Inilah 6 Pulau Destinasi Travel Wisata Kepulauan Seribu yang Paling Populer

by
Kepulauan Seribu

Tak banyak yang menyadari bahwa Jakarta memiliki tempat wisata yang kecantikannya tak kalah dengan tempat-tempat wisata lainnya di Indonesia yaitu kepulauan seribu. Padahal di sana ada beberapa pulau yang diakui keindahannya sehingga menjadi tempat konservasi sekaligus tempat wisata. Keelokan pulau seribu mampu menarik perhatian banyak wisatawan yang berbondong-bondong mengunjunginya untuk sekedar berlibur disana.

Nah, dari sekian banyak pulau disana, 6 pulau ini merupakan destinasi travel wisata Kepulauan Seribu yang paling populer. Pulau mana sajakah itu? Berikut ini ulasannya.

Pulau Tidung

Pulau Tidung adalah pulau paling terkenal di kepulauan seribu. Pesona baharinya yang luar biasa diidolakan banyak wisatawan lokal maupun mancanegara. Pulau Tidung adalah nama kelurahan di kecamatan kepulauan seribu selatan, DKI Jakarta. Lokasinya sekitar 3 jam jika ditempuh dari dermaga Muara Angke.

Pulau Tidung terbagi menjadi dua yaitu Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil, dimana keduanya dihubungkan dengan sebuah jembatan yang sangat panjang yang dinamakan jembatan cinta oleh masyarakat setempat. Berjalan-jalan di jembatan cinta dengan pasangan sambil melihat-lihat kecantikan alami birunya laut disana akan membuat Anda terhipnotis dengan keromantisannya.

Pulau Semak Daun

Sebagai sebuah pulau kecil yang tak berpenghuni, pulau semak daun tampaknya tempat yang pas bagi Anda yang ingin menyendiri sejenak dari kepenatan akibat rutinitas sehari-hari. Jika memutuskan menghabiskan waktu di pulau kecil ini, wajib bagi Anda membawa tenda dan kelengkapannya sendiri dari rumah. Mengapa? Karena tidak ada penginapan dan pedagang apapun. Pulau ini tak berpenghuni. Jadi Anda benar-benar merasakan keheningan yang nyaman dengan menikmati indahnya kehidupan bawah laut disana. Namun sebaiknya mengajak beberapa teman atau keluarga agar Anda tidak merasa terlalu kesepian.

Pulau Bira

Destinasi travel wisata Kepulauan Seribu selanjutnya adalah pulau Bira. Pulau cantik ini belum terlalu banyak dikunjungi wisatawan sehingga Anda dapat merasakan suasananya yang benar-benar alami. Untuk sampai ke pulau ini, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 3 jam dari dermaga Muara Angke setelah sebelumnya transit dulu di pulau Pramuka. Memang sih membutuhkan sedikit perjuangan, namun sensasi yang Anda rasakan setelah tiba di pulau Bira benar-benar sebanding.

Di pulau Bira, Anda dapat menikmati kecantikan bawah lautnya dengan diving atau snorkeling. Jika tidak, Anda cukup duduk-duduk di dermaga sambil menikmati indahnya sunset disana. Suasana alami dan nyaman akan benar-benar Anda rasakan selama berwisata di pulau ini.

Pulau Pari

Pulau Pari memang layak menjadi salah satu destinasi travel wisata Kepulauan Seribu yang paling populer. Pulau ini menawarkan keindahan alam yang tak ditemukan di tempat lain. Selain bisa menikmati pesona pasir putih di pantainya, Anda juga akan melihat budidaya rumput laut yang menjadi daya tarik disana. Diving, snorkeling atau sekedar berjalan-jalan di hamparan pasir putih merupakan pengalaman yang sangat mengesankan. Tak heran jika Pulau Pari dijadikan sebagai pusat penelitian kelautan oleh LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia).

Pulau Harapan

Pulau Harapan juga menjadi tempat wisata kepulauan seribu yang paling populer bagi wisatawan. Apa yang Anda dapatkan disini benar-benar sesuai harapan. Pemandangan laut biru yang menyejukkan mata, duduk santai di dermaga sambil menikmati kecantikan panorama alamnya membawa kedamaian tersendiri bagi para pengunjung. Pulau Harapan juga terkenal dengan keindahan terumbu karangnya. Tak heran jika para penyelam betah berlama-lama di dalam air. Bahkan di pulau ini Anda juga dapat menyaksikan penangkaran salah satu jenis elang langka di Indonesia yaitu Elang Bondol.

Pulau Bidadari

Dijuluki pulau bidadari, karena pulau ini memang cantik seperti bidadari. Lokasinya tak terlalu jauh dari Jakarta yaitu sekitar 15 km saja. Menurut mitos masyarakat, pulau ini dulunya sering dijadikan tempat berlibur pangeran Jayakarta dan para penghuni kerajaan karena keindahannya. Itulah mengapa pulau ini kemudian disebut pulau bidadari. Pulau bidadari juga dikelilingi hutan mangrove yang menambah keelokan pesonanya. Tak heran jika pulau ini merupakan destinasi travel wisata Kepulauan Seribu yang marak dikunjungi wisatawan terutama yang datang berpasangan.

Nah, itulah 6 pulau destinasi travel wisata Kepulauan Seribu yang paling populer bagi wisatawan. Sudahkah Anda mengunjungi salah satu pulaunya?