9 Tips Traveling Aman Sebelum Berangkat Liburan Sendirian

by -113 views

Tips traveling aman menjadi hal penting yang harus diperhatikan bagi Anda yang ingin berangkat liburan sendirian.

Bagi Anda yang belum pernah pergi traveling sendirian, tentunya ada rasa khawatir dan cemas mengenai keamanan dari perjalanan yang akan Anda lakukan tersebut.

Hal itu termasuk wajar, namun jangan sampai kecemasan itu mencegah Anda untuk pergi melihat dunia luar sendirian. Pasalnya, ada banyak pengalaman seru yang akan Anda dapatkan saat pergi traveling sendirian.

Berikut ini kami akan mengulas 9 tips traveling aman yang perlu diperhatikan saat Anda berlibur ke luar kota sendirian.

  1. Ada baiknya sebelum meninggalkan rumah Anda melakukan riset kecil-kecilan terlebih dahulu mengenai harga tiket, pilihan tempat menginap, jam operasional angkutan umum di kota tujuan, hingga sejumlah detail yang tidak boleh terlewatkan seperti bagaimana tips membela diri saat bertemu orang jahat di jalan, hingga mencegah terjadinya pencopetan.
  2. Susun rencana perjalanan dan persiapkan anggaran yang Anda butuhkan. Perkirakan waktu perjalanan dan uang lebih yang perlu disisihkan sebagai antisipasi saat menghadapi kondisi darurat.
  3. Saat melakukan traveling sendirian, mungkin tidak akan ada orang yang akan membantu Anda dalam mem-packing barang bawaan. Oleh karena itu, belajarlah sesering mungkin sebelum Anda hari liburan tiba.
  4. Anda dapat mencoba traveling gaya couchsurfing untuk memperluas jejaring, dengan menumpang di tempat rumah warga. Tetapi, bagi Anda yang tidak ingin menumpang di tempat orang, cobalah untuk mencari penginapan ala hostel dengan fasilitas ruang bersama yang nyaman.
  5. Anda akan pergi ke tempat asing, kota yang mungkin belum pernah Anda kunjungi sebelumnya. Oleh karena itu, sebelum sampai di kota tujuan ada baiknya buka peta kecil di dalam saku untuk mencari jalan paling mudah menuju penginapan. Jadi, Anda tidak terlalu tampak kebingungan saat berada di tempat asing.
  6. Tempatkan uang tunai dan kartu ATM di tempat yang berbeda. Siapkan pula softcopy dan hardcopy dari dokumen penting yang Anda miliki untuk berjaga-jaga jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan.
  7. Simpan nomor-nomor telepon penting dari kota yang Anda kunjungi. Catat pula nomor telepon penting, orang-orang terdekat sebagai kontak darurat pada buku saku yang Anda miliki.
  8. Menjadi narsis di sosmed saat ber-traveling sendirian justru sangat disarankan. Tujuannya bukan untuk pamer, tapi sebagai petunjuk bagi keluarga seandainya terjadi sesuatu kondisi darurat pada diri Anda.
  9. Nantinya Anda akan bertemu banyak orang baik selama perjalanan. Akan tetapi, dalam kondisi traveling sendirian, diri Anda sendirilah satu-satunya orang yang harus bisa diandalkan.

Ada banyak pengalaman menarik yang bisa Anda dapatkan selama perjalanan.

Dengan mengikuti tips traveling di atas, semoga liburan Anda dapat berjalan lancar dan menyenangkan.