Alasan Mengapa Makassar Wajib Dikunjungi Para Traveller Sejati

by

Sejak dahulu Indonesia memang memiliki beragam keindahan alam yang sangat layak untuk dinikmati. Tidak perlu ke luar negeri, di tanah air tercinta ini sebenarnya masih banyak tempat indah yang harus dieksplor. Salah satu kota yang harus kamu kunjungi adalah Makassar. Kota yang sering dipanggil dengan sebutan “Ujung Pandang” ini memiliki beragam keunikan di dalamnya, mulai dari budaya, wisata alam, hingga kuliner. Bagi kamu yang mengaku traveller sejati, kota yang satu ini sangat wajib kamu kunjungi. Mengapa demikian? Berikut ini merupakan beberapa alasan mengapa Makassar adalah kota yang wajib dikunjungi para traveller sejati.

Makassar memiliki wisata pantai yang begitu mempesona

Makassar memiliki wisata alam berupa pantai yang begitu mempesona dan banyak menarik perhatian para wisatawan. Salah satu pantai yang paling terkenal di kota ini adalah Pantai Losari. Pantai ini begitu unik karena tidak memiliki hamparan pasir, namun di tepi pantainya malah terdapat banyak beton. Walaupun tidak seperti kebanyakan pantai lainnya, pesona pantai ini tetap tidak berkurang. Pengunjung memang tidak bisa bermain pasir, namun masih bisa melakukan kegiatan menyenangkan lainnya seperti naik sepeda air, memancing ikan di tepi pantai, hingga menaiki banana boat. Pemandangan yang disajikan di sepanjang pantai juga sangat indah dan layak untuk dinikmati.

Tidak hanya wisata alam saja, Makassar juga mempunyai wisata bersejarah yang patut untuk diketahui.

Foto: Bambang leksmono

Ujung Pandang mempunyai benteng bersejarah peninggalan Belanda, yaitu Benteng Fort Rotterdam. Lokasi benteng ini berada tidak jauh dari Pantai Losari. Sehingga kamu bisa mampir mengunjunginya setelah selesai menikmati keindahan Pantai Losari. Keunikan yang dimiliki oleh benteng ini terletak pada sisi atasnya yang mirip dengan bentuk seekor penyu yang akan menuju ke pinggir laut. Awalnya Benteng Fort Rotterdam bernama Benteng Ujung Pandang, kemudian diganti dengan nama Fort Rotterdam hingga saat ini untuk mengenang sejarah zaman Belanda dulu.

Wisata kuliner Makassar juga sangat menggugah selera

Foto by: Upphay

Tidak lengkap rasanya jika berwisata ke Makassar namun tidak mencicipi kulinernya. Makassar memiliki beragam kuliner yang dapat menggugah selera dan tentunya menggoyang lidah kamu. Beberapa makanan yang cukup terkenal adalah pisang epe dan coto Makassar. Kamu dapat menjumpai pisang epe pada beberapa tempat yang menjual jajanan khas Makassar. Bisanya hampir di setiap sudut kota menyediakan kuliner yang dibuat dari bahan dasar buah pisang ini. Namun salah satu spot favorit untuk menemukan pisang epe adalah di Pantai Losari. Pasti sangat nyaman kan mencicipi pisang epe sekaligus menikmati udara sejuk Pantai Losari? Sedangkan untuk coto Makassar, kamu bisa mencarinya di berbagai tempat yang ada di Kota Makassar. Makanan yang terbuat dari daging sapi sebagai bahan utama ini cukup mudah ditemukan di beberapa tempat di Makassar.

Kamu bisa menikmati wisata hiburan yang berkelas di Makassar

Foto by: Bambang Leksmono

Kamu harus ingat bahwa tidak hanya Kota Bandung saja yang memiliki wisata hiburan Trans Studio. Namun Makassar juga memilikinya! Malahan Trans Studio pertama kali dibangun di Kota Makassar, baru setelah itu Kota Bandung mendapatkan giliran. Di lahan seluas 2,7 hektar ini, ada sekitar 21 wahana dan 4 zona permainan yang bisa kamu nikmati. Mulai dari Studio Central, Magic Corner, Cartoon City, hingga Lost City.

Setelah mengetahui beberapa alasan mengapa Makassar wajib dikunjungi para traveller sejati, kamu masih ragu untuk mengunjugi kota yang satu ini? Segera persiapkan budget dan atur tanggal yang tepat untuk berlibur ya!