Hobi Naik Gunung? Ini Rekomendasi Gunung Terbaik untuk Hiking di Indonesia!

by
Rekomendasi Gunung

Bisa dibilang saat ini peminat kegiatan pecinta alam seperti hiking di Indonesia semakin banyak. Seperti yang kita ketahui, munculnya media sosial Instagram membuat banyak orang ingin memperlihatkan beragam kegiatan menarik yang mereka lakukan, salah satunya kegiatan mendaki seperti ini. Belum lagi ditambah dengan beragam film dan acara televisi yang mengangkat kisah para traveler saat mendaki.

Bagi kalian yang menyukai kegiatan hiking, tentu kalian akan mencari beragam rekomendasi mengenai gunung terbaik yang bisa didaki. Indonesia sendiri merupakan negara yang letaknya berada di antara wilayah seismik paling aktif di dunia, yaitu The Ring of Fire. Ada sebanyak 130 gunung berapi aktif di Indonesia yang rentan dengan letusan, bahkan bisa menyebabkan gempa juga. Dibutuhkan keberanian dan semangat yang tinggi dari para pendaki untuk bisa menaklukkan beberapa gunung api di Indonesia tersebut, terlebih jika puncaknya sedang tertutup awan. Berikut ini merupakan 10 rekomendasi gunung terbaik untuk hiking di Indonesia yang bisa dijajal.

Gunung Merbabu di Jawa Tengah

Gunung pertama yang wajib kalian daki ialah Gunung Merbabu, atau yang sering disebut sebagai kembaran dari Gunung Merapi yang ada di Yogyakarta. Sebenarnya gunung yang memiliki ketinggian 3,145 mdpl ini juga tak kalah dengan Gunung Merapi. Kalian bisa menyaksikan matahari terbaik di Gunung Merbabu yang lengkap dengan awan cumulus yang sungguh menakjubkan. Ada dua puncak bersebelahan yang dapat didaki di gunung ini, yaitu Puncak Kenteng Songo dan Puncak Syarief.

Gunung Semeru di Jawa Timur

Pernah mendengar lagu Dewa 19 yang berjudul Mahameru? Tak lengkap rasanya jika kalian belum mendaki Gunung Semeru yang dinobatkan sebagai gunung berapi tertinggi di Jawa Timur ini, bahkan tertinggi ketiga di Indonesia. Gunung ini dikategorikan sebagai gunung yang memiliki tipe mendaki cukup berat. Sekitar 500 meter dari puncak ada bagian pendakian yang penuh pasir, berbatu, dan memiliki tanjakan curam. Sehingga dibutuhkan usaha yang ekstra untuk mencapai puncak. Namun seluruh usaha keras tersebut akan terbayar dengan pemandangan yang indah di Puncak Semeru. Kalian juga bisa menghabiskan waktu bermalam di Ranu Kumbolo yang merupakan danau cantik di dekat Semeru.

Gunung Papandayan di Garut, Jawa Barat

Bisa dibilang Gunung Papandayan merupakan gunung favorit banyak orang, terlebih bagi pendaki yang berasal dari ibu kota maupun Jawa Barat. Pendakian yang dilakukan di gunung dengan ketinggian 2,665 mdpl ini cocok untuk para pendaki pemula. Sebagian besar kawah bisa terlihat setelah mendaki ke puncak. Sehingga biasanya basecamp di Gunung Papandayan dibangun pada sisi berlawanan dari kawah, yakni tepat di bawah kawah. Biasanya akan banyak uap ke luar dari kawah  yang membuat pemandangan menjadi semakin menakjubkan.  Ada juga Padang Edelweiss di Tegal Alun yang menambah pemandangan menjadi semakin indah.

Gunung Prau di Wonosobo, Jawa Tengah

Gunung Prau sebenarnya tidak termasuk gunung berapi aktif, namun berdiri di sebuah kompleks Dieng Plateau yang merupakan kompleks gunung berapi besar. Kalian hanya perlu mendaki secara singkat untuk mencapai puncak gunung dengan ketinggian 2.565 mdpl ini. Wajar apabila gunung ini menjadi sangat populer untuk para pendaki maupun para pecinta alam yang hendak melakulan kegiatan berkemah. Pemandangan dari Puncak Prau juga begitu menakjubkan. Kalian bisa melihat dua gunung berapi lainnya dari kejauhan, yaitu Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro. Dari sisi berlawanan, kalian bisa melihat seluruh wilayah Dieng. Keren kan?

Gunung Rinjani di Lombok

Kalian pasti sudah familiar dengan gunung yang ada di Lombok ini kan? Harus diakui bahwa Gunung Rinjani merupakan gunung berapi paling indah yang ada di Indonesia. Mengapa bisa dikatakan seperti itu? Pemandangan menakjubkan terlihat dari sekitar danau kawah. Kemudian untuk mendaki gunung dengan tinggi 3.727 mdpl ini, kalian bisa memilih dua rute, dari Sembalun atau Senaru. Kedua jalur ini sama-sama memiliki layanan perjalanan yang menyenangkan, sehingga tinggal pilih jalur yang mana. Jika memilih rute Sembalun, kalian akan melewati hutan hujan tropis yang menjadi khas lansekap Indonesia. Setelah melakukan perjalanan yang panjang dan menantang, kalian bisa bersantai sejenak di Danau Segara Anak dan Gunung Baru. Mau yang lebih seru lagi? Kalian bisa berendam air hangat alami di sana.

Gunung Kerinci di Jambi

Gunung Kerinci merupakan gunung berapi aktif tertinggi di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara, yang memiliki pemandangan luar biasa. Gunung dengan ketinggian 3805 mdpl ini menjadi rumah bagi para spesies yang terancam punah, seperti Badak Sumatera maupun Harimau Sumatera. Selain itu, kaki Gunung Kerinci juga dikelilingi dengan perkebunan teh yang segar. Sehingga kalian bisa mampir sejenak untuk menikmati sejuknya kebun teh ini, sekaligus mencicipi teh asli khas sana.

Gunung Sibayak di Berastagi, Sumatera Utara

Gunung Sibayak merupakan stratovolcano kecil yang berada di Kota Berastagi, Sumatera Utara. Dengan ketinggian sekitar 2.212 mdpl, kalian bisa melakukan pendakian secara singkat selama sehari, sembari mencari persinggahan. Di gunung ini juga terdapat lubang uap yang mampu menghasilkan suara menggelegar, bisa dibilang mirip dengan pesawat jet yang sedang lewat. Kalian juga bisa menikmati berendam air panas yang masih alami.

Gunung Bromo di Jawa Timur

Selain Gunung Semeru, di Jawa Timur juga ada Gunung Bromo yang sangat terkenal. Bukan hanya pendaki profesional saja yang bisa menapakkan kaki di gunung dengan ketinggian 2.845 mdpl ini. Namun banyak juga wisatawan yang kagum dengan deretan pemandangan indah di pegunungan ini, meliputi Gunung Batok, Gunung Bromo, dan Gunung Semeru yang merupakan puncak tertinggi.

Gunung Batur di Bali

Selama ini Bali memang dikenal dengan beragam keindahan pantainya, namun ternyata Pulau Dewata juga mempunyai gunung berapi yang indah, salah satunya ialah Gunung Batur. Gunung ini dianggap sebagai tempat suci oleh masyarakat Bali. Gunung Batur merupakan gunung berapi kecil yang berada di tengah kawah besar dengan ketinggian 1.717 mdpl, sehingga jika ingin mendaki kalian hanya membutuhkan waktu satu hari saja.

Anak Gunung Krakatau di Selat Sunda

Masih ingat peristiwa dahsyar Gunung Krakatau berabad-abad lalu? Peristiwa Krakatoa yang terjadi pada tahun 1883 ini memang telah menjadi sejarah dunia sampai sekarang, terlebih lagi ada gunung berapi yang terlahir dan terus tumbuh setiap tahun. Selama mendaki ke sana, kalian juga bisa melihat beberapa pulau menawan seperti Pulau Umang, Pulau Sebuku, dan Pulau Sebesi. Apabila ingin mendaki ke Anak Krakatau, kalian bisa melihat pemandangan menakjubkan di Pulau Rakata.

Itu tadi 10 rekomendasi gunung terbaik untuk hiking yang ada di Indonesia. Bagaimana, sangat menarik untuk didaki kan? Kalian nggak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk mencari gunung dengan puncak tertinggi, atau mungkin gunung bersalju, pijakkan kaki dulu ke Indonesia karena masih banyak gunung terbaik di tanah air tercinta ini.