Cara Memilih Asuransi Perjalanan yang Tepat dan Berbagai Pilihannya

by
asuransi perjalanan

Apakah kalian pernah mendengar tentang asuransi perjalanan? Saat ini kegiatan traveling memang kian digemari oleh banyak orang, sehingga wajar saja apabila banyak perusahaan asuransi yang menawarkan program asuransi untuk perjalanan. Kini banyak perusahaan asuransi yang bisa melindungi berbagai aktivitas yang kalian lakukan. Mulai dari asuransi kesehatan, asuransi mobil, hingga asuransi perjalanan. Jika membicarakan mengenai asuransi perjalanan, tentu asuransi yang satu ini merupakan bentuk dari perlindungan pada saat kalian sedang melakukan perjalanan.

Bagi kalian yang menyukai traveling, tentu ada kemungkinan akan tertarik dengan asuransi perjalanan seperti ini kan? Namun sayangnya masih banyak traveler yang merasa bingung untuk memilih asuransi perjalanan yang tepat dan cocok. Lalu apa saja pilihan asuransi perjalanan tersebut? Berikut ini merupakan beberapa penjelasan mengenai asuransi perjalanan yang perlu kalian ketahui terlebih dahulu.

Apa itu asuransi perjalanan?

Pertama, tentu kalian harus memahami terlebih dahulu apa itu asuransi perjalanan. Mungkin selama ini kalian lebih memahami mengenai asuransi kesehatan atau investasi. Asuransi perjalanan merupakan asuransi yang dibuat untuk melindungi mereka yang sedang melakukan perjalanan. Bisa berupa perjalanan liburan, urusan pekerjaan, study tour, hingga study aboard. Apapaun tujuan perjalanan tersebut, asuransi ini akan menjamin keamanan dan kenyamanan perjalanan kalian.

Kalian pasti paham bahwa bahaya bisa mengintai kapan saja dan di mana saja. Tidak ada yang pernah tahu kan? Risiko yang mungkin bisa kalian dapatkan pada saat melakukan perjalanan antara lain keterlambatan jadwal perjalanan, gangguan kondisi kesehatan pada saat berada di tempat tujuan perjalanan, kehilangan barang bawaan, hingga kecelakaan. Tentu saja semua orang tidak ingin mengalami hal-hal tersebut. Namun rasa was-was pasti tetap akan ada. Untuk mengurangi rasa khawatir kalian, asuransi perjalanan memang bisa menjadi solusi.

Keuntungan menggunakan asuransi perjalanan

Jika sudah mengetahui apa itu asuransi perjalanan, mungkin kalian akan bertanya, apa sebenarnya keuntungan menggunakan asuransi perjalanan? Biasanya setiap perusahaan asuransi memiliki keuntungan yang berbeda-beda. Walaupun secara umum keuntungannya pasti hampir sama, harga yang ditawarkan pun beragam. Beberapa keuntungan menggunakan asuransi perjalanan antara lain:

Bermanfaat untuk perjalanan

Kalian bisa mendapatkan berbagai manfaat saat melakukan perjalanan, seperti pembatalan perjalanan, pengurangan perjalanan, keterlambatan, kerusakan atau kehilangan barang di bagasi, penundaan penerbangan, kehilangan uang pribadi, hingga kehilangan dokumen perjalanan.

Jaminan pengobatan

Asuransi perjalanan bisa menutupi biaya medis pasca perjalanan, biaya medis, dan biaya perawatan gigi yang diakibatkan karena penyakit atau kecelakaan. Mulai dari rawat inap ICU, rawat inap di Rumah Sakit luar negeri, dan rawat inap lanjutan di Rumah Sakit luar negeri. Ada juga beberapa layanan seperti santunan untuk evakuasi medis, biaya telepon darurat, perpanjangan otomatis tanpa biaya, perjalanan kembali untuk anak-anak, hingga kunjungan simpatik tertanggung yang dirawat di Rumah Sakit luar negeri.

Perlindungan pada saat kecelakaan

Apabila terjadi kecelakaan lalu mengakibatkan cacat total atau kematian, maka asuransi perjalanan bisa menutupi biaya kecelakaan tersebut.

Memberikan manfaat khusus

Manfaat khusus yang dimaksud ialah asuransi perjalanan yang dapat menutupi hal-hal khusus seperti perlindungan terhadap terorisme, tanggung jawab hukum pribadi, hubungan telepon 24 jam, perlindungan kebakaran rumah selama ditinggal, dan beberapa kejadian lainnya yang telah ditetapkan oleh perusahaan asuransi tersebut.

Jenis-jenis asuransi perjalanan

Sebelum kalian memutuskan untuk membeli paket asuransi perjalanan dari agen asuransi, sebaiknya kenali terlebih dahulu jenis-jenis asuransi perjalanan yang ada saat ini. Asuransi perjalanan memang mempunyai beragam jenis. Pertama, jika kalian membutuhkan asuransi perjalanan yang dapat melindungi perjalanan ke luar negeri, kalian bisa memilih program single trip atau program tahunan. Untuk single trip, biasanya dapat menjamin satu kali perjalanan saja. Program ini akan menjamin kalian hingga maksimal 6 bulan atau 180 hari dalam satu kali perjalanan. Sedangkan untuk paket kedua merupakan program tahunan, di mana program ini dapat menjamin dan menanggung setiap perjalanan dengan maksimal 90 hari/perjalanan. Namun biasanya premi asuransi perjalanan akan bergantung pada paket yang diambil. Setiap penyedia jasa asuransi akan menawarkan program dengan nama yang berbeda-beda.

Kebanyakan masyarakat Indonesia memakai asuransi perjalanan demi melindungi bagasi mereka selama perjalanan dengan memakai maskapai penerbangan. Kemudian perlindungan maskapai penerbangan yang sering terlambat, hingga melindungi perjalanan haji atau umroh. Namun sebelum mengajukan asuransi perjalanan, sebaiknya kalian megetahui terlebih dahulu maskapai penerbangan apa yang akan digunakan. Lalu cari informasi mengenai pelayanan maskapai tersebut pada saat terjadi risiko-risiko yang tidak diinginkan. Untuk melengkapi informasi tersebut, kalian bisa menanyakan hal yang serupa kepada agen asuransi tersebut.

Setelah memahami pengertian, keuntungan, dan jenis-jenis asuransi perjalanan, kalian juga perlu mengetahui beberapa tips memilih asuransi perjalanan berikut ini.

Meneliti cakupan pada setiap asuransi

Kalian perlu mengetahui perbedaan klausul yang dicakup dan tidak dicakup pada setiap jenis asuransi yang ditawarkan. Misalnya saja, secara umum setiap polis pasti menawarkan biaya pengobatan darurat, rincian apa saja yang akan dicakup, hingga besar manfaat cakupan. Sebaiknya jangan hanya membeli polis yang memiliki cakupan maksimal, namun lebih baik pilih asuransi yang sesuai dengan kondisi kalian sendiri. Mungkin saja ada beberapa cakupan yang tidak sesuai dengan kondisi kalian kan? Daripada terbuang sia-sia karena tidak terpakai, lebih baik pilih yang paling sesuai saja.

Menentukan cakupan tujuan

Biasanya perusahaan asuransi perjalanan akan menawarkan polis yang mempunyai cakupan global atau pada wilayah geografis tertentu saja. Memilih polis dengan cakupan global memang akan lebih aman karena tidak ada risiko penolakan. Namun kemungkinan memang akan ada sub klausa dan pengecualian tertentu untuk hal ini. Lalu pada saat kalian melakukan perjalanan ke daerah tertentu juga akan berisiko tinggi, premi bisa lebih tinggi dan pembatasan akan diberlakukan dengan lebih ketat.

Luas cakupan dalam tiap item

Selain harus menentukan cakupan yang ada di dalam polis, sebaiknya kalian juga memeriksa berapa besar limit yang ada pada setiap item.  Pilih polis yang memang cocok untuk kalian, sebisa mungkin pilih polis yang menawarkan perlindungan dengan maksimum.

Riwayat kondisi kesehatan

Pada umumnya perusahaan asuransi tidak akan menanggung kondisi kesehatan pemilik polis yang telah ada sebelumnya. Bisa saja perusahaan asuransi akan meminta rincian riwayat kesehatan yang bisa membuat klaim ditolak. Sehingga kalian harus mengungkapkan rincian kesehatan pada tahap awal, sehingga klaim bisa diterima.

Durasi cakupan

Biasanya polis asuransi perjalanan hanya akan berlaku untuk perjalanan tunggal atau lebih dari satu perjalanan dalam jangka waktu setahun. Frekuensi perjalanan juga akan berpengaruh dalam menentukan pilihan polis yang tepat untuk kalian. Kemudian periksa berapa durasi waktu di luar negeri yang tercakup di dalam polis. Lebih baik kalian memilih jangka waktu yang sedikit lebih lama dari rencana yang telah disusun. Lalu periksa apakah polis tersebut menawarkan fitur perpanjangan di dalam durasi perjalanan yang diperpanjang, Tentu fitur tersebut akan membantu kalian untuk mengemat premi.

Bagaimana, setelah mengetahui lebih dalam mengenai asuransi perjalanan yang telah dijelaskan di atas, apakah kalian sudah memiliki pilihan asuransi perjalanan mana yang akan digunakan?