Panduan Mendapatkan Tiket Pesawat Murah yang Bisa Dilakukan

by
tiket pesawat murah

Harus diakui bahwa hampir semua orang tentu memiliki impian untuk keliling dunia. Kalian mungkin juga memiliki impian serupa. Terlebih lagi saat ini muncul beragam media sosial yang sering dijadikan sebagai ajang pamer foto liburan untuk hiburan semata. Banyak orang berlomba-lomba untuk melepaskan penat dengan cara berlibur. Namun sayangnya tidak semua orang bisa beruntung merasakan momen seperti itu.

Salah satau kendala yang menyebabkan hal ini terjadi ialah harga tiket pesawat yang memang cukup mahal. Terlebih lagi jika destinasi yang ingin ditempuh cukup jauh. Bagi para backpacker, tiket pesawat mahal memang sering menjadi momok menakutkan.  Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tiket pesawat murah. Banyak bacpacker yang hobi memburu tiket murah. Jika kalian ingin mendapatkan tiket pesawat dengan harga murah, sebaiknya lakukan panduan di bawah ini.

Memesan dari jauh-jauh hari

Salah satu langkah jitu untuk mendapatkan tiket pesawat murah ialah dengan cara memesan dari jauh-jauh hari. Apabila kalian ingin membeli tiket keberangkatan domestik, maka sebaiknya tiket dipesan minimal selama 60 hari sebelum keberangkatan. Namun jika ingin membeli tiket keberangkatan internasional, sebaiknya tiket dipesan minimal 150 hari sebelum keberangkatan. Ada informasi yang mengatakan bahwa harga tiket pesawat akan menjadi lebih murah apabila kalian memesan pada hari Selasa atau pada tanggal 20 ke atas.

Jangan pernah membeli tiket dadakan apabila tidak benar-benar terpaksa. Tentu saja harga tiket pesawat akan jauh lebih mahal apabila kita pesan secara mendadak. Dengan memanfaatkan jarak waktu pemesanan tiket pesawat yang lumayan lama, maka kalian juga bisa mempersiapkan liburan dengan lebih baik dan terencana.

Berburu tiket pesawat di malam hari

Selain memesan pada jauh-jauh hari, kalian juga perlu menentukan waktu yang tepat untuk memesan tiket pesawat. Ternyata waktu yang ideal untuk memesan tiket pesawat ialah pada saat malam hari, tepatnya di atas jam 11 malam. Mengapa bisa demikian? Pada saat malam hari, jumlah pemburu tiket pesawat tentu akan lebih sedikit daripada pagi atau siang hari, sehingga jumlah pesaing juga akan berkurang.

Berangkat pada saat weekdays dan tengah malam

Sebagai informasi tambahan, penerbangan yang dilakukan pada saat weekdays biasanya dipatok dengan tarif yang lebih murah apabila dibandingkan dengan saat weekend. Unyuk menyiasati hal ini, pilihlah hari biasa untuk berlibur. Kalian bisa mengambil cuti dari kantor untuk berlibur. Selain harga tiket pesawat yang lebih murah, kalian juga bisa menikmati liburan di tempat wisata dengan lebih nyaman dan leluasa karena tidak terlalu ramai pengunjung. Selain itu, kalian juga bisa memilih penerbangan di tengah malam atau subuh karena harga tiket yang ditawarkan biasanya lebih murah. Jangan lupa siapkan kopi biar nggak ngantuk, ya.

Memilih penerbangan dengan rute transit

Apabila kalian ingin menggunakan rute internasional, maka sebaiknya pilih penerbangan dengan rute transit atau alternatif. Cara yang satu ini tentu bisa menghemat biaya perjalanan karena biasanya tiket terusan tanpa transit akan dipatok dengan harga yang lebih mahal. Dengan cara seperti ini kalian tentu bisa menghemat uang dengan jumlah yang lumayan.

Melakukan pemesanan melalui travel agen secara online

Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini banyak beredar travel agen yang menjual tiket pesawat secara online dengan harga lebih murah karena persaingan yang begitu ketat. Biasanya beberapa travel agen juga masih menawarkan potongan harga apabila pelanggan menggunakan aplikasi saat melakukan booking.

Menggunakan dua maskapai berbeda

Kalian bisa mencoba menggunakan dua maskapai yang berbeda untuk pulang dan pergi karena biasanya harganya akan lebih murah apabila dibandingkan dengan memakai maskapai sama. Sebenarnya cara ini memang lebih merepotkan dan dirasa tidak praktis jika dibandingkan dengan memesan tiket pesawat secara langsung di website maskapai penerbangan. Namun cara ini tentu bisa lebih menguntungkan karena kalian bisa membandingkan masing-masing harga tiket, kemudian memilih maskapai mana yang memiliki harga paling bersaing.

Tidak memborong tiket pesawat secara langsung

Apabila kalian berencana untuk pergi beramai-ramai, sebaiknya jangan memesan tiket pesawat dengan jumlah rombongan secara langsung. Mengapa demikian? Kalian hanya akan dikenai biaya yang mahal apabila dibandingkan dengan hanya memesan satu tiket pesawat saja. Cara ini memang dianggap lebih lama, namun kalian bisa menghemat banyak biaya.

Memilih bandara sekunder

Biasanya beberapa kota besar memiliki bandara sekunder yang lebih kecil. Kemudian maskapai penerbangan akan mendaratkan pesawatnya di bandara sekunder yang akan memakan biaya lebih sedikit, daripada harus mendaratkan di bandara utama. Tentu hal ini akan memengaruhi harga tiket pesawat juga. Biasanya harga tiket pesawat yang mendarat di bandara sekunder relative lebih rendah apabila dibandingkan dengan harga tiket pesawat yang mendarat di bandara utama.

Memakai mode Incognito

Mungkin selama ini kalian tidak menyadari bahwa semakin sering mengecek harga tiket pesawat di laptop atau smartphone, maka harganya akan semakin mahal. Mengapa bisa seperti itu? Sebuah website dapat menaikkan harga tiket pesawat berdasarkan cookie pada browser supaya calon pembeli segera melakukan pembelian. Agar hal seperti ini tidak terjadi, sebaiknya pakai mode incognito atau private browsing untuk mengintai harga tiket termurah. Apabila kalian menggunakan browser Google Chrome, maka tekan Command aatau “Ctrl” jika Anda menggunakan PC, shift, kemudian “N”. Namun jika menggunakan Mozilla Firefox, sebaiknya tekan Command, shift, lalu “P”. Kemudian apabila menggunakan browser Safari, klik Safari pada menu lalu pilih “Private Browsing”. Cookie yang ada pada browser akan ter-reset setiap kali kalian membuka window mode incognito baru. Supaya hasil search sebelumnya terhapus, tutup semua window dengan mode incognito tersebut lalu buka yang baru. Bagaimana, mudah kan?

Mencari informasi sebanyak-banyaknya’

Langkah terakhir yang bisa kalian lakukan ialah dengan mencari informasi sebanyak-banyaknya serajin mungkin supaya bisa mendapatkan tiket pesawat dengan harga miring. Beberapa traveler yang sudah senior, atau konsultan traveling, biasanya mendapatkan tiket pesawat murah dengan cara mempelajari tren maskapai dan kapan musim promo tiba. Kalian bisa berlangganan email newsletter beberapa travel agen online supaya tidak ketinggalan informasi.

Beberapa cara di atas bisa kalian lakukan jika ingin mendapatkan tiket pesawat dengan harga yang terjangkau di kantong alias murah. Sebenarnya budget untuk traveling bisa saja dihemat, asal kalian memahami triknya. Memburu tiket pesawat dengan harga murah merupakan salah satu langkah jitu untuk menghemat pengeluaran berlibur. Uang sisa penghematan dari tiket pesawat ini bisa dialokasikan untuk kebutuhan-kebutuhan lainnya, misalnya saja tiket masuk ke objek wisata atau membeli oleh-oleh. Bagaimana, berlibur tidak harus mahal kan? Selamat berlibur!