Makanan Khas Bulan Ramadan dari Berbagai Penjuru Dunia

by

Bisa dikatakan, bulan Ramadan adalah salah satu bulan yang paling dirindukan oleh umat Muslim di seluruh penjuru dunia. Bukan tanpa alasan bulan Ramadan menjadi bulan yang paling dirindukan, hal ini tidak terlepas karena suasana bulan Ramadan yang berbeda dari bulan-bulan yang lain. Mulai dari suasana subuh ketika sahur, suasana ngabuburit, serta suasana tarawih yang tak bisa kita temukan di bulan-bulan lain. Begitu juga dengan makanan-makanan yang menjadi ciri khas bulan Ramadan. Ternyata tak hanya di Indonesia saja yang memiliki makanan khas di bulan Ramadan. Nah, berikut 7 makanan khas di bulan Ramadan dari beberapa negara di seluruh dunia.

Bubur Lambuk, Malaysia

Terlihat seperti bubur ayam yang biasa kita jumpai di Indonesia. Hidangan khas Malaysia ini merupakan campuran bubur beras dan daging sapi serta rempah-rempah seperti kulit kayu manis, cengkeh, dan lain-lain. Makanan hangat ini makin nikmat jika ditaburi udang kering dan dinikmati saat sahur ataupun berbuka puasa.

Falooda, Pakistan

Falooda merupakan minuman manis khas Pakistan yang biasa disantap saat berbuka puasa. Rasanya pun tak jauh berbeda seperti smoothies dan milkshake. Berbahan dasar sirup mawar yang dicampur yoghurt, falooda menjadi minuman manis pelepas dahaga. Tak hanya di Pakistan, falooda juga banyak ditemukan di India, Persia, serta negara-negara Asia Selatan lainnya.

Bolani, Afghanistan

Terlihat seperti martabak telur, bolani merupakan makanan khas Afghanistan yang berupa roti tipis berisi sayuran. Cara memasaknya apapun ada dua pilihan, yaitu dibakar dan digoreng. Santan renyah dan gurih ini bisa disantap saat berbuka maupun sahur.

Haleem, India

Heleem menjadi salah satu hidangan nikmat khas India di bulan Ramadan. Jika dilihat dari fisiknya, haleem tak jauh berbeda dengan bubur ayam yang banyak ditemui di Indonesia. Namun bedanya, bubur khas India ini bukan terbuat dari beras, melainkan dari gandum yang diolah selama 12 jam lamanya bersama bumbu rempah-rempah. Selain gandum, bahan utama yang digunakan adalah daging kambing atau daging sapi.

Malfouf, Palestina

Walaupun terlihat sederhana, malfouf merupakan makanan sehat yang menjadi hidangan favorit umat Muslim di Palestina. Malfouf merupakan kol gulung yang berisi daging cincang, bawang putih, dan minyak zaitun. Tentunya makanan ini sangat nikmat jika disantap saat berbuka puasa.

Luqaimat, Arab Saudi

Camilan manis yang satu ini merupakan jajanan khas Arab Saudi saat bulan Ramadan. Luqaimat merupakan kue goreng berbentuk bulat yang ditaburi sirup kurma di atasnya. Dijamin tak kalah nikmat dari donat maupun kue bantal khas Indonesia.

Kolak, Indonesia

Makanan khas Indonesia yang mudah ditemukan saat bulan Ramadan ini memang menjadi salah satu santapan manis favorit di kala berbuka puasa. Tak heran jika menjelang berbuka puasa, para penjual kolak sangat mudah untuk kita temui di pinggir-pinggir jalan. Hidangan yang diolah dari kuah santan serta gula merah ini biasanya dicampur potongan pisang, labu, dan ubi. Hmm jadi tak sabar menikmati kolak saat berbuka nanti.

Itulah 7 makanan khas bulan Ramadan di beberapa negara di seluruh dunia. Makanan-makanan di atas mungkin akan terasa lebih nikmat jika disajikan di bulan Ramadan, karena momennya akan berbeda jika disantap di bulan-bulan lain. Di setiap daerah pun tentunya memiliki menu yang berbeda di saat bulan puasa. Nah, menu makanan apa yang menjadi ciri khas bulan Ramadan di tempatmu?