10 Cara Menyembuhkan Pilek Secara Alami yang Bisa Menjadi Solusi

by

Bisa dibilang sakit pilek merupakan salah satu penyakit yang kerap diderita oleh manusia. Pilek masuk ke dalam jenis sakit flu. Selain pilek, biasanya juga ada batuk. Penyakit flu memang berkaitan erat dengan musim atau cuaca yang sedang berlangsung. Sehingga wajar saja apabila seseorang bisa menderita penyakit ini berkali-kali dalam setahun.

Flu atau influensa sebenarnya merupakan infeksi virus yang terjadi di dalam alat pernafasan, seperti paru-paru, tenggorokan, maupun hidung. Tentu saja penyakit ini dapat menganggu kinerja dari paru-paru, tenggorokan, dan hidung. Penyakit ini begitu mudah menular dan menyebar dari satu orang ke orang lainnya dengan berbagai cara, misalnya saja kontak secara langsung, batuk dan bersin, berbagi minuman, hingga berbagi alat makan. Anda harus berhati-hati dengan virus ini karena bisa menyebar dengan mudah melalui udara dan sentuhan.

Mungkin Anda akan bertanya-tanya, apa sebenarnya penyebab penyakit ini? Pilek ternyata disebabkan oleh virus yang berasal dari kelompok coronaviruses dan rhinoviruses. Kondisi seperti ini lah yang bisa menular dengan melalui kontak langsung maupun tidak langsung. Biasanya penyakit pilek ini bisa berlangsung selama seminggu. Namun pada balita kemungkinan bisa berlangsung lebuh lama, yakni sekitar sepuluh hingga empat belas hari. Terlebih lagi jika penyakit ini disertai dengan batuk juga.

Ada beberapa gejala yang akan Anda alami saat terserang penyakit pilek, antara lain bersin-bersin, nyeri pada bagian tenggorokan, hidung beringus, hingga penyumbatan pada hidung. Anda pasti akan mengalami tidak enak badan pada saat pilek menyerang. Bahkan ada juga penderita yang mengalami gejala-gejala lain seperti nyerti telinga, nyeri otot, mata berair, sakit kepala, hingga kehilangan daya penciuman.

Lalu bagaimana jika sudah seperti ini? Mungkin Anda akan berpikir untuk segera pergi ke dokter agar cepat sembuh. Sebenarnya ada beberapa cara pengobatan tradisional atau alami untuk mengatasi pilek yang bisa dicoba. Cara ini tentu lebih aman dan efektif untuk meredakan gejala-gejala yang biasanya muncul. Berikut ini merupakan beberapa cara menyembuhkan pilek secara alami yang bisa Anda terapkan di rumah.

Mengonsumsi minuman hangat

Apabila Anda sudah merasakan gejala-gejala pilek seperti tenggorokan yang terasa sakit, Anda bisa langsung mengonsumsi minuman hangat. Anda bisa menyeruput minuman hangat seperti air putih hangat, kopi, air teh hangat, dan lainnya. Mungkin Anda akan bertanya, mengapa harus minum minuman hangat? Pada saat sedang pilek atau flu, akan ada cairan-cairan yang terbuang melalui ingus, keringat, maupun ludah. Cairan-cairan yang Anda konsumsi bisa menggantikan cairan-cairan tubuh yang hilang tersebut. Lalu cairan tersebut sebaiknya hangat karena cairan hangat bisa membantu mencegah dehidrasi, mengurangi hidung mampet, hingga melegakan tenggorokan yang sedang terganggu. Selain itu, uap pada minuman panas juga bisa membantu mengencerkan lendir pada tenggorokan.

Berkumur dengan memakai air garam

Perlu diketahui bahwa pilek juga dapat menyebabkan masalah tenggorokan, seperti radang, nyeri, maupun gatal-gatal. Anda bisa mengatasinya dengan cara mencampurkan garam dengan air hangat, kemudian gunakan untuk berkumur kurang lebih selama 5 menit. Supaya hasilnya bisa lebih maksimal, Anda bisa menambah beberapa rempah untuk meredakan flu, seperti kunyit, jehe, kencur, atau cuka apel.

Mengonsumsi sayuran dan buah

Pada saat tubuh sedang dalam kondisi lemah, biasanya sistem kekebalan tubuh akan melemah secara otomatis. Oleh karena itu, sebaiknya beri dengan asupan vitamin dan mineral yang bisa membantu mengembalikan kondisi tubuh menjadi normal lagi. Mengonsumsi sayuran dan buah juga bisa membantu memperbaiki sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Mandi dengan mengguankan air hangat

Pada saat sedang pilek, sebaiknya jangan mandi memakai air dingin. Anda bisa menggunakan air hangat supaya tubuh tetap terasa hangat. Coba gunakan air hangat supaya tubuh selalu terasa hangat. Kemudian hindari juga mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung es.

Memakai aroma bawang

Mungkin selama ini Anda hanya mengenal bawang sebagai salah satu rempah-rempah yang bermanfaat untuk masakan. Padahal sebenarnya bawang juga memiliki manfaat sebagai obat untuk mengatasi flu. Aroma yang ada pada bawang-bawangan, seperti bawang merah, bawang putih, atau bawang daun, berguna sebagai katalis di dalam mengeluarkan cairan maupun membersihkan hidung. Anda bisa menghirup aromanya sekitar 5 menit.

Mengonsumsi madu dan jahe

Madu dan jahe memang memiliki manfaat yang luar biasa, salah satunya berkhasiat menghilangkan pilek. Anda bisa membuat minuman dari kedua bahan ini. Caranya, sediakan 2 ruas jahe. Kemudian parut dan campurkan dengan menggunakan madu. Konsumsi ramuan herbal ini sebanyak 3 kali sehari.

Mengonsumsi rempah-rempah

Anda bisa mengonsumsi rempah-rempah yang dapat menghangatkan tubuh, seperti jahe, kencur, sereh, atau kemangi. Bisa dimakan secara langsung, atau bisa juga direbus dengan menggunakan air. Kemudian Anda tinggal meminum air rebusan tersebut.

Mengonsumsi cabai

Cabai mengandung capsaicin yang merupakan sebuah senyawa kimia. Senyawa ini dipercaya bisa membantu membersihkan rongga hidung secara efektif. Pada saat flu sedang menyerang, Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung cabai. Namun ingat, jangan mengonsumsi terlalu banyak.

Menerapkan terapi uap tradisional

Salah satu cara tradisional yang dipercaya ampuh untuk mengatasi flu ialah penguapan. Anda bisa memasukkan air panas ke dalam baskom. Kemudian pakai handuk untuk menutupi kepala, lalu tempatkan wajah di atas baskom tersebut. Supaya hasil yang didapat bisa lebih maksimal, Anda dapat mencampurkan kunyit, minyak kayu putih, jahe, maupun beberapa rempah lainnya. Masukkan rempah-rempah tersebut (kayu putih/jahe/kunyit) ke dalam baskom tersebut, lalu diamkan selama 5 hingga 10 menit. Letakkan air hangat yang telah dicampur dengan rempah di bawah wajah Anda. Kemudian tutup kepala dengan memakai handuk atau kain tebal. Lakukan terapi uap tradisional ini selama 15 – 30 menit.

Beristirahat secara total

Kondisi tubuh yang begitu lelah bisa menyebabkan kekebalan tubuh menjadi lemah, sehingga pilek pun akan menyerang. Cara tradisional terakhir yang bisa Anda lakukan ialah dengan melakukan istirahat secara total. Berhenti bekerja untuk sementara waktu hingga kondisi Anda benar-benar pulih. Istirahat dilakukan supaya kekebalan tubuh menjadi normal kembali.

Itu tadi beberapa cara menyembuhkan pilek secara alami yang bisa Anda lakukan. Selain lebih aman, cara-cara di atas juga tidak membutuhkan uang banyak. Sehingga Anda pun bisa lebih berhemat, tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk ke dokter. Namun apabila cara-cara di atas masih belum bisa mengatasi pilek pada tubuh Anda, sebaiknya Anda segera memeriksa kondisi tubuh ke dokter.