6 Wisata Alam Untuk Ide Travel Wisata Gunung Kidul

by
Gunung Kidul

Gunung Kidul adalah salah satu tempat wisata yang populer diantara para wisatawan. Terbukti dari beberapa pemberitaan, jumlah wisatawan yang mengunjungi Gunung Kidul selalu meningkat dari tahun ke tahun. Terlebih pada hari-hari tertentu seperti libur sekolah atau long weekend. Nah, jika Anda berencana melakukan travel wisata Gunung Kidul, ada banyak obyek wisata menarik yang layak Anda kunjungi, terutama wisata alamnya yang terkenal keindahannya. Berikut ini 6 wisata alam untuk ide travel wisata Gunung Kidul yang bisa Anda pilih.

Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung yang terbentuk dari kapur ini terletak di desa Nglanggeran, Patuk sekitar 22 km dari kota Wonosari. Gunung Api Purba Nglanggeran menawarkan keindahan panorama alam yang bisa dinikmati dari ketinggian sekitar 700 mdpl. Gunung api ini telah aktif sekitar 70 juta tahun yang lalu, dimana kemudian dikembangkan oleh masyarakat setempat untuk menjadi salah satu obyek wisata yang menawarkan keunikan alam yang tersusun dari material vulkanik.

Untuk mencapai puncak gunung yang disebut puncak Gunung Gedhe tersebut, dibutuhkan sekitar 1,5 hingga 3 jam. Di puncak, Anda akan disuguhi pemandangan indah berupa kolam seluas 5.000 meter untuk mengairi perkebunan di sekitar embung. Selain itu, Anda juga bisa menyaksikan kecantikan matahari terbit dan terbenam dari puncaknya.

Gua Pindul dan Sungai Oyo

Gua Pindul menawarkan sensasi alam berupa wisata menyusuri gua. Dengan menaiki rakit yang terbuat dari ban-ban berukuran besar, Anda bisa menyaksikan keindahan stalagmite dan stalagtit yang menghiasi dinding gua. Setelah puas menyusurinya, Anda akan diajak untuk menyusuri Sungai Oyo, yaitu sungai sepanjang 1 km yang memiliki beberapa pertemuan arus di beberapa titiknya. Inilah yang menjadi tantangan tersendiri bagi para wisatawan. Namun, jangan khawatir, di lokasi tersebut ada pemandu wisata yang siap mendampingi Anda selama menyusuri sungai, termasuk menikmati keindahan sepasang air terjun disana yang disebut dengan Air Terjun Pengantin.

Gua Jomblang dan Kalisuci

Ide travel wisata Gunung Kidul selanjutnya adalah Gua Jomblang dan Kalisuci. Keindahan Gua Jomblang tak perlu diragukan lagi. Gua ini bahkan sempat menjadi salah satu rute dalam acara televisi Amazing Race Amerika pada tahun 2011 yang lalu. Gua yang berbentuk vertikal ini membuat para wisatawan harus menggunakan tali untuk mencapai dasar gua dengan kedalaman sekitar 60 meter.

Setibanya di dalam gua, wisatawan akan disuguhi pemandangan luar biasa tentang hutan purba yang tak kalah indahnya. Setelah puas menikmati keindahan gua, Anda akan diajak menyusuri Kalisuci menggunakan rakit dari ban besar seperti di Gua Pindul.

Pantai Indrayanti

Pantai yang disebut-sebut sebagai primadona Gunung Kidul ini nyaris tak pernah sepi pengunjung. Berbeda dengan pantai-pantai lainnya, pantai Indrayanti termasuk mudah dijangkau karena letaknya di tepi jalan. Bersantai di pantai Indrayanti tentu sangat menyenangkan, sambil menikmati deburan ombak dan hamparan pasirnya di sepanjang garis pantai. Anda pun dapat menyewa tikar dan payung yang berada di lokasi jika tidak ingin tersengat sinar matahari langsung.

Pantai Pok Tunggal

Meski belum sepopuler pantai Indrayanti, namun keindahan Pantai Pok Tunggal tidak bisa dilewatkan begitu saja dan wajib menjadi ide travel wisata Gunung Kidul selanjutnya. Masih menyuguhkan hamparan pasir seperti pantai-pantai yang lain, pantai ini memiliki akses menuju tebing setinggi 50 meter. Nah, dari atas tebing tersebut Anda dapat melihat pemandangan lautan luas yang luar biasa sehingga seringkali dijadikan obyek foto bagi wisatawan. Karena pantai ini terbilang masih sepi, maka lokasinya cocok dijadikan tempat bersantai bagi Anda yang ingin menghilangkan kejenuhan.

Pantai Timang

Ingin perjalanan wisata yang menantang? Coba berkunjung ke Pantai Timang. Di lokasi ini, Anda akan menikmati sebuah kereta gantung yang menjadi penghubung antara bukit Timang dengan pulau kecil yang dinamakan Watu Pajang. Meski sepintas mirip dengan flying fox, namun jangan pernah bayangkan sensasi yang dinikmati akan sama juga. Selain terpaan angin laut yang cukup kencang, Anda juga akan merasakan sensasi terjangan ganasnya ombak pantai selatan.

Itulah 6 wisata alam untuk ide travel wisata Gunung Kidul. Berminat untuk mencobanya?