Menikmati Beragam Wisata Menarik di Bandungan Semarang

by

Jika Anda mengunjungi Semarang menggunakan jalur darat dari arah selatan, Anda pasti tidak asing dengan wilayah Bandungan. Berada di selatan wilayah Semarang kota, kawasan ini terkenal dengan berbagai tempat wisata yang menarik dan wajib Anda kunjungi, terutama kawasan wisata pegunungan. Dengan topograsi desa di dataran tinggi, Bandungan terkenal dengan udara yang sejuk dan segar sehingga banyak pengunjung atau wisatawan yang betah berkunjung dan menikmati keindahan alam yang dimiliki oleh Bandungan. Dari itu pula, di Bandungan terdapat banyak hotel dan motel bagi Anda yang ingin bermalam di sini. Bandungan terletak di kaki Gunung Sumbing dan kaki Gunung Ungaran. Karena kondisinya yang dingin, wilayah ini dijadikan wilayah pertanian sayur dan buah.

Di kawasan desa wisata ini terdapat obyek wisata bersejarah yang terkenal yaitu Candi Gedongsongo. Candi ini merupakan peninggalan budaya Hindu dan di dalam komplek candi ini terdapat sembilan buah candi. Berada di ketinggian 1.200 DPL dengan suhu udara berkisar 19 – 27°C, lokasi komplek candi ini sangat mudah dijangkau dari berbagai wilayah di sekitarnya yakni berada di jalur alternatif Ungaran – Temanggung. Candi Gedongsongo dibuat berderet dari bawah ke atas perbukitan mengitari kawah sumber air panas. Pembuatan candi yang simetris dan berada di atas bukit menunjukkan perpaduan dua religi yaitu kepercayaan terhadap nenek moyang dan budaya Hindu yang meyakini bahwa candi sebagai tempat tinggal para dewa. Untuk menikmati keindahan komplek candi ini, Anda perlu mengeluarkan biaya retribusi sebesar Rp 6.0000,00 per orang untuk wisatawan lokal atau Rp 25.000,00 per orang untuk wisatawan asing. Sudah yakin merasa lelah kalau mengelilingi seluruh wilayah komplek ini? Anda bisa menyewa kuda untuk mengantarkan Anda menuju beberapa candi atau seluruh candi di komplek ini dengan biaya Rp 25.000,00 hingga Rp 70.000,00 untuk sekali jalan, tergantung berapa candi yang ingin Anda kunjungi dengan menggunakan jasa kuda ini.

Selain candi, wisata di Bandungan yang menarik adalah wisata alam Air Terjun Tujuh Bidadari. Di kawasan wisata ini terdapat tiga susun air terjun dengan tiga kolam air di bawahnya yang kemudian membentuk tujuh buah air terjun dengan ketinggian total air terjun setinggi 10 meter. Airnya yang jernih, segar, serta udaranya yang sejuk menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Akses yang ditempuh untuk mencapai kawasan wisata ini terbilang mudah, hanya dengan 20 menit berkendara menggunakan kendaraan pribadi dari Semarang hingga Dusun Keseneng. Biaya retribusi yang perlu Anda keluarkan cukup murah, yakni Rp 2.000,00 per kepala. Wisata alam selain Air Terjun Tujuh Bidadari ini adalah Umbul Sidomukti.

Umbul Sidomukti merupakan kolam mata air alami yang terletak di daerah perbukitan Gunung Ungaran dengan ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Terkenal dengan kesejukan dan kealamiannya, kawasan ini dilengkapi pula dengan berbagai fasilitas bagi wisatawan untuk dapat merasa lebih nyaman. Fasilitas yang disediakan antara lain kegiatan luar ruangan seperti outbond, camping, flying fox, marine bridge, ATV, dan tracking yang menantang. Selain fasilitas untuk kegiatan luar ruangan, kini kawasan ini dilengkapi dengan adanya villa dan pondok kopi, yang letaknya lebih tinggi dari umbul itu sendiri, yakni 1.700 meter di atas permukaan laut. Di kawasan pondok kopi itu juga disediakan makanan dan minuman khas Bandungan berupa tahu serasi, pisang kremes, roti bakar, tempe mendoan, kopi, dan jahe. Harganya pun bervariasi mulai dari Rp 5.000,00 hingga sekitar Rp 30.000,00 untuk satu porsi makanan. Akses menuju Umbul Sidomukti dapat dikatakan cukup sulit. Jalan yang sempit hanya bisa dilalui oleh mobil kecil. Selain sempit, jalan menuju lokasi terjal dan berkelok-kelok. Harga tiket untuk memasuki kawasan Umbul Sidomukti adalah Rp 4.000 untuk hari kerja biasa dan Rp 5.000 untuk akhir pekan. Sementara untuk setiap fasilitas kegiatan outdoor yang sediakan bervariasi tergantung pada fasilitas yang akan digunakan dengan kisaran Rp 6.000 hingga Rp 20.000.

Bandungan memang dikenal sebagai tempat wisata di kawasan Semarang yang menakjubkan. Dengan adanya obyek wisata mulai dari wisata bersejarah hingga wisata alam yang kini sedang menjadi tren liburan di kalangan anak muda, Bandungan masih memiliki berbagai tujuan wisata dan terkenal dengan berbagai panganan khas Bandungan. Anda pasti tidak akan kecewa dengan keindahan alam yang ditawarkan Bandungan.