakan ban dalam. Retribusi yang harus Anda bayar pun tergolong murah, hanya Rp 5.000 saja. Untuk menikmati paket wisata cave tubing ini Anda perlu membayar Rp 70.000 saja maka Anda sudah bisa menikmati olah raga sekaligus pemandangan perut bumi.

Curug Indah Tegalrejo

Membutuhkan kedamaian dalam liburan Anda? Curug Indah Tegalrejo bisa menjadi salah satu alternatif destinasi travel wisata Yogyakarta yang harus Anda kunjungi. Curug ini masih relatif sedikit dikunjungi wisatawan. Inilah yang kemudian dijual, Anda bisa menemukan ketenangan berlibur di tempat ini dengan pemandangan curug atau air terjun bertingkat dengan naungan pepohonan hijau pada sisi kanan dan kirinya.

Goa Jomblang

Mencicipi sedikit cahaya surga meski masih menjadi manusia? Mengapa tidak mungkin? Kunjungi Goa Jomblang dan Anda akan merasakan hangatnya ‘cahaya surga’ yang ditawarkan. Goa Jomblang merupakan salah satu goa unik yang ada di dunia karena bentuknya berupa goa vertikal sehingga ketika siang hari Anda bisa menikmati pemandangan sinar matahari yang masuk ke mulut gua seolah berupa cahaya yang sungguh-sungguh berasal dari surga. Namun, perlu diketahui untuk menikmati paket wisata di Goa Jomblang relatif mahal, yaitu Rp 450.000 per orang.

Itulah destinasi travel wisata Yogyakarta terbaik yang patut Anda kunjungi dan abadikan. Yogyakarta tidak hanya menawarkan sejarah beserta seni dan budaya yang harus Anda tahu namun juga menawarkan pemandangan kekayaan alam yang dimiliki di Kota Gudeg ini. Menikmati kehidupan di Yogyakarta akan menjadi pengalaman liburan yang patut Anda coba, jangan hanya berdiam diri di rumah dan mengetahui keindahan Yogyakarta sebatas dari internet saja. Datangi dan rasakan sensasi liburan yang berbeda di kota ini!