Sudah Pernah Mengunjungi 5 Travel Wisata Yogya yang Menawan Ini?

by
travel wisata Yogya

Surga wisata di Pulau Jawa tak hanya terletak di beberapa tempat, namun hampir di semua wilayah di pulau terpadat dan teraktif di Indonesia ini. Mulai dari Banten hingga Banyuwangi, semuanya memiliki keunikan tersendiri dan obyek wisata yang khas dan harus Anda kunjungi sebelum memutuskan untuk mengeksplor negara tetangga. Salah satu wilayah yang cukup sering dikunjungi oleh wisatawan karena pesona wisatanya yang tak hanya unggul dari satu sektor saja adalah Yogyakarta. Travel wisata Yogyakarta kerap dijadikan alternatif liburan bagi sebagian masyarakat Indonesia terutama yang tinggal di Pulau Jawa. Selain letaknya yang relatif dekat, Yogyakarta menyimpan berbagai jenis obyek wisata yang bisa dikunjungi.

Jika Anda pergi dan melakukan travel wisata Yogyakarta, Anda tidak perlu bingung karena di wilayah ini Anda bisa menemukan berbagai obyek wisata seru. Berbagai tempat wisata baru kini muncul di Kota Gudeg ini dan pastinya wajib Anda kunjungi untuk menikmati keindahan terutama alam Yogyakarta. Nah, dimana saja sih destinasi travel wisata Yogyakarta yang terbilang baru tersebut? Berikut ulasannya.

Puncak Kosakora

Inilah salah satu obyek wisata yang terbilang baru di Yogyakarta. Bagi Anda yang hobi foto diri atau selfie, mengunjungi tempat ini sepertinya menjadi hal yang wajib bila Anda berlibur ke Yogyakarta. Pasalnya, pemandangan alam di Puncak Kosakora dapat menjadi background yang luar biasa bagus dengan pemandangan pantai dari atas bukit. Kosakora sendiri merupakan sebuah puncak bukit yang terkenal dengan pemandangan alamnya yaitu pantai dan momen indah seperti terbit dan tenggelamnya matahari. Tiket retribusinya pun tergolong murah, hanya Rp 2.000 per orang. Jika Anda berencana untuk menginap di sini, Anda bisa membawa sendiri tenda atau menyewa dengan kisaran harga sewa tenda Rp 60.000 hingga Rp 100.000.

Desa Wisata Kalibiru

Letaknya ada di Bukit Menoreh, Kulonprogo. Desa Wisata Kalibiru ini terkenal akan pemandangan Waduk Sermo dari sebuah pohon tinggi yang kini kerap menjadi obyek wisata favorit anak muda Yogyakarta. Menginginkan aktivitas liburan yang lebih menantang? Anda bisa melakukan treking dengan jarak 1.5 km hingga 7 km. Wow!

Kebun Buah Mangunan

Obyek wisata satu ini juga tergolong baru dan kerap dikunjungi oleh penduduk Yogyakarta. Kebun Buah Mangunan bisa dikatakan sedang menjadi obyek wisata yang naik daun karena terkenal akan pemandangan menakjubkan dari Sungai Oya. Lokasinya ada di Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Kebun Buah Mangunan terkenal sebagai salah satu lokasi yang asri di Yogyakarta, cukup menyenangkan sebagai obyek pelarian dari hiruk pikuk kota besar seperti Yogyakarta. Di sini Anda bisa melakukan rekreasi dengan mengelilingi kebun sampai dengan melihat pembibitan sapi. Akomodasi dan fasilitas pendukung liburan seperti homestay dan kolam renang sudah tersedia di sini.

Desa Kedung Miri

Wisata alam yang bisa Anda dapatkan di Yogyakarta juga terdapat di Desa Kedung Miri. Di sini Anda akan disuguhkan pemandangan bukit yang hijau, barisan pohon yang asri, dan pemandangan Sungai Oyo yang bisa Anda saksikan dari jembatan ikonik di desa ini. Jembatan gantung ini kerap menjadi latar foto bagi anak gaul Yogyakarta saat ini.

Gunung Api Purba Nglanggeran

Ditetapkan sebagai kawasan material vulkanik, Gunung Api Purba Nglanggeran juga dikenal sebagai salah satu obyek wisata alam terbaik di Yogyakarta. Letaknya ada di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Wonosari. Gunung ini menyajikan pemandangan kota Yogyakarta yang indah terlebih bila Anda melihat pada malam hari. Namun untuk bisa menaklukkan kawasan ini, Anda harus memiliki stamina yang bagus karena aktivitas treking menjadi pembuka sebelum Anda bisa menikmati pemandangan yang luar biasa dari puncak gunung.

Goa Jomblang

Jika biasanya Anda menemui goa dengan posisi horizontal, berbeda halnya dengan Goa Jomblang yang dikenal sebagai goa vertikal. Goa unik ini menjadi bahan pembicaraan sebagai obyek wisata alam yang unik di Yogyakarta terutama ketika menjelang siang hari karena pada saat ini pemandangan goa menjadi begitu apik dan langka berkat cahaya matahari yang memasuki goa seolah cahaya dari surga.

Itulah ulasan singkat dari beberapa destinasi travel wisata Yogyakarta yang relatif baru. Anda bisa mengunjungi tempat-tempat tersebut dengan cukup mudah karena ketersediaan fasilitas transportasi umum yang memadai di Kota Pelajar ini. Jangan lupa untuk mengabadikan momen liburan seru Anda di Yogyakarta ya. Selamat berlibur!