5 Spot Travel Wisata Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi

by
travel wisata Yogyakarta

Siapa yang tidak setuju jika Yogyakarta merupakan kota wisata terindah dan selalu memberikan kesan mendalam bagi pengunjung maupun mereka yang pernah menetap di kota ini? Setiap sudut jalan kota dan penduduk menyapa ramah serta hangat bagi mereka yang datang untuk sekedar menikmati suasana kota Yogyakarta. Meski tak semewah kota lain, kesederhanaan Yogyakartalah yang menjadikan orang betah dan wisatawan banyak yang merasa ingin kembali lagi.

Berlibur ke Yogyakarta menjadi alternatif bagi sebagian orang karena kota ini dikenal memiliki hiburan yang membalut budaya dan kesenian yang tidak dapat ditemui di wilayah lain. Untuk Anda yang sedang dalam masa liburan dan ingin mengisi waktu libur Anda dengan melakukan travel wisata Yogyakarta, kami sajikan ulasan singkat mengenai tempat wisata yang terkenal serta wajib Anda kunjungi selama singgah di Kota Gudeg ini. Di mana saja tempat-tempat itu? Yuk kita simak satu per satu!

Jalan Malioboro

Inilah yang selalu menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta. Rasanya belum lengkap dan belum sah berlibur ke Yogyakarta jika Anda belum mengunjungi Jalan Malioboro. Kawasan ini terkenal sebagai kawasan perbelanjaan. Sepanjang jalan Malioboro yang membujur sekitar 1 kilometer ini menawarkan berbagai barang yang dijajakan baik oleh pengelola mall maupun mereka yang membuka usaha kaki lima. Jika Anda merasa terlalu sayang untuk melewati jalan ini dengan kendaraan pribadi, Anda bisa berjalan kaki atau menggunakan kendaraan tradisional yang terkenal di tempat ini: becak dan andong.

Selain dipenuhi dengan kawasan perbelanjaan, di sini Anda juga akan menemui beberapa penginapan yang siap untuk melayani kebutuhan istirahat Anda. Ingin berjalan-jalan saat malam? Berjalanlah menuju ke arah selatan dan Anda akan menemui pemandangan Yogyakarta yang tidak pernah tidur. Anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan bangunan tua dari Gedung Bank Indonesia, Kantor Pos Besar, Istana Agung, dan Benteng Vredeburg serta Serangan Umum 1 Maret. Tak berselang jauh di sebelah timur Benteng Vredeburg, Anda akan menemui Taman Pintar, sebuah wilayah edukatif yang dibangun dan sering dikunjungi oleh para pelajar sebagai media belajar yang menyenangkan.

Candi Prambanan

Inilah candi Hindu yang terdapat di wilayah Yogyakarta. Candi Prambanan juga merupakan daya tarik lain yang mengundang minat wisatawan untuk berkunjung ke Yogyakarta. Tujuan wisata Candi Prambanan menawarkan pemandangan peninggalan nenek moyang berupa Candi yang jumlahnya tak terhingga. Setiap bangunan candi juga memiliki sejarah masing-masing. Anda dapat berkunjung ke tempat ini dengan atau tanpa jasa tour guide. Selain menampilkan bangunan candi yang begitu megah, di tempat ini Anda juga bisa menikmati wisata lain misalnya mengunjungi museum yang terdapat di dalam komplek candi atau menikmati film pendek yang diputar pada diorama yang disediakan tak jauh dari area candi ini.

Pantai Parangtritis

Pantai juga menjadi pesona Yogyakarta yang tak kalah indahnya. Salah satu pantai yang sudah cukup lama dikenal oleh masyarakat Yogyakarta dan wisatawan yang berkunjung adalah Pantai Parangtritis. Letaknya berada di selatan kota Yogyakarta dan membutuhkan waktu perjalanan sekitar 1 jam untuk sampai di sana dari pusat kota Yogyakarta. Mitos yang berbedar dan dipercaya masyarakat Yogyakarta hingga saat ini adalah adanya sosok yang dipercaya sebagai Ratu Pantai Selatan yaitu Nyi Roro Kidul dan kepercayaan untuk tidak menggunakan baju berwarna hijau ketika bermain di pantai ini. Konon katanya Sang Ratu sangat menyukai warna hijau sehingga ia akan menarik ke dalam laut mereka yang menyukai warna hijau dan sedang bermain di laut.

Goa Jomblang

Goa Jomblang merupakan salah satu tempat wisata yang terbilang baru eksis di Yogyakarta. Letaknya ada di daerah Gunung Kidul, Yogyakarta. Goa ini berbentuk vertikal, berbeda dengan goa pada umumnya, dengan adanya hutan purba di dalamnya yang menjadikan Goa Jomblang semakin istimewa. Akan sangat disarankan untuk mendatangi Goa Jomblang ketika pukul 10.00 hingga 12.00 karena Anda akan disuguhi pemandangan yang begitu menakjubkan berupa ‘cahaya dari surga’ yang memasuki goa. Dijamin, Anda tidak akan kecewa dengan berkunjung ke tempat ini!

Ulasan singkat beberapa destinasi travel wisata Yogyakarta yang bisa Anda kunjungi selama di Yogyakarta. Bagian yang paling menyenangkan dari kota ini adalah kebahagiaan yang tak hanya Anda dapatkan dengan menukarkan apa yang menjadi milik Anda, Yogyakarta tak pernah gagal memberikan kesan menarik untuk ditinggali. Bagaimana dengan Anda?