Tips Menjadi Seorang Solo Traveler yang Perlu Dilakukan

by

Saat ini sebagian besar orang mungkin lebih menyukai pergi traveling bersama-sama, baik bersama keluarga, teman, atau pasangan.

Selain bisa membuat kita merasa lebih aman, traveling bersama orang lain juga membuat kita tidak kesepian. Namun sebenarnya solo traveling itu tidak seburuk yang dibayangkan, lho.

Ada beragam manfaat yang bisa kita dapatkan dari hal ini. Tidak ada salahnya kamu mencoba hal ini sesekali. Sebelum memulai, yuk pahami tips menjadi solo traveler berikut ini!

Melakukan riset secara matang

Sebelum kamu melakukan traveling, sebaiknya lakukan riset secara matang dari jauh-jauh hari. Coba cari tahu dulu bagaimana kondisi lokasi tujuan.

Bagaimana budayanya, apa makanan khasnya, apa saja objek wisata yang menarik, oleh-oleh khas, jam operasional untuk transportasi umum, dan masih banyak lainnya. Kamu bisa mencari informasi-informasi ini dari internet, blog, vlog, forum backpacker, media sosial, atau orang yang sudah pernah ke sana.

Merencanakan liburan

Ingat, kamu akan pergi sendirian. Sehingga kamu perlu membuat perencanaan semuanya sendiri. Mulai dari rencana perjalanan, anggaran yang dibutuhkan, hingga apa saja yang akan kamu lakukan selama di sana.

Tidak perlu berjalan sesuai rencana dengan sempurna, namun setidaknya kamu memiliki panduan. Terlebih kamu seorang solo traveler di tempat tersebut.

Mempersiapkan perlengkapan sebaik mungkin

Sebelum berangkat, kamu perlu menata barang-barangmu dengan lebih aman. Simpan seluruh uang dan kartu ATM di tempat yang aman. Bawa uang sebagian saja di dompet atau kantong celana.

Jangan lupa untuk memfoto dokumen-dokumen penting seperti KTP, paspor, visa, dan lain-lain. Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Mencatat seluruh nomor penting

Sebelum kamu berangkat, sebaiknya catat seluruh nomor penting yang ada di lokasi tersebut. Misalnya saja nomor penginapan, polisi, saudara terdekat yang bisa dihubungi sewaktu-waktu, rumah sakit, dan lain-lain.

Kamu bisa mencatatnya di smartphone, notes, dan kertas. Jangan hanya mencatat di smartphone saja, ya. Hal ini perlu dilakukan untuk berjaga-jaga.

Beberapa hal di atas lah yang perlu kamu persiapkan jika ingin menjadi seorang solo traveler. Bagaimana, sudah siap untuk traveling seorang diri?