Cara-cara Hidup Sehat Ala Anak Kost yang Bisa Ditiru

by
hidup sehat

Tuntutan untuk menempuh pendidikan maupun pekerjaan seringkali membuat kita harus hidup di kota lain, atau yang sering disebut dengan istilah merantau. Saat merantau, biasanya ada beberapa pilihan tempat tinggal seperti menyewa kost, rumah kontrakkan, atau tinggal di rumah saudara. Tentu saja bagi Anda yang tinggal di kamar kost harus benar-benar beradaptasi dengan lingkungan sekitar, baik dengan orang-orang baru maupun tempat tinggal yang baru. Namun, yang sangat penting diperhatikan ialah masalah kesehatan. Beberapa cara sederhana untuk menjaga kesehatan antara lain makan makanan yang bergizi, menjaga pola makan secara teratur, dan rutin melakukan olahraga. Berikut beberapa cara hidup sehat ala anak kost yang bisa diterapkan.

Memerhatikan jenis makanan dan pola makan sehari-hari

Sebagai mahasiswa atau karyawan, pasti Anda memiliki kegiatan yang sangat padat. Namun, Anda harus tetap memperhatikan jenis makanan yang dimakan sehari-hari. Jangan makan makanan sembarangan. Pilihlah makanan yang sehat, bergizi, dan higienis seperti sayur-sayuran dan buah yang segar. Alangkah lebih baiknya lagi jika Anda memasak makanan tersebut sendiri. Selain menghemat pengeluaran, seluruh bahan makanan bisa tetap dikontrol. Sehingga bahan penyedap makanan yang berbahaya tidak dimasukkan ke dalam makanan tersebut. Selain itu, Anda juga harus menjaga pola makan setiap hari. Makan secara teratur sebanyak tiga kali dalam sehari. Menerapkan pola makan secara teratur bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat dan daya tahan tubuh meningkat. Pola makan yang teratur dilakukan pada jam-jam yang sesuai dengan jam makan, yaitu sarapan pagi pada hari, makan siang pada pukul 12.00 hingga 14.00, dan makan malam sekitar pukul 19.00.

Rutin menjalankan olahraga

Sebagian orang menganggap bahwa kegiatan olahraga merupakan hal yang sangat melelahkan dan membebankan. Sehingga banyak orang yang malas dan jarang melakukan aktivitas ini. Padahal, olahraga memiliki banyak manfaat positif bagi tubuh. Olahraga memiliki banyak manfaat seperti tubuh menjadi lebih bugar dan sehat, menjaga tubuh agar tidak mudah terserang penyakit, menjaga daya tubuh, dan membuat tubuh menjadi lebih sehat. Olahraga yang baik harus dilakukan setiap hari. Tidak perlu terlalu lama, olahraga sebentar saja sudah cukup tubuh menjadi lebih sehat. Misalnya dengan berjalan kaki, berlari, atau bersepeda di sekitar kost.

Menjaga kebersihan dalam diri dan kamar kost

Memang sebagian anak kost merasa sangat malas untuk membersihkan kamarnya. Kegiatan kampus maupun kantor yang padat merayap membuat kamar kost hanya menjadi singgahan untuk beristirahat saja. Padahal kamar kost yang kotor bisa menjadi sarang penyakit dan bakteri. Kondisi kamar yang kotor bisa membuat Anda terserang beberapa penyakit seperti demam berdarah, tipus, dan lainnya. Selain enak dipandang, menjaga kebersihan kamar kost juga bisa meningkatkan kesehatan tubuh. Hilangkan rasa malas untuk membersihkan kamar kost. Rapikan dan bersihkan kamar kost Anda minimal sekali dalam seminggu. Alangkah lebih baiknya jika dibersihkan setiap hari. Cuci sprei, sarung bantal, dan sarung guling secara rutin. Kemudian kuras bak mandi secara rutin juga. Jangan menumpuk pakaian kotor dalam waktu yang lama. Segera cuci pakaian-pakaian tersebut agar tidak menjadi sarang nyamuk.

Hal-hal di atas merupakan cara hidup sehat ala anak kost yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai anak kost, Anda tetap harus memperhatikan kesehatan tubuh agar bisa selalu sehat dan produktif dalam menjalankan setiap aktivitas.