Pantai Tiga Warna: Pantai Tersembunyi yang Bebas Sampah

by
Pantai Tiga Warna

Tidak hanya Pulau Bali dan Pulau Lombok saja yang memiliki beragam pantai cantik dan menawan. Kota Malang juga mempunyai pantai yang bisa memanjakan mata. Salah satu pantai eksotis yang menarik untuk dikunjungi adalah Pantai Tiga Warna. Pantai ini berada di Malang bagian Selatan, tepatnya di Desa Sendang Biru, Kecamatan Sitiarjo. Di kawasan ini, Anda akan menemukan tiga pantai sekaligus, yaitu Pantai Clungup, Pantai Gatra, dan Pantai Tiga Warna.

Untuk menuju ke lokasi ini, Anda perlu melewati perkampungan. Setelah itu, pengunjung akan disuguhi dengan trek sekitar 2 km hingga pos tiket masuk. Di trek ini, Anda harus melewatinya dengan bantuan ojek dan berjalan kaki. Ojek hanya mampu mengantar Anda separuh perjalanan saja, sisanya pengunjung harus berjalan kaki. Biaya yang harus dibayarkan untuk ojek sekitar Rp 5.000 per orang.

Setelah sampai di pos, Anda harus melapor apakah Anda sudah melakukan reservasi atau belum. Karena objek wisata ini merupakan kawasan konservasi, maka pengunjung wajib untuk melakukan reservasi terlebih dahulu karena jumlah pengunjungnya dibatasi hanya 100 orang per harinya. Pengunjung dikenakan biaya retribusi Rp 5.000 per orang. Kemudian ditambah dengan biaya pemandu sekitar Rp 100.000. Pengunjung diwajibkan untuk diantar oleh pemandu saat berjalan kaki menuju pantai. Uniknya lagi, sebelum dan sesudah menuju pantai ini pengunjung diharuskan untuk mendata barang apa saja yang dibawa masuk ke lokasi pantai. Beberapa barang yang wajin untuk didata antara lain rokok, tissue, botol plastik, shampoo sachet, dan lainnya. Saat menuju pintu ke luar, data tersebut akan ditanyakan kembali apakah ada yang berkurang atau tertinggal di pantai. Apabila ada, pengunjung akan dikenakan sanksi denda sebesar Rp 100.000 atau mengambil kembali barang tersebut di pantai. Peraturan ini dibuat demi menjaga kelestarian pantai.

Setelah pengunjung diperbolehkan masuk bersama pemandu, perjalanan dengan jalan kaki dilanjutkan sekitar 2 km. Jalan yang dilalui cukup sempit, turun naik, dan cukup licin saat musim hujan. Anda bisa menikmati panorama yang indah dan mempesona di sepanjang perjalanan menyusuri trek.

Pengunjung akan melihat pemandangan bukit-bukit yang indah serta jajaran pohon bakau ketika sampai di Pantai Clungup. Di pantai ini, Anda bisa menikmati pemandangan yang asri dan masih alami serta deburan ombak yang cukup tenang. Kemudian di sisi kanan ada pemandangan hutan mangrove. Setelah pantai ini, pengunjung harus melalui trek sekitar 3 km ke arah kiri untuk menuju Pantai Gatra. Anda bisa menikmati gugusan pulau karang hijau yang terletak tidak jauh dari bibir pantai serta pasir putih yang berkilauan. Deburan ombak yang cukup besar akan menambah kesejukan mata Anda. Pengunjung juga bisa menikmati bukit-bukit yang ada di sebelah kiri Pantai Gatra.

Setelah Pantai Gatra, Anda akan menjumpai Pantai Tiga Warna. Pantai ini memiliki gradasi warna air laut yang cukup unik, yaitu biru, hijau, dan putih. Itulah alasan mengapa pantai ini diberi nama Tiga Warna. Pengunjung bisa bersantai di pesisir pantai sambil menikmati deburan ombak yang ada di pantai ini. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa snorkeling dengan aman di tempat ini. Walaupun ombaknya cukup keras, namun snorkeling di tempat ini tetap aman. Selain itu, Anda juga bisa kemping di Pantai Tiga Warna, Pantai Gatra, atau Pantai Clungup sambil menyatu dengan alam. Jangan lupa untuk menyiapkan kamera untuk ber-selfie atau mengabadikan keindahan alam yang ada di tempat ini, ya!