7 Tips Traveling Murah Tapi Tetap Mengesankan

by -143 views

Tips traveling murah memungkinkan setiap orang dapat berlibur meski dengan anggaran yang minim. Bagi Anda yang sedang merencanakan momen liburan dan masih ragu dalam hal anggaran, ada baiknya mengikuti 7 cara traveling murah yang akan kami bagikan berikut ini!

Bekerja terus tanpa diimbangi dengan liburan yang memadai tentu akan membuat Anda merasa jenuh dengan pekerjaan dan ingin melakukan traveling.

Rutinitas pekerjaan di kalangan masyarakat urban menjadikan traveling layaknya sebuah kebutuhan.

Akan tetapi soal biaya perjalanan maupun akomodasi kerap kali menjadi penghambat dari kegiatan traveling yang sangat kita idam-idamkan.

Dengan 7 tips traveling hemat dari kami berikut ini Anda akan percaya bahwa traveling bukan lagi suatu kegiatan yang hanya bisa dinikmati oleh mereka yang memiliki banyak uang.

1. Rencanakan Lokasi Liburan

Sebelum melakukan traveling, ada baiknya Anda merencanakan lokasi mana yang hendak dituju. Lakukanlah beberapa riset kecil dari sumber internet, buku-buku wisata, ataupun brosur dari agen travel mengenai lokasi yang akan dituju. Pastikan bahwa lokasi tersebut sesuai dengan ekspektasi.

2. Persiapkan Akomodasi Sejak Jauh-jauh Hari

Persiapkan berbagai keperluan akomodasi sejak jauh hari, seperti tiket pesawat atau transportasi, tempat menginap, bahkan tiket tempat wisata bila memang tersedia.

Dengan mempersiapkan akomodasi sejak jauh hari, biasanya wisatawan akan mendapatkan harga spesial yang lebih murah dibandingkan bila memesannya saat musim liburan tiba.

3. Usahakan Pergi Sebelum atau Sesudah Musim Liburan

Banyak tempat wisata dan agen perjalanan yang menerapkan harga lebih mahal ketika high season atau musim liburan tiba.

Oleh karena itu, berwisata sebelum atau sesudah masa liburan menjadi salah satu tips traveling hemat yang penting untuk dilakukan.

4. Prioritaskan Kenyamanan, Bukan Kemewahan

Jika Anda menginginkan traveling dengan biaya yang lebih hemat, seharusnya kenyamanan menjadi hal yang diutamakan.

Karena sesuatu yang mewah belum tentu nyaman, Anda bisa mendapatkan kenyamanan meski dengan biaya yang lebih murah.

5. Bawa Uang Tunai Seperlunya

Saat berlibur, Anda tetap harus menyiapkan uang tunai. Jangan mengandalkan kartu debit atau kartu kredit, meskipun tetap perlu untuk dibawa.

Dengan membawa uang tunai, Anda jadi dapat mengontrol pengeluaran, dan menghitung langsung berapa uang yang terpakai dan yang tersisa.

Dengan demikian Anda dapat berpikir lebih dalam sebelum mengeluarkan uang tersebut untuk hal-hal yang tidak terlalu dibutuhkan.

6. Catat Pengeluaran Anda Selama Traveling

Sekecil apapun itu, jangan lupa untuk mencatat setiap uang yang dikeluarkan selama traveling. Dengan begitu Anda akan dapat mengatur dan mengetahui ke mana saja uang tersebut mengalir.

7. Belanja Oleh-oleh di Pasar Tradisional

Berwisata memang tidak terasa lengkap tanpa berbelanja oleh-oleh. Namun jangan jadikan belanja sebagai prioritas.

Bila Anda ingin berbelanja oleh-oleh, ada baiknya pergi ke pasar tradisional dimana akan ada banyak pengalaman seru yang bisa Anda dapatkan.

Itulah sejumlah tips yang akan buat liburan Anda lebih hemat namun tetap menyenangkan.

Semua tergantung pada Anda, karena Anda-lah yang memegang kendali penuh atas keuangan dan untuk keperluan apa saja uang tersebut akan digunakan.

Bagaimana dengan tips traveling murah di atas? semoga membantu Anda dalam mempersiapkan liburan yang nyaman dan penuh kesan.