Trik Menjalankan Pola Hidup yang Sehat dan Benar

by

Salah satu fakta yang terjadi saat ini ialah banyak orang yang meninggal di usia muda karena beberapa penyakit seperti kanker, jantung, stroke, diabetes. Jika dibandingkan dengan orang zaman dahulu yang lebih kuno dan belum mengerti tentang arti hidup sehat, sangat jauh. Orang zaman dulu memiliki usia yang relatif lebih panjang dibandingkan dengan orang zaman sekarang,

Hal ini disebabkan karena makanan yang dimakan oleh orang di zaman sekarang dapat memicu timbulnya penyakit-penyakit tersebut. Pola makan di masa kini melenceng dengan pola hidup yang sehat dan benar sesungguhnya. Beberapa pola hidup yang tidak sehat misalnya banyak mengonsumsi makanan instan, makanan yang terlalu banyak mengandung karbohidrat dan lemak, kurang mengonsumsi serat, dan kebiasaan makan berlebih. Ditambah lagi dengan kurangnya berolahraga dan mengonsumsi rokok maupun alkohol yang dapat membahayakan tubuh.

Cara terbaik menjalani pola hidup yang sehat dan benar ialah dengan cara merubah pola hidup Anda menjadi lebih sehat dan benar mulai dari sekarang. Berikut beberapa faktor yang bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat dan benar.

Makan makanan yang mengandung gizi seimbang dan serat

Mulai sekarang kurangi makan makanan cepat saji. Makanan cepat saji atau junk food tidak baik bagi kesehatan karena mengandung bahan pengawet, lemak, kalori kosong, lemak, dan penyedap rasa yang berlebih. Kurangi juga kebiasaan terlambat makan karena berbagai aktivitas. Ubahlah pola makan Anda menjadi lebih teratur dengan makan makanan yang mengandung berbagai gizi seimbang yang baik bagi tubuh seperti sayur dan buah. Selain itu, jangan lupa makan makanan yang mengandung serat. Serat sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Rutin melakukan olahraga

Olahraga memiliki berbagai keuntungan bagi tubuh, sepertiĀ  memperlancar aliran darah ke otak, lebih awet muda, tubuh menjadi lebih bugar, melawan serangan penyakit, tubuh menjadi lebih kuat dan terbentuk. Beberapa orang menganggap bahwa melakukan aktivitas olahraga memang sangat melelahkan dan membebankan. Padahal hal itu tidak lah benar. Anda bisa melakukan kegiatan olahraga mulai dari cara yang paling gampang seperti berjalan kaki, berlari, atau bersepeda. Bila memang waktu memungkinkan, Anda bisa mencoba beberapa olahraga berat seperti bulu tangkis, futsal, sepak bola, voli, atau basket.

Menghindari rokok dan minuman beralkohol

Tak hanya dari makanan dan olahraga saja, pola hidup Anda juga sangat menentukan kesehatan Anda. Sebaiknya hindari merokok. Merokok hanya membuat kenikmatan sebentar. Tapi tidak baik bagi kesehatan Anda. Di dalam rokok terdapat banyak racun berupa nikotin tar, zat kimia, gas karbonmonoksida, maupun timah hitam. Merokok bisa menyebabkan beberapa penyakit yang cukup membahayakan seperti kanker, jantung, gangguan janin, dan impotensi. Selain itu, minum minuman yang beralkohol juga sangat tidak baik bagi kesehatan. Mengonsumsi minuman keras dapat mengganggu kesehatan tubuh. Beberapa penyakit yang bisa datang karena mengonsumsi minuman keras antara lain kanker tenggorokan, pendarahan, radang pancreas, liver, wasir, dan lainnya.

Sebenarnya tidak sulit menerapkan pola hidup yang sehat. Itu semua kembali kepada diri Anda sendiri. Apakah Anda mau dan akan mengubah pola kehidupan Anda? Jawabannya ada pada diri Anda sendiri. Melakukan pola hidup yang sehat tidak ada ruginya sama sekali. Jika Anda menjalani pola hidup yang sehat, tubuh Anda akan menjadi lebih sehat. Sehingga kemungkinan umur Anda akan bisa lebih panjang.