5 Tempat Wisata Unik di Papua yang Bisa Menjadi Destinasi Liburan

by
wisata unik di papua

Siapa yang tidak mengetahui kecantikan Papua? Pulau Papua merupakan pulau terbesar kedua yang ada di dunia. Predikat pulau terbesar pertama diraih oleh Tanah Hijau yang berada di Australia. Wilayah Pulau Papua terbagi menjadi dua provinsi, yaitu Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat. Pulau ini memang memiliki beragam objek alam yang menawan, sehingga sangat disayangkan apabila dilewatkan begitu saja. Berikut ini merupakan beberapa tempat wisata unik di Papua yang wajib kalian masukkan ke dalam list liburan.

Danau Uter

Mungkin selama ini kalian lebih populer mendengar nama Danau Toba atau Danau Tiga Warna saja. Padahal Papua memiliki danau yang tak kalah kerennya, yakni Danau Uter. Danau ini berada di Desa Sris, Aitinyo, Maybarat, Papua Barat. Perjalanan bisa ditempuh selama 1 jam dari Bandara Kambuaya dengan menggunakan kendaraan pribadi, seperti motor dan mobil. Namun kalian harus siap berjalan kaki sejauh 100 meter untuk melintansi jalanan kecil yang tertata rapi.

Danau ini memiliki suasana yang begitu alami dan tenang. Sejuknya pedesaan juga masih terasa. Kamu bisa berenang di Danau Uter karena airnya begitu bening. Biasanya masyarakat di sekitar Danau Uter menggunakan danau ini untuk beraktivitas sehari-hari, sehingga untuk masalah fasilitas memang masih minim. Bahkan di Danau Uter juga belum tersedia penginapan juga. Apabila kalian ingin menginap, maka kalian bisa membawa tenda sendiri. Bisa juga dengan meminta bantuan warga sekitar untuk menginap di rumah mereka.

Pulau Roti

Kalau kalian sudah menginjakkan kaki di Papua Barat, rasanya nggak afdol kalau belum mampir ke Raja Ampat. Destinasi favorit sejuta umat ini memang sangat wajib kalian kunjungi. Dengan biaya sekitar Rp 200.000 – Rp 300.000, kalian bisa masuk ke Raja Ampat, setelah itu dapat berlayar menuju Waisai yang merupakan jantung dari Kabupaten Raja Ampat. Ada juga spot yang begitu nyaman untuk diving, salah satunya Pulau Roti. Pulau ini disebut sebagai Pulau Roti karena bentunya yang mirip dengan roti.

Pulau Pasir Timbul

Masih berada di kawasan Raja Ampat, pulau yang satu ini bisa kalian kunjungi pada saat laut sedang surut saja. Unik kan? Pada saat air laut sedang surut, maka akan muncul hamparan pasir yang membentuk pulau kecil di tengah lautan Raja Ampat yang begitu luas. Jika ingin mengunjungi Pulau Pasir Timbul, kalian harus berlayar selama 30 menit dengan memakai perahu motor yang disewakan di daerah Wasai. Setelah tiba, kalian sudah bisa menikmati beningnya air laut disertai dengan pasir putih. Sudah bisa membayangkan keindahannya, kan?

Pianemo

Dari sekian banyak gugusan karang yang ada di Raja Ampat, salah satu gugusan karang yang bisa kamu kunjungi ialah Pianemo. Di tempat ini kamu bisa menikmati keindahan pulau karang dengan berbagai macam ukuran, lalu ditambah dengan air laut yang biru. Masyarakat sekitar menyebut Pianemo sebagai ‘Wagang Kecil’ karena mirip dengan Pulau Wayag yang begitu populer di seluruh dunia.

Untuk menuju Pianemo, kalian dapat berangkat dari Wasai dengan berlayar menggunakan speed boat selama 2 jam. Pada saat tiba di Pianemo, kalian dapat berjalan menuju bukit untuk melihat pemandangan Pianemo secara keseluruhan. Saat mengujungi Pianemo, sebaiknya kalian menggunakan sandal atau sepatu yang memang nyaman digunakan, terlebih pada saat kalian sedang hiking di pulau karang.

Danau Idenberg

Bisa dibilang Danau Idenberg merupakan danau misterius yang ada di Pegunungan Jayawijaya, tepatnya berada di Cartenz Pyramide. Danau ini terbilang misterius karena penampakan air danaunya yang bisa dibilang tidak stabil. Kadang bisa menampung air yang melimpah ruah, namun terkadang tidak menampung air sama sekali alias kering. Untuk mencapai lokasi ini, kalian perlu kerja keras karena danau ini berada di ketinggian 4313 mdpl. So, kalian harus siap berjalan kaki kurang lebih selama 2 jam. Danau Idenberg juga dikelilingi dengan tebing-tebing vertikal bebatuan yang menawan, sehingga kalian bisa menikmati panorama berselimutkan salju. Keren kan?

Bagaimana, keren-keren kan objek wisata yang ada di Papua? Beberapa wisata unik di Papua yang telah disebutkan di atas merupakan alternatif wisata ke Papua yang bisa kalian masukkan ke dalam list liburan. Untuk berlibur ke Papua memang dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun kepuasannya memang worth it dengan apa yang akan kalian dapatkan selama di sana. Setuju?