Travel Abroad Murah ke 4 Destinasi yang Bisa Dikunjungi

by

Bagi mahasiswa, liburan itu serasa surga. Lepas sebentar dari tugas dan berbagai tuntutan organisasi rasanya sulit dilakukan pada masa kuliah, itulah mengapa tidak sedikit mahasiswa yang akhirnya memilih untuk liburan jauh supaya tidak penat. Meskipun sebagai seorang mahasiswa perantau – yang kata orang kuliahnya saja sudah termasuk liburan, pergi ke tempat baru selalu menjadi hal yang menyenangkan.

Sayangnya, tidak semua mahasiswa bisa menikmati liburan dengan pergi ke tempat baru yang jaraknya cukup jauh. Biaya menjadi penghalang – persoalan klasik mahasiswa. Tapi, kalau kamu termasuk mahasiswa yang cukup beruntung dalam hal finansial dan berencana untuk melakukan perjalanan liburan ke luar negeri dengan biaya yang relatif rendah, ada solusi untukmu, yaitu dengan pintar dalam memilih negara detinasi liburanmu. Loh, pergi ke luar negeri itu biayanya besar sekali?! Kalau kamu cukup jeli dalam memanfaatkan berbagai promo – mulai dari tiket pesawat hingga promo hotel, dan kamu cukup beruntung jika mendapatkan semuanya untuk negara tujuan wisatamu, pengeluaranmu tidak akan membengkak.

Kali ini, kami akan membagikan beberapa alternatif negara tujuan wisata yang bisa menghemat pengeluaran liburanmu tanpa mengurangi esensi liburan asik dan tidak terlupakan. Mana saja destinasi itu? Yuk kita simak ulasannya satu-satu!

Thailand

Ini dia negara yang sudah terkenal akan wisata murahnya. Letaknya yang tidak terlalu jauh dari Indonesia membuat Thailand menjadi negara tujuan wisata yang banyak digemari oleh para pelancong dan wisatawan irit dari Indonesia, termasuk para mahasiswa. Dari tiket pesawat pun kamu akan mudah mendapatkan berbagai promo yang ditawarkan oleh berbagai maskapai penerbangan. Sesampainya di Thailand, kamu akan segera dimanjakan dengan segala sesuatu yang murah. Sudah murah, masih bisa ditawar pula. Surga buat mahasiswa backpacker-an. Kenapa bisa dibilang murah? Perlu kamu ketahui kalau biaya hidup di Thailand bahkan 30% lebih murah dibandingkan biaya hidup di Jakarta. Inilah yang menjadi salah satu faktor dan alasan mengapa Thailand layak kamu jadikan negara destinasi wisata untuk liburanmu selanjutnya.

Ke mana saja kalau sudah sampai di Thailand? Beberapa tempat yang wajib kamu kunjungi antara lain Ton Gold Buddha, Bangkok, Kuil Emerald Buddha, Wat Pra Keaw, Bangkok; Kuil Buddha Berbaring, Wat Pho Bangkok; Khaosan Road Bangkok; Siam Ancient CIty; dan Pratunam Market.

Nepal

Negara lain yang wajib menjadi destinasi wisatamu kalau kamu berniat travel abroad adalah Nepal. Negara dengan luas kawasan yang hanya sebesar 0.1% dari bumi ini memiliki kekayaan aneka ragam hayati. Dijamin, pecinta alam seperti kamu tidak akan rugi untuk melancong sampai ke sini. Letaknya ada di daerah pegunungan Himalaya dan kamu harus tahu kalau Nepal ternyata mengalami lima musim dalam setahun.

Tertarik untuk berkunjung ke Nepal? Kamu harus menjadikan beberapa spot berikut sebagai destinasi selama kamu berwisata ke sana. Di antaranya:

Tilicho Lake, danau yang wajib kamu kunjungi kalau kamu bahkan sempat mendaki Gunung Everest. Bukan hanya bisa menikmati pemandangannya, kamu bahkan bisa melakukan aktivitas scuba diving di sini.

Boudhanath, stupa paling besar di Nepal dan Asia serta merupakan salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1979. Pashupatinath, kuil dengan pagoda dua atap yang menawan jika dipandang dari atap. Selama menyusuri kawasan ini kamu akan dimanjakan dengan suguhan hiasan artistik pada setiap pintu kuil seperti Ashtha Bhairava dan Apsaras.

Swayambhunath, bangunan dengan arsitektur kuno yang hanya bisa kamu nikmati keindahannya setelah melewati 365 anak tangga curam – atau dengan taksi menuju sebelah barat kuil jika kamu sungguh-sungguh tidak kuat.

Turki

Pecinta Elif pasti tidak asing dengan negara satu ini. Turki adalah alternatif wisata murah yang patut kamu kunjungi. Letaknya yang diapit Benua Asia dan Eropa ini menghasilkan penduduk negara dengan budaya yang bermacam-macam. Yang lebih menyenangkan dan pasti menjadi fokus utama para pelancong yang masih berstatus mahasiswa adalah biaya liburan yang relatif murah dibandingkan dengan wisata ke negara yang terletak di wilayah Eropa Barat, bahkan relatif lebih murah dibandingkan untuk melancong ke Singapura.

Ke mana saja kalau sudah berhasil menginjakkan kaki di Turki? Well, ada beberapa tempat yang wajib masuk dalam daftar tujuan wisata di Turki, antara lain Pamukkale, Instabul, Hagia Sophia, Selcuk, Konya, dan Cappadocia. Sepertinya, Hagia Sophia memang yang menjadi tujuan wisata favorit di Turki. Tempat ini dulunya merupakan gereja orthodox namun berubah menjadi masjid setelah Istanbul jatuh pada pemerintahan Kaisar Ottoman. Tak lama setelah itu, Istanbul membangun Blue Mosque yang terletak tak jauh dari Hagia Sophia. Kini, Hagia Sophia difungsikan sebagai museum yang menyimpan sejarah Turki.

India

Alternatif terakhir yang disarankan untuk wisata murah adalah India. India memang dikenal sebagai salah satu negara wisata yang relatif murah. Baik dari segi akomodasi, makanan, hingga tiket pesawat termasuk dalam ukuran murah untuk travel abroad. Kalau kamu sudah sampai di sini, kamu sangat disarankan mengunjungi tempat wisata murah dan menjadi alternatif banyak pelancong, antara lain Taj Mahal, Benteng Mehrangarh, Jaisalmer, Kepulauan Andaman dan Nicobar, Ladakh, dan Shimia. Kalau kamu termasuk pecinta alam, kamu akan sangat senang untuk mengunjungi Kepulauan Andaman dan Nicobar karena di sini terdapat campurna tumbuhan yang asalnya dari Malaysia, India, dan juga Myanmar. Alternatif lainnya yaitu Ladakh yang merupakan Little Tibet versi India dengan pemandangan padang pasir luas berhimpir gunung batu.

Itu dia beberapa negara alternatif yang bisa menjadi destinasi wisatamu. Tidak perlu merogoh kocek yang terlalu dalam, paspormu sudah terisi dengan tujuan wisata. Hehehe. Jangan lupa untuk mengabadikan setiap momen seru dan tangkap pemandangan terbaik yang bisa kamu dapatkan, siapa tahu ada kompetisi foto yang membutuhkan hasil karyamu selama liburan.