Nikmati Travel Wisata Solo Lengkap di Beberapa Destinasi Berikut Ini

by -206 views
wisata Solo

Solo atau Surakarta merupakan salah satu kota di Indonesia, tepatnya berada di Pulau Jawa. Solo dikenal sebagai salah satu kota yang cukup sering dijadikan destinasi wisata. Biasanya wisatawan yang berkunjung ke Solo merupakan wisatawan yang singgah di Yogyakarta dan begitu pula sebaliknya. Beberapa spot travel wisata Solo yang kerap dijadikan tujuan wisata adalah Keraton Surakarta dan Pura Mangkunegaran.

Berkunjung ke Solo rasanya tidak lengkap bila tidak mengunjungi beberapa destinasi travel wisata Solo yang menjadi ikon dari kota satu ini. Kota satu ini bisa dibilang memiliki beberapa objek wisata yang lengkap sesuai dengan tema liburan yang Anda inginkan. Wisata sejarah, wisata alam, wisata kuliner, hingga taman bermain yang sesuai bagi anak-anak pun disediakan. Jika Anda berencana melakukan travel wisata Solo, kami sediakan ulasan singkat mengenai beberapa objek wisata yang patut Anda kunjungi selama berlibur di Solo.

Wisata Sejarah

Keraton Surakarta

Merupakan istana resmi milik Kasunanan Surakarta dan didirikan oleh Susuhunan Pakubuwana II. Kompleks bangunan ini masih resmi menjadi tempat tinggal Sri Sunan meski Kasunanan Surakarta telah bergabung menjadi bagian dari NKRI. Keraton Surakarta dikenal sebagai salah satu destinasi travel wisata Solo yang sebagian wilayahnya dipergunakan sebagai museum untuk menyimpan dan memamerkan koleksi kasunanan yang di dalamnya termasuk barang-barang pemberian dari raja-raja di Eropa, replika dari pusaka keraton, bahkan gamelan.

Tugu Lilin

Lokasinya berada di Kelurahan Pajang, Kecamatan Laweyan, persisnya berada di pertengahan dari pertemuan Jalan Joko Tingkir, Jalan Slamet Riyadi Makamhaji, Jalan Dr. Radjiman, dan perbatasan antara Solo dan Kartasura. Tugu ini dibangun pada 1933, tepat 25 tahun setelah Hari Kebangkitan Nasional. Tugu Lilin juga dikenal sebagai Tugu Kebangkitan Nasional.

Taman Sriwedari

Merupakan kompleks taman yang berlokasi di Kecamatan Laweyan. Taman ini dikenal sebagai tempat penyelenggaraan tradisi hiburan Malam Selikuran. Taman ini juga diketahui pernah menjadi lokasi penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional 1 di tahun 1948. Taman Sriwedari dibangun oleh Paku Buwono X yang diketahui sebagai adik ipar KRMT Wirjodiningrat.

Wisata Alam

Grojogan Sewu Tawangmangu

Grojogan Sewu dikenal sebagai salah satu kawasan air terjun yang lokasinya berada di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, lebih tepatnya berjarak sekitar 27 km dari Kota Karanganyar. Kawasan Grojogan Sewu tak hanya terdiri dari air terjun saja namun juga kawasan hutan wisata. Memang yang lebih cenderung dikenal dari Grojogan Sewu adalah air terjun setinggi 80 meter tersebut. Hutan wisata yang berada di kawasan ini memiliki luas hingga 20 hektar dengan vegetasi berupa pohon hutan dan hidupnya sekelompok kera.

Air Terjun Jumog

Satu lagi kawasan wisata alam berupa air terjun yang wajib Anda kunjungi. Namanya Air Terjun Jumog. Lokasi kawasan wisata ini sekitar 40 km di sebelah timur Solo. Sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhi pemandangan yang hijau dan segar dengan berbagai suara hewan yang berpadu menjadi suatu harmoni yang indah. Sesampainya di kawasan wisata ini, Anda akan mendapati pemandangan luar biasa dari air terjun setinggi lebih dari 30 meter yang terkadang menampakkan pemandangan bonus berupa pelangi.

Wisata Kuliner

Timlo Sastro

Timlo adalah salah satu menu wajib yang harus Anda coba ketika berkunjung ke Solo. Di kota ini Anda akan dengan mudahnya menemui dan mendapatkan makanan ini. Namun yang paling sering menjadi tujuan bagi para wisatawan adalah Timlo Sastro yang terletak di bagian belakang Pasar Gede Timur. Timlo merupakan sop kaldu ayam dengan isi ati ampela, wortel, kentang, sosis, dan pastinya daging ayam.

Serabi Notosuman

Selain timlo, Serabi Notosuman juga dikenal sebagai kuliner khas Solo yang tidak boleh sampai lupa dicoba bahkan terkadang menjadi bawaan wajib sebagai oleh-oleh bagi keluarga dan rekan di daerah asal. Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut membuat Anda pasti ketagihan dan terus ingin mencobanya.

Itulah ulasan singkat dari beberapa destinasi travel wisata Solo yang wajib Anda kunjungi. Jangan lupa untuk mengabadikan momen liburan Anda di Solo dalam foto. Unggah foto liburan terbaik Anda dan jangan lupa memasang hashtag supaya lebih banyak orang tahu mengenai Solo dan wisata di Solo.