Mengenal Asal Usul Permainan Gokar

by

Gokar merupakan varian dari kendaraan roda empat atap terbuka sederhana dan kecil untuk olahraga motor. Gokar biasanya berpacu di sirkuit skala kecil. Balapan gokar biasanya dianggap sebagai batu loncatan untuk olahraga motor yang lebih tinggi dan lebih mahal.

Kecepatan gokar sangat bervariasi dan beberapa (disebut Superkart) dapat mencapai kecepatan melebihi 260 km/jam, sementara gokar yang dimaksudkan untuk masyarakat umum di taman hiburan mungkin terbatas pada kecepatan yang tidak lebih dari 24 km/jam.

Sebuah Kf1 kart, dengan mesin 125 cc 2-langkah dan berat keseluruhan termasuk pengemudi yang terdiri dari 150 kilogram memiliki kecepatan tertinggi 137 km/jam. Dibutuhkan waktu 3 detik lebih sedikit untuk kecepatan 0-96 km/jam dengan 125 cc shifter kart (6 gigi), dengan kecepatan tertinggi 185 km/jam pada rangkaian panjang.

Jika dilihat dari sejarahnya, dimulai dari Art Ingels yang secara umum diterima menjadi ayah dari gokar. Seorang pembangun kendaraan khusus dan kendaraan balap bernama Kurtis Kraft, ia membangun kart pertama di California Selatan pada tahun 1956. Gokar telah cepat menyebar ke negara-negara lain, dan saat ini memiliki berikut besar di Eropa.

Baca Juga: Mengenal Permainan Trampoline Beserta Asal Mulanya

Produsen kart pertama adalah perusahaan Amerika, Go Kart Manufacturing Co (1958). McCulloch adalah perusahaan pertama, pada 1959, untuk memproduksi mesin untuk karts. Pertama mesin, McCulloch MC-6, adalah diadaptasi gergaji mesin 2-stroke. Kemudian, pada 1960-an, mesin sepeda motor juga disesuaikan dengan kart digunakan, sebelum dipersembahkan produsen, terutama di Italia (IAME) (AKA Komet ), mulai membangun mesin untuk olahraga.

Rangka gokart terbuat dari tabung baja. Tidak ada suspensi Oleh karena itu rangka harus cukup fleksibel untuk bekerja sebagai suspensi dan cukup kaku untuk tidak pecah atau memberi jalan pada tikungan. rangka Kart diklasifikasikan di Amerika Serikat sebagai ‘Open’, ‘Caged’, ‘Straight’ atau ‘Offset’. Semua rangka yang disetujui oleh CIK-FIA adalah ‘Straight’ dan ‘Open’.

  1. Open roll karts tidak memiliki kandang.
  2. Caged karts memiliki kandang gulung mengelilingi pengemudi yang sebagian besar digunakan pada trek tanah.
  3. Dalam rangka Traight sopir duduk di tengah. chassis straight digunakan untuk balap sprint.
  4. Dalam rangka Offset pengemudi duduk di sisi kiri. rangka offset digunakan untuk balapan hanya berberbelok kiri speedway racing.