Panduan Liburan Irit untuk Keluarga yang Bisa Dicoba

by

Liburan merupakan hal menyenangkan yang dinanti oleh setiap orang. Tentu liburan akan terasa lebih lengkap jika dilakukan bersama keluarga.

Namun tidak semua keluarga bisa mampu berlibur bersama karena berbagai faktor, seperti sulitnya mencocokkan jadwal atau mahalnya budget yang dibutuhkan. Faktor keuangan ini yang paling sering terjadi.

Sebenarnya ada berbagai cara yang bisa dilakukan agar bisa tetap liburan bersama keluarga, namun dengan biaya yang terjangkau. Berikut ini merupakan beberapa tips liburan irit bersama keluarga yang bisa dicoba.

Merencanakan jauh-jauh hari

Langkah pertama yang bisa dilakukan ialah dengan cara merencanakan liburan jauh-jauh hari. Tentu hal ini akan banyak bermanfaat, daripada merencanakan liburan secara mendadak.

Sejak adanya low cost airlines, kita juga semakin memahami bahwa semakin jauh hari melakukan booking pesawat atau hotel, maka harga yang akan didapatkan juga semakin rendah.

Jika liburan biasa, kamu bisa merencanakan 3-4 bulan sebelum. Namun jika liburan untuk pulang kampung alias mudik lebaran, kamu bisa merencanakan setengah tahun sebelum.

Memesan tiket pesawat sekaligus hotel

Saat ini ada layanan yang menyediakan pesan tiket pesawat dan hotel secara bersamaan. Jika dihitung-hitung, sebenarnya lebih hemat juga lho. Apalagi kalau sedang ada promo.

Kamu bisa selalu memantau website, aplikasi, atau media sosial layanan terkait agar tidak ketinggalan update.

Memilih penginapan yang berada di dekat objek wisata

Tentu saja penginapan yang letaknya tidak jauh dengan objek wisata akan menghemat biaya transportasi.

Kamu dan keluarga tidak perlu membuang banyak biaya untuk mengeluarkan biaya transportasi yang mahal. Atau jika tetap menggunakan kendaraan, kamu bisa menghemat uang bahan bakar.

Membawa bekal sendiri

Nah, ini tips liburan irit selanjutnya yang bisa diikuti. Agar tidak terlalu banyak mengeluarkan uang untuk makan sekeluarga, kamu bisa menghematnya dengan membawa bekal.

Sediakan selalu air minum dan camilan di tas, agar tidak perlu jajan lagi. Makan di luar hanya saat makan berat saja. Karena jajanan yang dijual di tempat wisata biasanya akan dipatok dengan harga yang mahal daripada harga normal.

Itu tadi beberapa tips liburan irit bersama keluarga yang bisa kamu coba. Liburan tidak selalu mahal kok. Kamu hanya perlu mengakalinya dengan cerdas saja. Selamat berlibur!