Pesona Pantai Apparalang dengan Tebing Karang yang Eksotis

by

Apabila berbicara mengenai destinasi wisata pantai di sulawesi selatan, pasti kalian akan tertuju pada  Pantai Tanjung Bira yang memang terkenal dengan keindahan alamnya. Namun ternyata di Sulawesi selatan juga terdapat destinasi wisata pantai yang tak kalah indahnya dengan Tanjung Bira, yaitu  Pantai Appalarang. Pantai ini mempunyai berbedaan dengan pantai-pantai lainnya karena berada di atas tebing karang yang menjulang tinggi. Terlihat dari atas tebing, pantai ini menawarkan keidahan yang eksotis dan memancarkan pesonanya dengan warna air lautnya yang biru kehijauan yang sangat menawan. Pantai ini memang belum se-terkenal Pantai Tanjung Bira karena tergolong pantai yang masih baru yang dirintis oleh warga setempat pada tahun 2011 lalu dan baru dipopulerkan ke masyarakat luas November tahun 2014 lalu setelah berhasil membuka akses jalan dari Ibukota Desa Ara ke Pantai ini. walaupun terbilang cukup baru, namun pantai ini memiliki keindahan alamnya yang sangat menawan tak kalah dengan pantai-pantai lain disekitarnya.

Lokasi Pantai Apparalang ini terletak di Desa Ara, Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Walaupun pantai ini terbilang masih baru namun fasilitas yang diberikan pantai ini cukup memadai. Terdapat area parkir yang memadai, toilet juga sudah di fasilitasi. Selain itu pengelola Appalarang sebenarnya memiliki fasilitas snorkeling, namun karena ombak yang nampak ganas, tak ada satupun pengunjung yang berani turun untuk melakukan kegiatan snorkeling.

Selain memiliki daya tarik seperti  tebing karangnya yang eksotis dan air lautnya yang biru kehijauan, ternyata pantai ini juga  masih jarang dikunjungi oleh wisatwan. mungkin karena minimnya informasi yang ada mengenai keberadaan pantai ini. Karena saat ini pengunjungnya belum begitu ramai, pengujung  bisa berenang untuk meikmati keindahan alam di pantai ini tanpa perlu berdesakan dengan pengunjung lainnya. Kadang pengunjung juga bisa melihat anak-anak di sekitar pantai yang berenang dengan bebasnya. ada juga dari mereka yang memliki nyali besar untuk terjun dari atas tebing karang seperti gambar di bawah ini.

Sebelum Pantai Appalarang ini di buka untuk umum, dulunya di lokasi ini masih rimbunan hutan dan sangat sepi dan belum banyak orang yang mengetahui pantai ini. Setelah itu ada seseorang yang menemukan pantai ini, beliau bernama Bapak Amirudin. Beliau melihat potensi di wilayah ini dapat di kembangkan dan bisa menjadi sebuah destinasi wisata yang cukup berkembang. kemudian Pak Amirudin bergotong royong dengan warga sekitar untuk memutuskan membuka akses jalan untuk menuju ke tempat pantai ini dan membangun fasilitas lainnya, seperti area parkir dan toilet umum.

Kawasan pantai ini berjarak sekitar 200 KM dari Kota Makassar. Akses untuk menuju ke pantai ini cukup mudah, kalian bisa  menggunakan kendaraan bermotor dengan menempuh perjalanan darat kurang lebih selama 20 menit dari arah Pantai Tanjung Bira dan sekitar 60 menit dari pusat ibukota Kabupaten Bulukumba. selain itu Pantai Apparalang juga dapat diakses dengan angkutan umum antar daerah, angkutan ini bisa kita gunakan dengan membayar dengan tarif antara Rp 45.000 sampai 55.000 per/1orang penumpang. Tapi disarankan untuk menggunakan transportasi pribadi, karena  transportasi umum hanya sampai ke Desa Ara dan dilanjutkan dengan berjalan kaki yang jauh.

walaupun terbilang masih cukup baru, pantai yang memiliki keindahan dan pesonanya ini disebut-sebut bakal menjadi pesaing kuat tanjung Bira di Bulukumba saat ini. Karena memang pantai ini memiliki jarak yang tidak jauh dari tanjung Bira Bulukumba, jaraknya hanya sekitar 40 kilometer kearah timur dari kota tersebut. Keindahan alam yang tak kalah cantiknya dengan Pantai Bira Bulukumba ini sebagai salah satu faktor yang menjadi pesaing tanjung Bira, namun masing – masing pantai di Sulawesi ini memiliki keunikan dan kelibihannya untuk memikat para wisatawan. pantai ini memiliki nuanasa yang berbeda dan tidak kalah menariknya dengan tempat lainnya. Hal yang menjadi eksotis yaitu dengan adanya pemandangan tebing karang yang memanjang sepanjang pantai dari utara ke selatan di desa tersebut.  Nah, kalian tinggal pilih aja pantai mana yang mau dikunjungi sebagai destinasi wisata pantai di Sulawesi Selatan.