Ini Destinasi Travel Wisata Garut yang Paling Banyak Dikunjungi

by -290 views
wisata Garut

Mungkin memang Garut belum sepopuler kota-kota wisata lain di Indonesia, namun sebenarnya Garut memiliki wisata alam yang tak kalah indahnya. Sebagai kota Kabupaten di Jawa Barat, Garut selama ini dikenal dengan oleh-oleh khasnya yaitu dodol garut. Padahal, jika Anda mau mengenal lebih jauh dan mengunjungi kota dodol ini, Anda pasti mengakui bahwa Garut memiliki potensi alam yang luar biasa dan layak menjadi salah satu destinasi wisata alam yang diperhitungkan.

Obyek wisata yang ada di kota Garut sebenarnya sangat banyak dan cukup beragam, dengan nuansa alami tradisional yang kentara pada setiap sudutnya. Nah, jika Anda berencana bepergian ke Jawa Barat, coba rencanakan berwisata ke Garut. Anda bisa mengunjungi beberapa destinasi travel wisata Garut berikut ini.

Sunset di Pantai Santolo

Pantai ini memiliki panorama alam yang sangat indah dan merupakan salah satu obyek wisata terpopuler di Garut. Terletak di Kecamatan Cikelet, 88 km ke arah Selatan kota Garut, pantai Santolo menawarkan kecantikan alam luar biasa terutama saat matahari terbenam. Perpaduan warna keemasan di langit dengan nuansa pantai yang memikat, dijamin dapat membuat setiap pengunjung terbawa keromantisannya.

Pesona indah Curug Orok

Curug orok adalah sebuah air terjun yang tidak seperti biasanya, karena air terjun ini bentuknya cantik seperti anak tangga. Lokasinya pun cukup mudah ditempuh yaitu terletak di desa Cikandang. Menurut mitos di masyarakat, nama curug orok berasal dari seorang ibu yang pernah membuang bayinya disini. Bayi atau orok itulah yang dijadikan nama curug, sehingga terkenal dengan sebutan curug orok. Dinginnya suasana dan indahnya panorama alam yang disajikan membuat lokasi ini sangat layak dikunjungi.

Pemandian air panas, Cipanas Garut

Melakukan perjalanan travel wisata Garut, jangan lupa untuk menyempatkan diri berkunjung ke lokasi pemandian air panasnya. Cipanas Garut adalah lokasi wisata berupa pemandian air panas yang sumber air panasnya berasal dari Gunung Guntur. Air panas di lokasi wisata pemandian ini dapat mencapai suhu hingga 49 derajat Celcius. Banyak wisatawan berendam dengan tujuan untuk mengobati berbagai penyakit, karena air panas di Cipanas Garut ternyata memiliki kandungan belerang yang cukup tinggi. Selain itu, berdasar penelitian, ternyata air panas di lokasi ini juga merupakan air panas paling bening di seluruh Indonesia.

Wisata sejarah di Candi Cangkuang

Destinasi wisata Garut selanjutnya adalah Candi Cangkuang. Candi ini merupakan sebuah candi Hindu yang terletak di Kampung Pulo, wilayah Cangkuang, Garut. Candi Cangkuang pertama kali ditemukan oleh tim peneliti tahun 1966, kemudian pada tahun 1967 dan 1968 penelitian selanjutnya berhasil menggali bangunan makam disana. Jika Anda ingin berwisata sejarah di Garut, Candi Cangkuang adalah lokasi yang tepat.

Kecantikan panorama alam Gunung Papandayan

Salah satu pesona alam yang tak ada duanya adalah Gunung Papandayan. Gunung ini terletak di sebelah barat daya kota Garut, yaitu di kecamatan Cisurupan, Garut, Jawa Barat. Memiliki ketinggian sekitar 2.622 mdpl, wisata alam Gunung Papandayan sangat populer di kalangan pendaki gunung. Hal ini disebabkan Gunung Papandayan masih memiliki panorama alam asli dengan kawah belerangnya yang masih aktif. Bahkan Gunung Papandayan termasuk dalam salah satu cagar alam yang dilindungi karena keanekaragaman kekayaan hayati dan berbagai obyek wisata alamnya yang luar biasa.

Hangatnya uap belerang di Kawah Kamojang Garut

Kawah Kamojang Garut adalah salah satu destinasi travel wisata Garut yang banyak dikunjungi wisatawan. Kawah ini terlihat istimewa karena memiliki beberapa titik semburan uap belerang di berbagai lokasi sekitar kawah. Wisatawan yang berdatangan, biasanya untuk sekedar menyegarkan dan menghangatkan kulit dengan uap belerang disana. Kawah Kamojang terletak di daerah Kamojang, kecamatan Samarang, Garut.

Itulah beberapa destinasi travel wisata Garut yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Masih ada banyak lagi obyek-obyek wisata lain di Garut yang sayang jika Anda lewatkan. Yang pasti, Garut memiliki potensi alam luar biasa yang tak kalah indah dengan daerah wisata lain di Indonesia. Tugas kita adalah mengeksplore dan memperkenalkan kecantikan alam Indonesia itu ke mata dunia.