Pulau Peucang, Surga Indonesia yang Ada di Ujung Jawa

by
Pulau Peucang

Berwisata menjadi salah satu kegiatan yang menarik dan menghibur untuk melepaskan penat dari kesibukan dan rutinitas yang dilakukan sehari-hari. Dengan tuntutan kerja yang tinggi maka tak heran beberapa orang membutuhkan sarana pelepasan penat dan tekanan kerja tersebut dengan berlibur ke luar wilayah tempat tinggalnya sehingga bisa me-refresh kembali otak dan ketika kembali ke wilayah tempat tinggal bisa bekerja dengan baik lagi.

Maka sebagai pereferensi tujuan wisata yang cocok bagi Anda yang menginginkan destinasi yang sungguh membuat Anda rileks, kami sajikan ulasan singkat mengenai salah satu tujuan wisata yang belum banyak diketahui dan dikunjungi orang dan dikenal sebagai Surga Indonesia dan terletak tidak jauh dari Pulau Jawa. Perkenalkan Pulau Peucang, Surga Indonesia yang terletak di Ujung Jawa!

Pulau Peucang ada di selat Panaitan, Kabupaten Pandeglang, Banten atau tepatnya berada di sebelah timur Taman Nasional Ujung Kulon. Ya. Pulau ini masih masuk ke dalam wilayah kawasan Taman Nasional Ujung Kulon bersama dengan Pulau Panaitan dan Pulau Handeuleum. Peucang juga dikenal sebagai situs warisan dunia UNESCO. Pulau ini merupakan salah satu pulau yang cukup sering dijadikan objek peneliti oleh para peneliti, pecinta lingkungan, dan yang pasti objek tujuan wisatawan. Dengan luas sekitar 450 hektar ini, Pulau Peucang menyuguhkan keindahan yang didominasi oleh adanya pantai-pantai alami dengan pasir putih dan kawasan hutan yang masih terjaga. Aktivitas air yang bisa dilakukan wisatawan di sini selain bermain di pantai adalah berenang atau snorkeling di lautnya yang cukup jernih.

Berkunjung ke sini, Anda akan disuguhi dengan pemandangan kehidupan berbagai satwa yang mungkin jarang Anda temui di wilayah tempat tingal Anda seperti rusa, banteng jawa, merak hijau, lutung, kijang, babi hutan, dan juga biawak. Hutan di pulau ini merupakan ekosistem hutan hujan tropis dataran rendah. Tanaman yang ada di wilayah ini seperti merbau, palahiar, bungur, cerlang, dan jua ki hujan. Selain itu masih terdapat jenis tanaman lainnya yaitu pohon Ficus atau ara pencekik.

Jika Anda berkunjung ke sini pastikan Anda menyempatkan diri untuk berkunjung ke beberapa objek wisata yang cukup terkenal dan dijadikan icon dari Pulau Peucang. Salah satu destinasi tersebut adalah Karangcopong. Ini adalah sebuah karang mati yang berukuran besar dan memiliki lubang-lubang atau copong di bagian utara pulau. Inilah spot favorit untuk menyelam dan menikmati keindahan dasar laut dengan berbagai keanekaragaman ikan. Selain Karangcopong, pantai yang ada di Pulau Peucang juga memberikan keindahan yang begitu menawan dengan hamparan pasir putih dan air laut yang begitu jernih hingga Anda bisa melihat ikan-ikan kecil dari atas kapal yang Anda naiki. Selain itu juga terdapat bukit-bukit yang ditumbuhi pepohonan di depan pantai.

Untuk mencapai wilayah eksotis ini, Anda bisa berangkat dari Jakarta menuju Kecamatan Sumur dengan kendaraan bermotor yang ditempuh selama kurang lebih 7 hingga 8 jam. Dari dermaga kecamatan tersebut, Anda bisa menyewa kapal yang akan mengantar Anda ke Pulau Peucang. Kapal ini biasanya cukup menampung sekitar 15 orang. Perjalanan di atas kapalnya pun juga terbilang cukup lama. Sesampainya di Pulau Peucang, Anda bisa menempati penginapan yang disewakan dengan fasilitas yang cukup mendukung dan dibandrol dengan harga sewa sekitar Rp 400.000 hingga Rp 700.000 tergantung dengan jenis penginapan yang Anda pilih.

Objek wisata lain yang masih berada di kawasan Pulau Peucang dan bisa Anda jadikan referensi tujuan wisata selama menginap di sana adalah melihat Banteng yang ada di Padang Penggembalaan Cidaon, tracking menuju Karang Copong, dan lain-lain.