Travel Wisata Ujung Kulon: Wisata Antimainstream yang Patut Dicoba

by
Ujung Kulon

Melakukan sesuatu yang berbeda bisa menjadi salah satu alternatif hiburan yang menyegarkan otak dan bisa membuat kita lebih fokus. Aktivitas liburan merupakan salah satu aktivitas yang cukup penting dan berperan dalam penyegaran otak sehingga kita bisa melanjutkan aktivitas sehari-hari kita dengan lebih segar dan semangat. Terlalu fokus pada pekerjaan dan rutinitas bukanlah sebuah hal yang baik karena kita bisa menjadi terlalu tegang dan pada akhirnya tidak bisa berkarya secara lebih optimal.

Nah, aktivitas liburan pun jangan dibuat yang terlalu biasa. Mengunjungi tempat wisata seperti museum atau pantai mungkin menjadi hal yang diinginkan sebagian orang sebagai aktivitas liburan biasa, sekedar untuk melarikan diri dari penatnya rutinitas harian. Untuk membuat liburan Anda lebih berkesan, salah satu triknya adalah berliburlah ke tempat-tempat yang jarang orang pikir bisa melakukan liburan di sana. Contohnya, lakukanlah travel wisata Ujung Kulon yang terkenal sebagai taman nasional untuk pelestarian hewan langka yaitu Badak Bercula Satu.

Liburan di taman nasional mungkin terdengar asing dan aneh bagi sebagian orang namun patut Anda coba bila Anda termasuk penyuka kegiatan liburan yang antimainstream. Mungkin Anda akan bertanya jika Anda berkunjung ke Ujung Kulon, lantas liburan seperti apa yang bisa didapatkan? Meski terkenal sebagai taman nasional, ada beberapa destinasi travel wisata Ujung Kulon yang bisa Anda nikmati.

Padang Rumput Cidaon

Liburan dengan memandangi hamparan rumput dengan pemandangan banteng yang sedang makan mungkin menjadi agenda liburan yang cukup unik. Di Padang Rumput Cidaon ini Anda bisa menikmati pemandangan tersebut. Namun berhati-hatilah dan tetap menjaga jarak dari hewan-hewan ini karena ketika mereka merasa terancam mereka akan memberikan perlawanan. Nikmati pemandangan yang mungkin tak akan Anda temukan di tempat lain ini dengan menggunakan teropong. Di sini Anda juga bisa menyewa jasa pemandu wisata yang akan menjelaskan obyek wisata ini. Bagi Anda yang menyukai hobi foto, nampaknya obyek wisata satu ini akan menjadi salah satu spot foto yang paling baik terutama ketika sore hari karena cahaya matahari yang kemerahan akan menambah kesan terbaik dalam hasil foto Anda.

Padang Rumput Cibunar

Dari Padang Rumput Cidaon, Anda bisa melakukan pendakian menuju Padang Rumpu Cibunar yang masih dihuni oleh sekumpulan banteng. sepanjang perjalanan Anda akan bisa menemui tanaman yang merupakan makanan bagi para badak di taman nasional ini. Dengan melakukan pendakian ini Anda juga akan merasa kagum dengan kekayaan alam yang dimiliki Indonesia khususnya di tempat ini. Bisa dikatakan untuk melakukan wisata satu ini akan kurang cocok bila dilakukan bersama dengan anak-anak.

Pulau Peucang

Bila Anda menginginkan lari dari rutinitas menuju sebuah pulau namun tetap menyediakan fasilitas akomodasi dan penginapan selama melarikan diri di Taman Nasional Ujung Kulon, datanglah ke Pulau Peucang yang sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung. Di sini Anda akan merasakan alam pantainya yang menakjubkan. Selain wisata pantai, di sini Anda juga bisa melakukan aktivitas air seperti snorkeling dan juga diving. Anda juga memiliki kesempatan menikmati pemandangan kehidupan monyet ekor panjang dan juga rusa. Gugusan karang di taman bawah laut akan menjadi pemandangan tak terlupakan bagi Anda yang berlibur ke sini.

Kepulauan Hendeleum

Kepulauan satu ini dikenal sebagai gugusan pulau besar dan kecil. Ketika Anda mengunjungi Kepulauan Hendeuleum ini Anda akan menemui Sungai Cigenter yang biasa disusuri dengan menggunakan perahu dayung kecil atau canoe. Anda akan menemui pemandangan kehidupan biota seperti ular, burung, ikan, serta kepiting. Kunjungi Pulau Kalong, Hendeleum Besar, Hendeleum Tengah, serta Hendeleum Kecil. Pada ujung sungai Anda akan menemukan pemandangan air terjun yang wajib diabadikan.

Itulah ulasan singkat dari beberapa destinasi travel wisata Ujung Kulon yang bisa menjadi alternatif liburan menyenangkan Anda di samping menyambangi obyek wisata populer seperti museum dan pantai. Bagaimana? Anda bukan lagi orang yang mainstream lho dengan melakukan liburan satu ini. Meski liburan di tempat Badak Bercula Satu tak berarti hal tersebut bukan liburan yang menyenangkan bukan?