Travel Wisata di Surabaya: Pesona Indah Kota Pahlawan

by
Travel Wisata di Surabaya: Pesona Indah Kota Pahlawan

Salah satu pesona travel wisata di Surabaya adalah Anda akan mendapat banyak pengetahuan seputar sejarah. Sebagaimana kita tahu, Surabaya dikenal dengan julukan kota Pahlawan. Yaitu sebutan yang diberikan kepada penduduk kota Surabaya, dimana pada masa revolusi kemerdekaan Indonesia, telah terjadi pertempuran dahsyat antara arek-arek Suroboyo dengan penjajah.

Jika dikaitkan dengan latar belakang sejarah, nama Surabaya sendiri telah ada sejak jaman Majapahit. Yaitu sebutan untuk suatu daerah yang menurut mitos masyarakat telah terjadi pertarungan antara Ikan Sura (Hiu) dengan Buaya yang memperebutkan pengakuan sebagai hewan terkuat. Nama Sura dan Buaya itulah yang kemudian menjadi cikal bakal nama kota Surabaya.

Hal yang lumrah jika berwisata di Surabaya ditemukan banyak bangunan bersejarah dan museum, bahkan Anda juga bisa menemukan makam pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya yaitu WR. Supratman di kota ini. Tujuan yang tak kalah populer adalah mengunjungi Tugu Pahlawan sebagai simbol kota Surabaya.

Terlepas dari latar belakang sejarah, destinasi travel wisata di Surabaya juga tak kalah menarik dibanding kota-kota lain di Indonesia. Sebagai kota terbesar kedua setelah Jakarta, Surabaya bertumbuh menjadi kota industri dan pusat perekonomian Jawa Timur bahkan pusat kekuatan angkatan bersenjata maritim Indonesia. Uniknya, sisi sejarah tetap menghiasi kota ini tanpa tergerus oleh kemajuan jaman.

Jika Anda berencana melakukan travel wisata di Surabaya, ada beberapa tempat menakjubkan yang layak Anda kunjungi, seperti berikut ini.

Tugu Pahlawan

Ikon kota Surabaya yang satu ini jangan pernah Anda lewatkan. Jika belum berkunjung ke Tugu Pahlawan, bisa dikatakan Anda belum pernah berwisata di Surabaya. Tugu Pahlawan dibangun untuk menghormati semua pejuang Surabaya yang telah bertempur melawan Belanda dan para sekutu pada 10 Nopember 1945 silam. Tugu ini berbentuk paku terbalik dan memiliki ketinggian hingga lebih dari 40 meter.

Bukan itu saja, di dalam lokasi Tugu Pahlawan, Anda akan menemukan museum yang bernama Museum 10 Nopember. Museum itu menyajikan beragam peninggalan bersejarah seputar peristiwa 10 Nopember 1945 tentunya dengan penyajian yang menarik bagi segala usia. Tak heran jika museum ini ramai dikunjungi rombongan dari berbagai sekolah pada hari-hari tertentu untuk sekedar mengenal dan mempelajari sejarah kota.

House of Sampoerna

Salah satu destinasi travel wisata di Surabaya ini merupakan sebuah bangunan bergaya kolonial Belanda yang dibangun pada tahun 1862 dan termasuk bangunan bersejarah yang dilestarikan. Sesuai dengan namanya, bangunan ini memang menjadi tempat memproduksi rokok Sampoerna hingga sekarang. Dulu pada jaman pemerintahan Belanda, House of Sampoerna adalah sebuah tempat panti asuhan khusus putra yang dikelola oleh Belanda sendiri. Namun pada tahun 1932, Liem Seeng Tee, pendiri pabrik rokok Sampoerna, berhasil membelinya dan menjadikan gedung ini sebagai pabrik rokok Sampoerna yang pertama. Di lokasi House of Sampoerna, Anda akan menemukan museum rokok yang menyajikan aneka koleksi lukisan, kendaraan kuno, mesin cetak, kios rokok dan sebagainya termasuk diijinkan melihat bagaimana pembuatan rokok.

Jembatan Merah

Jembatan Merah adalah salah satu tempat bersejarah kota yang tetap dilestarikan hingga sekarang dan merupakan destinasi travel wisata di Surabaya yang populer karena nilai sejarahnya. Bagaimana tidak? Tempat ini dulunya sering disebut sebagai lautan darah, karena banyaknya pejuang lokal dan sekutu yang tewas dalam pertempuran. Bahkan sejarah menyebutkan, Brigjen Mallaby tewas akibat pertempuran dengan arek-arek Suroboyo yang mengakibatkan sekutu mengeluarkan ultimatum pada tanggal 09 Nopember 1945, agar pejuang Indonesia meletakkan senjata.

Namun hebatnya dengan berani ultimatum tersebut disambut arek-arek Suroboyo dengan tantangan perang, sehingga pada tanggal 10 Nopember 1945, pasukan sekutu Inggris datang dan menyerang kota Surabaya sehingga pertempuran sengit pun terjadi disana. Kawasan Jembatan Merah saat ini merupakan pusat perdagangan paling padat di Surabaya, meskipun dulunya merupakan daerah hunian dan perdagangan bagi orang Eropa, orang China, Arab dan Melayu.

Pantai Kenjeran

Obyek wisata yang satu ini terbagi menjadi dua bagian yaitu Pantai Kenjeran Baru dan Pantai Kenjeran Lama atau disebut juga Pantai Ria Kenjeran. Keduanya menyajikan pesona alam yang sedikit berbeda. Untuk Pantai Kenjeran Lama, Anda akan menemukan berbagai keasyikan seperti berperahu ke pulau pasir, memancing, berbelanja souvenir dan ikan asin, bermain di tepi pantai dan sebagainya.

Sedangkan di Pantai Kenjeran Baru, disediakan beberapa fasilitas olahraga seperti pacuan kuda, kolam renang dan area balap motor. Keduanya merupakan tujuan travel wisata di Surabaya yang asyik untuk bertamasya sekaligus berolahraga.

Monumen Kapal Selam

Sekarang kita menuju destinasi travel wisata di Surabaya yang berupa sebuah kapal selam tidak terpakai lagi. Kapal selam ini adalah KRI Pasopati 410 yang dibuat di Rusia pada tahun 1952. Dulunya, KRI Pasopati 410 adalah kapal  selam yang berjasa dalam pertempuran di Laut Aru melawan Belanda dalam rangka membebaskan Papua Barat. Di dalam kapal selam, Anda akan diajak melihat langsung dan mempelajari tiap-tiap bagian kapal selam. Setelah puas berkeliling, Anda dapat berkunjung ke ruang Video Rama untuk menyaksikan film dokumenter KRI Pasopati 410 termasuk perjuangan bangsa Indonesia saat itu.

Nah, itu dia beberapa destinasi travel wisata di Surabaya yang wajib Anda kunjungi. Sebenarnya masih banyak destinasi wisata lagi yang bisa Anda temukan, seperti Museum Mpu Tantular, Jembatan Suramadu, kebun binatang Surabaya, wisata hutan Mangrove dan sebagainya. Termasuk wisata kuliner khas Surabaya yang terkenal karena keunikan dan kelezatannya.

Penasaran? Silakan berkunjung ke kota pahlawan dan temukan pengalaman travel wisata di Surabaya yang menakjubkan dan tak terlupakan.