Ini Kumpulan Objek Wisata Alam Eksotis yang Dekat dari Jakarta

by
wisata alam eksotis

Sejak dahulu Jakarta selalu dikenal sebagai kota yang padat dan penuh sesak. Hal tersebut memang wajar mengingat Jakarta merupakan ibu kota dari Indonesia. Wilayah Kota Jakarta cukup luas, kemudian penduduknya juga banyak. Banyak orang dari berbagai daerah di Indonesia mencari penghasilan di kota yang dulunya bernama Batavia ini. Akibat dari pembangunan infrastruktur yang meningkat pesat, ruang terbuka di kota ini pun sulit didapatkan. Namun ternyata masih ada beberapa objek wisata alam eksotis yang dekat dari Jakarta dan layak untuk dikunjungi. Apa sajakah itu?

Kepulauan Seribu

Pulau yang satu ini dapat dikatakan sebagai Hawaii-nya Kota Jakarta. Kepulauan Seribu merupakan kawasan pelestarian alam bahari di Indonesia yang berada di sebelah utara Jakarta. Kepulauan Seribu memiliki 110 pulau yang bisa dijadikan sebagai tempat rekreasi oleh wisatawan-wisatawan yang ingin mencari udara sejuk di ibu kota. Dua pulau yang cukup terkenal di tempat ini adalah Pulau Pari dan Pulau Tidung. Di tempat ini Anda bisa menikmati pemandangan eksotis untuk sekedar membuang kejenuhan dengan padatnya aktivitas sehari-hari. Untuk menuju tempat ini, Anda bisa menggunakan kapal dari Muara Angke.

Setu Babakan

Setu Babakan merupakan kawasan cagar wisata budaya yang ada di daerah Jakarta Selatan, tepatnya dekat dengan Depok. Kawasan ini menjadi tempat cagar buaya untuk Betawi. Sehingga isinya berupa bangunan, peninggalan, dan budaya Betawi. Tak hanya itu saja, Setu Babakan juga memiliki sebuah danau yang biasa digunakan sebagai tempat rekreasi. Di objek wisata yang satu ini Anda bisa berwisata sekaligus mempelajari Budaya Betawi.

Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk

Di sebelah utara Jakarta, Anda bisa menikmati udara segar di Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk. Kawasan seluas 99,82 hektar ini merupakan kawasan konservasi hutan mangrove yang dikelola oleh perusahaan swasta. Selain ada rimbunan hutan mangrove, Anda juga bisa melihat berbagai satwa yang juga tinggal di tempat ini. Selain berwisata, tempat ini juga bisa dijadikan sebagai sarana edukasi untuk mengetahui lebih jauh tentang mangrove. Untuk masuk ke dalam TWA, Anda diwajibkan untuk membayar Rp 25.000 per orang.

Taman Suropati

Taman ini dulunya bernama Burgemeester Bisschopplein, namun kini berubah menjadi Taman Suropati. Letaknya berada di daerah Menteng, tepatnya ada di pertemuan tiga jalan utama, yaitu Menteng Boulevard (Jl. Teuku Umar), Orange Boulevard (Jl. Diponegoro), dan Nassau Boulevard (Jl. Imam Bonjol). Di taman ini Anda bisa menikmati pepohonan yang rindang, sehingga teriknya Kota Jakarta pun akan tidak terasa.

Hutan Depok

Hutan Depok juga menjadi salah satu wisata alam di Jakarta yang sejuk dan nyaman. Hutan yang satu ini merupakan cagar alam yang sudah ditetapkan sejak era Hindia Belanda. Di dalam hutan seluas 6 hektar ini, Anda bisa menikmati berbagai keanekaragaman hayati yang dijadikan sebagai resapan air. Kemudian berbagai satwa liar seperti monyet, kijang, harimau jawa, dan lainnya.

Itu tadi beberapa tempat wisata alam di Jakarta yang bisa Anda kunjungi. Jakarta tidak selalu identik dengan debu, polusi, dan macet kan?