Tips Hemat Jalan-jalan ke Jogja ala Backpacker

by -110 views

Pesona kota Gudeg memang mampu membuat siapapun tergoda untuk mengunjunginya. Menariknya lagi, Anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk bisa jalan-jalan ke Jogja ala backpacker. Ingin tahu panduan liburan ke Jogja ala backpacker? Simak ulasan dari kami berikut ini!

1. Pilih Transportasi yang Hemat Tapi Tetap Nyaman

Saat jalan-jalan ke luar kota, transportasi menjadi salah satu alokasi dana yang cukup menguras kantong.

Oleh karena itu, pilihlah transportasi yang hemat selama perjalanan pergi maupun pulang dari Jogja. Kereta api ekonomi bisa menjadi pilihan tepat bagi wisatawan yang datang dari sekitar pulau Jawa.

Sementara itu, memilih transportasi yang tepat juga perlu dilakukan ketika Anda berkeliling selama liburan di Jogja. Ada dua moda transportasi yang bisa Anda pilih, menggunakan Trans Jogja atau memanfaatkan jasa sewa motor.

Berjalan kaki selama juga dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin berlibur dengan sensasi yang berbeda.

2. Bermalam di Penginapan Murah Kawasan Malioboro

Untuk dapat tidur nyenyak di Jogja, Anda tidak perlu mengeluarkan uang berlebih. Ada banyak tempat penginapan murah yang bisa Anda singgahi. Salah satunya berada di Jl Sosrowijayan, kawasan Malioboro.

Semua jenis penginapan tersedia di daerah ini, mulai dari hotel, guesthouse, hingga homestay. Umumnya harga yang ditawarkan di sekitar Malioboro relatif murah antara Rp 100.000 sampai Rp 200.000.

3. Mengunjungi Tempat-tempat Wisata Murah

Bagi Anda yang ingin lebih hemat saat jalan-jalan ke Jogja ala backpacker, disarankan untuk mengunjungi tempat wisata murah. Ada banyak tempat wisata yang bisa menjadi rujukan, seperti Wisata Kalibiru, Taman Sari, atau kawasan pantai yang ada di Gunungkidul.

4. Berburu Kuliner dengan Harga Terjangkau

Hal yang menarik tentang Jogja tidak hanya tempat-tempat wisatanya saja, tapi juga aneka kulinernya yang lezat tapi tetap pas di kantong. Mulai dari hidangan khas tradisional sampai masakan modern, bisa Anda jumpai di Jogja.

Beberapa tempat makan sebagai rujukan bagi Anda yang ingin berburu kuliner murah di antaranya Mie Ayam Bu Tumini, Soto Bathok Mbah Katro, dan Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan.

Demikian sejumlah tips hemat untuk Anda yang ingin jalan-jalan ke Jogja ala backpacker. Semoga liburan Anda makin menyenangkan, guys!