5 Lokasi Wisata di Garut yang Tidak Boleh Dilewatkan Saat Liburan

by

Lokasi wisata di Garut terbilang cukup lengkap. Ada beragam jenis tempat wisata yang bisa Anda jumpai di daerah ini, mulai dari wisata alam, wisata keluarga, wisata edukasi dan kesenian, hingga wisata kuliner.

Nah, bila Anda sedang membutuhkan referensi tempat wisata di Garut yang pas untuk Anda menghabiskan waktu liburan? Berikut kami sajikan 5 daftarnya untuk Anda.

1. Taman Wisata Alam Gunung Papandayan

Gunung Papandayan disebut-sebut sebagai tempat yang sangat bersahabat bagi para pendaki pemula.

Ada banyak spot yang bisa Anda eksplor saat berwisata ke tempat ini, seperti camping ground Pondok Saladah, Kawah Papandayan, Hutan Mati, Tegal Alun, Tegal Panjang, dan masih banyak lagi.

Dengan ketinggian sekitar 2665 mdpl, Gunung Papandayan memiliki jalur pendakian yang landai sehingga banyak dimanfaatkan oleh para pendaki pemula yang ingin menjajaki sensasi mendaki gunung.

Lokasi Taman Wisata Alam Gunung Papandayan terletak di Cisurupan, Garut, aksesnya tidak sulit dijangkau dan Anda dapat menuju ke tempat wisata di Garut menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

2. Pantai Santolo

Obyek wisata di Garut yang menarik berikutnya berupa wisata pantai bernama Pantai Santolo. Pantai dengan panorama alam yang mempesona ini terletak di Pameungpeuk, Kec. Cikelet, Kab. Garut.

Akses ke lokasi juga sangat mudah karena jalur yang akan dilalui cukup bagus dan lebar. Ada banyak kegiatan wisata yang bisa Anda lakukan di Pantai Santolo, mulai dari berenang di tepi pantai, menyeberang ke Pulau Santolo, bermain banana boat, hingga bersantai di pinggir pantai sambil menikmati hidangan ikan bakar.

3. Gunung Guntur

Tempat wisata yang satu ini disebut-sebut sebagai ‘Semeru-nya Kota Garut’. Gunung Guntur memiliki ketinggian 2249 mdpl. Meski tidak lebih tinggi dari Gunung Papandayan, namun jalur pendakian ke puncaknya cukup sulit, karena harus melewati tanjakan terjal dengan material pasir.

Suasana di gunung ini memang panas dan gersang, sehingga jarang ada pendaki yang treking saat siang hari. Gunung yang berlokasi di Tarogong ini merupakan obyek wisata yang tak boleh dilewatkan saat Anda berlibur ke daerah Garut.

4. Pantai Sayang Heulang

Pantai Sayang Heulang berada tidak jauh dari Pantai Santolo. Bentang pantai ini cukup panjang dan luas, banyaknya tumbuhan khas pantai, dengan dedaunannya yang rindang membuat udara di sekitar Pantai Sayang Heulang cukup teduh dan nyaman.

Pantai Sayang Heulang memiliki ombak yang cukup besar sehingga berbahaya untuk aktivitas berenang. Panorama alam saat senja di pantai ini terkenal indah dan tiada duanya.

5. Gunung Cikuray

Gunung tertinggi di Garut satu ini cukup terkenal di kalangan para pendaki dan pecinta alam. Ketinggian Gunung Cikuray mencapai 2818 mdpl, dari puncaknya akan terlihat beberapa pemandangan yang menarik, seperti Gunung Papandayan, Kawah Kamojang, garis pantai selatan, Kota Garut, Gunung Slamet, dan juga Gunung Ciremai.

Nah, itulah 5 tempat wisata di Garut yang tak boleh dilewatkan saat Anda berlibur ke kota ini. Bagaimana, apakah Anda sudah siap untuk jalan-jalan ke beberapa lokasi wisata di Garut tersebut?