Ini Tempat-tempat di Dunia dengan Jajanan Street Food yang Enak

by

Tentu sudah nggak asing dengan istilah street food. Indonesia sendiri, di setiap kota sangat familiar dengan adanya street food karena selain murah meriah biasanya juga menghidangkan menu lokal dari daerah tersebut. Sensasi mencicipi jajanan street food memang sangat menggoda. Buat kamu yang hobi wisata kuliner wajib tau nih tempat street food terbaik yang ada di dunia. Nah, berikut ini ayo kita simak beberapa negara dengan hidangan street food terbaik itu, ada menu apa aja sih?

  1. Singapura

Singapura menempati posisi teratas karena mereka menawarkan beberapa makanan murah yang paling aman di dunia berkat pemerintah yang mengatur penjualan street food ke pusat jajanan. Ini berarti kamu dapat menikmati dumpling ikan tanpa rasa takut, memakan bola mata kepala ikan kari, dan menghirup sup iga yang diberi adonan sampai kamu kenyang.

Beberapa orang menyebut kepiting cabai sebagai hidangan nasional, yang lain mengatakan nasi ayam Hainan, Wontons, tiram omelet, dan bebek. Singapura bahkan tahu bagaimana membuat ikan pari yang rasanya enak dengan sambal yang mantap.

  1. Bangkok, Thailand

Tentu, kamu akan menemukan pad Thai terbaik dalam hidup kamu, tapi jalan-jalan di Bangkok lebih dari sekadar menyandap hidangan mie goreng. Ayam panggang dan bebek yang digantung dari gerobak, salad pepaya yang melimpah menyajikan beberapa sayuran yang sangat dibutuhkan, serta sate. Beragam makanan laut juga tersedia sesuai dengan selera kamu mulai dari kerang goreng hingga lele bakar. Makanan super berat seperti perut babi goreng digantung dengan makanan ringan seperti sup asam tom yum juga tersedia.

  1. Meksiko

Pada setiap jam sepanjang hari kamu dapat menemukan sudut-sudut jalan yang penuh sesak dengan orang-orang Meksiko yang berkerumun di sekitar gerobak dengan panggangan datar yang sedang menggoreng daging untuk dilipat menjadi tortilla segar. Kamu bisa pergi satu bulan tanpa mengonsumsi sayuran selain bawang merah dan ketumbar, tapi kekurangan itu digantikan oleh kebanyakan stan yang menyajikan jus segar, semangkuk mangga ditaburi dengan cabe yang gurih, dan jagung mayo-slickedrebus. Churros Sugary, kue-kue segar, atau roti panggang yang mengepul dan panas bakal kamu nikmati di pagi hari.

  1. Ho Chi Minh City, Vietnam

Masakan khas Amerika Serikat adalah masakan tradisional dan pho, yang tentu saja membuat kota Ho Chi Minh menjadi tujuan yang harus dikunjungi, namun jalanan kota Ho Chi Minh dipenuhi dengan kaldu sapi dan roti Perancis. Dari pasar hingga sampai ke trotoar, makanan di Ho Chi Minh City adalah mosaik sup gurih, daging bakar, dan krustasea goreng. Wajar saja, kaldu sapi pho sangat besar dengan kaldu ayam sama banyak tersedia. Kepiting mulai dari yang digoreng dengan asam untuk ditambahkan dengan mie udon-esque tebal di bánh canh cua.

  1. Marrakesh, Maroko

Saat malam tiba, alun-alun Jemaa el-Fna menjadi satu kafetaria luar ruangan yang besar. Seperti di Maroko, penduduknya ramah, dan tanpa henti bagai paduan suara bertanya, “Temanku, dari mana asalmu?” Bergema dari kebanyakan kios, tapi untungnya mereka menjual sesuatu yang lezat. Lentera yang menerangi tempat-tempat itu seperti sauna yang terbuka, mengasapi semua orang dengan bau jintan dan kunyit yang melimpah. Saus menggantung seperti lampu natal, pot tanah menghebohkan, dan makanan yang lebih eksotis seperti sarden goreng dan potongan daging yang tidak biasa.

  1. Mumbai, India

Sulit untuk menolak samosa yang lezat. Jalur makanan jalanan Mumbai yang dikenal dengan khau gallispenuh dengan chaat goreng dan samosa dari berbagai ukuran, bentuk, dan isian. Kebab (dengan naan) mungkin merupakan daging yang paling banyak ditemui dan berasal dari protein terkenal seperti ayam tandoori hingga yang langka seperti whey cow, tapi hidangan yang paling populer justru menu vegetarian: sandwich kentang goreng yang disebut vada pav dengan topping chutney merah atau hijau.

  1. Shanghai, Tiongkok

Dari digoreng sampai dikukus, sup dan pangsit adalah makanan pendamping yang sempurna untuk daging babi pedas. Makanan potsticker juga populer, bersama dengan pilihan roti yang beragam. Dengan pancake daun bawang kamu bisa sarapan setiap saat sepanjang hari. Pilihan makanan laut yang melimpah seperti gurita skewered atau udang pedas merupakan alternatif yang lebih ringan untuk kebab dan ayam goreng renyah. Tofu juga tidak boleh dilewatkan.

Semua menu makanan yang disajikan di kota-kota di atas memang bikin ngiler ya. Indonesia pasti juga nggak kalah dengan menu street food-nya, tapi nggak ada salahnya kamu untuk mencoba menu-menu yang ada di luar negeri. Bakal jadi pengalaman yang tak terlupakan seumur hidup!