Di Curug 7 Cilember, Mandi Tengah Malam Konon Bikin Awet Muda

by

Objek wisata Curug 7 Cilember terletak di Desa Jogjogan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Selain didatangi pada pagi hingga sore hari, air terjun ini rupanya juga sering disambangi pada malam hari. Ini karena adanya mitos bahwa siapa pun yang mandi di sana akan awet muda.

“Yang jelas, untuk pemandian katanya sih bisa awet muda. Seperti itu. Yang jelas, suka ada yang mandi malam hari. Katanya bisa awet muda terus membawa berkah,” tutur pengelola wisata Curug 7 Cilember, Ade Ridwan Hanafi.

Meski begitu, Ade mengatakan bahwa hal itu kembali pada kepercayaan masing-masing pengunjung. “Kalau mengenai mistis mungkin ya, itu tergantung keyakinan masing-masing,” tambahnya. Jumlah pengunjung Curug 7 Cilember selalu membludak pada akhir pekan. Ade menyebutkan bahwa pada hari biasa, pengunjung bisa mencapai 500 orang. Namun saat akhir pekan pengunjung bisa mencapai 1.000 orang.

Harga tiket untuk pagi hingga sore hari adalah Rp 15.000. Sementara itu untuk malam hari (kemping) Rp 25.000 per orang. Jaraknya sekitar tiga kilometer dari Jalan Raya Puncak.