Ini 5 Danau Cantik yang Hanya ada di Indonesia

by

TRAVELING – NGETREN.CO.ID, Keindahan dan pesona alam Indonesia sudah tidak perlu diragukan lagi. Berbagai macam wisata alam bisa kamu temukan dengan mudah di hampir seluruh wilayah Indonesia. Ada banyak jenis alternatif wisata yang dapat dijadikan sebagai pilihan, mulai dari wisata alam pegunungan yang menawarkan panorama indah, wisata laut dan banyak objek wisata lainnya yang menarik untuk dijelajahi.

Memiliki segudang objek wisata yang indah dan sangat menarik, membuat Indonesia menjadi salah satu tujuan wisata yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan asing, hal ini dapat dilihat dari tingginya kunjungan wisata yang terjadi dari tahun ke tahun. Kondisi alam yang terdiri dari sebagian area pegunungan, membuat negeri ini memiliki beberapa danau indah yang tentu saja dikenal secara luas oleh masyarakat dunia.

Berikut ini adalah 5 danau cantik yang hanya ada di Indonesia dan menjadi lokasi wisata yang menarik untuk dikunjungi:

Danau Kelimutu, Nusa Tenggara Timur

Danau Kelimutu merupakan satu-satunya danau yang memiliki keunikan tersendiri, di mana danau ini terdiri dari 3 buah danau yang memiliki warna berbeda satu dengan yang lainnya. Danau Kelimutu terletak di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, tepatnya di Gunung Kelimutu.

Nama Danau Kelimutu telah dikenal secara luas oleh masyarakat Indonesia dan mancanegara. Danau ini dikenal juga dengan nama Danau Tiga Warna karena terdiri dari tiga kawah danau yang memiliki warna-warna yang berbeda, yakni: merah, biru dan putih. Kelimutu merupakan gabungan dari kata “Keli” yang memiliki arti gunung dan “Mutu” yang berarti mendidih.

Sejak dahulu, Danau Kelimutu dikenal dan dipercaya memiliki kekuatan alam oleh sebagian besar orang. Masyarakat setempat percaya bahwa Danau Kelimutu merupakan rumah bagi jiwa-jiwa orang yang telah meninggal, sehingga mereka mewajibkan pemberian sesajen di setiap kali danau tersebut berubah warna.

Danau Merah Pagaralam, Sumatera Selatan

Danau yang tampak berwarna merah darah ini terletak di perbukitan Raje Mandare, perbatasan antara kota Pagaralam dan Kaur, Bengkulu. Walaupun permukaan Danau Merah Pagaralam ini tampak berwarna merah, tetapi sebenarnya airnya bening dan seperti air pada umumnya.

Danau Merah Pagaralam termasuk temuan yang masih sangat baru karena keberadaan danau ini baru diketahui pada tahun 2010 ketika ada rombongan warga yang melakukan ekspedisi di kawasan Rimbacandi. Hal tersebut juga menjadi alasan kenapa perjalanan ke danau ini membutuhkan perjuangan yang cukup ekstra, mengingat belum ada jalan dan jalur yang dibangun secara khusus untuk mencapainya. Perjalanan yang dibutuhkan untuk mencapai danau ini sekitar 1-2 hari perjalanan dari kota Bengkulu melewati hutan, kawasan Rimbacandi, dan Dempo Selatan.

Danau Pagaralam yang sering dijuluki sebagai danau berdarah ini, memiliki luas sekitar 6 hektar. Perjalanan yang ditempuh menuju danau ini akan sebanding dengan keindahan alam yang akan kamu temui, bukan hanya pepohonan saja yang akan kamu temui di sepanjang perjalanan, namun kamu juga akan menemukan jejak sejarah kerajaan Sriwijaya berupa gapura dan candi. Hal ini tentu saja bisa menjadi nilai tambah tersendiri bagi kamu untuk mengunjungi Danau Merah Pagaralam.

Danau Labuan Cermin, Kalimantan Timur

Danau yang terkenal memiliki air sebening kaca ini terletak di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-biduk, Kalimantan Timur. Danau ini bisa ditempuh dengan perjalanan darat sekitar 6-7 jam dari ibukota Kabupaten Berau, Tanjung Redeb.

Danau Labuan Cermin tampak sangat bening seperti kaca dan memiliki dua rasa pada airnya, yakni rasa tawar dan asin karena danau ini merupakan campuran antara danau air tawar dan air laut.

Permukaan Danau Labuan Cermin terdiri dari air tawar, sedangkan air asin menjadi bagian dasar danau ini dan tidak tercampur satu dengan lainnya. Hal ini juga menyebabkan adanya perbedaan jenis ikan yang hidup di antara permukaan dan dasar Danau Labuan Cermin.

Danau Labuan Cermin memiliki pesona tersendiri bagi para pecinta snorkeling. Di danau ini, dengan mudah kamu akan menemukan dan melihat ribuan ikan yang bisa terlihat dengan jelas karena danau ini memiliki air yang sangat jernih dan bening. Kamu juga dapat memanjakan diri dan berenang sambil menikmati sensasi airnya yang dingin dan bersih. Suatu hari nanti ketika tempat ini sangat ramai dikunjungi, tidak akan menutup kemungkinan kamu akan menjumpai mantan kamu dengan mudah juga.

Danau Satonda, Nusa Tenggara Barat

Danau Sotonda juga merupakan sebuah danau yang merangkap air laut di dalamnya, namun kebalikan dari Danau Kakaban yang kemudian airnya menjadi lebih tawar dari air laut, maka Danau Sotonda justru memiliki kandungan garam yang lebih tinggi dari air laut di sekitarnya. Menurut perkiraan, danau ini terbentuk akibat adanya letusan Gunung Tambora.

Danau ini tergolong masih sangat minim mengalami sejumlah penelitian, bahkan untuk keberagaman flora dan fauna yang terdapat di sekitarnya. Salah satu penelitian paling lengkap pernah dilakukan adalah oleh dua orang ilmuwan Eropa, yakni Kempe dan Kazmierczak di tahun 1989 dan 1996. Kedua peneliti ini menuangkan hasil penelitiannya mereka di dalam artikel yang berjudul Microbialities & Hydrochemistry of the Crater Lake Satonda, tahun 1996.

Danau Kakaban, Kalimantan Timur

Satu lagi pesona yang tak kalah menarik dan wajib kamu kunjungi saat berwisata ke Derawan adalah Danau Kakaban. Danau yang terletak di Pulau Kakaban, Berau, Kalimantan Timur ini merupakan sebuah danau yang berasal dari zaman prasejarah, yakni Zaman Peralihan Holosin. Danau ini terjadi akibat adanya sejumlah air laut yang terperangkap dan bercampur dengan air tanah serta air hujan sejak 2 juta tahun yang lalu. Namun di dalam perkembangannya, air tersebut kemudian berubah menjadi tawar dan mengakibatkan terjadinya sebuah perubahan ekosistem yang unik dan menarik.

Danau Kakaban memiliki luas sekitar 5 km2 dan dikelilingi oleh dinding karang terjal yang pada awalnya membuat air laut yang terperangkap di sana tidak dapat keluar lagi. Arti kata Kakaban sendiri adalah “Memeluk”, dengan begitu Pulau Kakaban dapat diartikan sebagai sebuah pulau yang memeluk danau serta beragam flora dan fauna di sekitarnya. Jadi, kalau kamu sedang kangen pacar, kamu bisa katakan, “Sayang, kakaban dong…”

Sejak beberapa waktu yang lalu, Pulau Kakaban telah menjadi destinasi tujuan wisata wajib bagi mereka yang datang mengunjungi Derawan, karena itu jika kamu memiliki kesempatan untuk berkunjung ke Derawan, maka jangan lupa untuk mendatangi Danau Kakaban yang indah dan unik ini.

Di Indonesia sendiri, selain Danau Kakaban hanya ada satu danau lagi yang memiliki kondisi dan lingkungan unik seperti ini, yaitu Danau Ubur-Ubur di Palau, Kepulauan Micronesia.

Danau Kakaban

Setiap danau di Indonesia tentu saja memiliki keunikan yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Hal tersebut tentu akan menjadi daya tarik tersendiri buat kamu yang senang dan hobi mendatangi berbagai tujuan wisata yang penuh dengan keunikan dan tantangan tersendiri saat mendatanginya.