Kesulitan Tidur di Malam Hari? Coba Deh Lakukan Hal-Hal Penting Ini!

by
kesulitan tidur

Kebanyakan orang pasti merasakan bahwa tidur di malam hari merupakan perkara yang mudah. Bahkan beberapa orang merasa bahwa waktu tidurnya di malam hari masih kurang karena terhalang oleh banyaknya pekerjaan. Namun ada sebagian orang yang mengalami sulit tidur, walaupun sudah mendapatkan tempat yang nyaman dan waktu yang tepat sekalipun. Biasanya penyakit sulit tidur ini sering disebut dengan insomnia. Bagi kamu yang merasakan hal serupa, kamu bisa mengatasinya dengan melakukan beberapa hal penting berikut ini.

Mengurangi cahaya di kamar

Apabila kamu ingin bisa cepat tidur, sebaiknya kurangi cahaya yang ada di sekitar ruangan. Jika perlu, matikan lampu agar ruangan menjadi gelap. Tidur di tempat gelap akan memudahkan kamu untuk bisa lebih cepat tertidur pulas. Selain itu, ada juga beberapa manfaat yang bisa didapat seperti mengurangi lemak, meningkatkan kinerja otak, tubuh menghasilkan hormon melatonin yang berguna untuk kekebalan tubuh, dan mengurangi risiko global warming.

Mematikan seluruh alat elektronik

Perangkat elektronik dapat mengganggu waktu tidurmu. Oleh karena itu, jangan fungsikan kasurmu sebagai ruang kerja. Sebaiknya sebelum tidur matikan seluruh alat elektronik yang dapat mengganggumu. Misalnya saja smartphone, jangan hanya digetarkan atau mode diam saja. Namun matikan agar tidak ada sinyal yang mengganggu. Letakkan seluruh alat komunikasi pada posisi yang tidak akan bisa mengganggumu selama tidur, seperti di bawah tempat tidur.

Menyesuaikan kasur

Cara berikutnya adalah dengan menyesuaikan kasur dengan ukuran tubuh. Tanpa disadari, kasur juga dapat memengaruhi kesulitan tidur seseorang. Sebaiknya saat membeli kasur, perhatikan dan rasakan apakah kasur tersebut cocok atau tidak. Biasanya orang dengan ukuran tubuh yang berat akan memerlukan kasur yang lebih tebal dibandingkan orang yang bertubuh kecil atau kurus. Untuk menguji kasur tersebut, bisa dicoba dengan posisi telentang di kasur tersebut. Jika posisi tubuh nyaman dan tidak ada bagian tubuh yang mendapatkan tekanan berlebih, berarti kasur tersebut sudah cocok dengan tubuh.

Memilih warna dekorasi kamar yang tepat

Selain beberapa hal di atas, ada penyebab lainnya yang bisa membuat sulit tidur yaitu dekorasi warna kamar yang tidak tepat. Menurut beberapa ahli, warna dapat memengaruhi psikologi seseorang. Jika seseorang berada pada ruangan dengan warna yang tidak sesuai dengan seleranya, maka hal tersebut dapat memengaruhi pola tidur orang tersebut. Jadi, sebaiknya ganti warna dekorasi kamar dengan warna yang tepat. Ada beberapa warna yang bisa memberikan ketenangan, relaksasi, kedamaian, penuh harapan, dan menyenangkan, seperti warna biru muda, hijau muda, krem, dan merah muda.

Setelah mengetahui beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar tidak sulit tidur, kamu bisa segera mempraktekkannya. Jika kamu memiliki waktu istirahat yang cukup, tentu saja tubuhmu akan lebih segar saat memulai beraktivitas.