Ketahui Manfaat Liburan Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

by

Bisa dibilang saat ini liburan atau traveling sudah menjadi salah satu kebutuhan untuk melepaskan kepenatan dari aktivitas sehari-hari. Tak hanya itu saja, liburan juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengisi kembali energi yang banyak terbuang setelah menghadapi berbagai aktivitas yang melelahkan.

Namun terkadang banyak orang merasa bahwa liburan itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Faktor ini yang sering menjadi penghambat seseorang untuk berlibur.

Mulai dari biaya transportasi menuju ke lokasi, penginapan, makan, tiket masuk ke tempat wisata, dan masih banyak lainnya. Belum lagi jika harus mempersiapkan biaya khusus oleh-oleh untuk keluarga atau teman.

Namun sebenarnya seluruh biaya tersebut tidak akan terasa mahal apabila kita memang sadar bahwa liburan bisa memberikan banyak manfaat yang luar biasa bagi diri sendiri, terlebih masalah kesehatan. Anda perlu mengetahui apa saja manfaat dari liburan ini. Pertama, liburan bisa meningkatkan mood seseorang.

Mungkin Anda yang merasa memiliki mood buruk saat bekerja bisa hilang saat pergi berlibur. Setelah liburan diharapkan mood akan menjadi lebih baik lagi. Tak hanya itu saja, mood yang berubah menjadi lebih baik tersebut bisa menurunkan tingkat stress, sehingga kesehatan pun akan terjaga.

Dengan mengambil waktu berlibur untuk diri sendiri, bersama keluarga, maupun bersama teman, tentu tingkat stress kita bisa menurun karena seluruh hormon stres bisa lepas. Hormon stres ini yang bisa berakibat buruk pada kesehatan mental dan fisik seseorang.

Sebenarnya banyak perubahan psikologis yang terjadi pada saat seseorang berpindah dari rumah atau kantor, menuju “tempat lain” yang belum diketahui untuk merasakan banyak pengalaman baru. Karena dengan kegiatan yang tidak terlalu banyak dan padat setiap harinya, seseorang bisa membebaskan diri dari kompleksitas pekerjaan dan hubungan. Setelah hal ini terjadi, maka pikiran seakan direset ulang. Stres di dalam tubuh juga bisa hilang.

Bisa dibilang bahwa manusia selalu menginginkan hal-hal baru, kemudian liburan menawarkan paket lengkap untuk hal ini. Anda bisa melihat wajah baru, mendengar suara, dan menikmati berbagai pemandangan yang belum pernah dilihat sebelumnya.

Beberapa manfaat seperti ini lah yang membuat banyak orang beranggapan bahwa traveling merupakan investasi masa depan. Biasanya pada saat kita sudah berada di rumah, atau saat pulang liburan, maka pengalaman-pengalaman liburan tersebut akan meninggalkan banyak kenangan dan kemampuan baru pada diri kita, mulai dari wawasan yang bertambah luas, teman baru, cara pandang baru, wawasan yang luas, dan masih banyak hal lainnya yang membuat kita menjadi lebih bahagia.

Hal-hal seperti ini tidak akan terasa dalam jangka waktu pendek saja, namun juga bisa membuat kita menjadi lebih puas, rileks dalam jangka waktu panjang, dan merasa bahagia.

Banyaknya manfaat berlibur ini tentu sepadan dengan biaya yang akan kita keluarkan. Hal ini akan membuat kita merasa bahwa berapa pun biaya yang dikeluarkan, tentu akan sepadan untuk pengalaman luar biasa yang akan kita dapatkan.

Usahakan menyisihkan uang khusus untuk liburan, mungkin sama dengan pemenuhan kebutuhan lainnya. Keburuhan berlibur juga harus Anda usahakan. Anda bisa menyisihkan setidaknya 20 persen dari gaji untuk ditabung. Kemudian Anda harus konsistensi untuk menabung terus.