Kumpulan Resep Makanan Korea yang Mudah Dibuat di Rumah

by
resep makanan Korea

Siapa bilang masak makanan Korea itu susah? Ternyata ada banyak resep makanan korea yang mudah dan bisa dibuat di rumah sehingga Anda tidak perlu merogoh kocek dalam hanya untuk mencicipi masakan korea favorit di restoran. Cukup luangkan waktu untuk berbelanja dan memasak, maka dengan budget pas-pasan pun Anda tetap bisa menyiapkan makanan Korea yang lezat di rumah. Berikut beberapa jenis resep yang bisa segera Anda praktekkan di dapur.

Gyeran Mari

Suka makan telur dadar tapi bosan dengan resep yang itu-itu saja? Makanan Korea yang satu ini bisa menjadi alternative di tengah kebosanan Anda. Selain bahan bakunya yang sangat mudah di dapatkan, yaitu telur ayam, cara pembuatan telur gulung Korea ini pun simpel. Cukup campurkan telur, garam, lada, gula, irisan daun bawang dan wortel kemudian kocok menjadi satu. Wortel diiris dadu kecil dan daun bawang pun juga harus diiris kecil-kecil agar pas dikombinasikan dengan telur. Masak kocokan telur tersebut di wajan yang datar namun sisakan sedikit untuk tambahannya nanti kemudian gulung di salah satu ujungnya. Masukkan lagi sisa telur di tempat kosong bekas gulungan telur. Gulung lagi telur sampai habis. Setelah matang telur gulung ini juga bisa disajikan dengan keju sesuai selera. Mudah dan enak, bukan?

Mandu

Cemilan khas Korea yang satu ini pasti cocok disantap bersama keluarga. Makanan ini merupakan sejenis dimsum yang isinya daging dan sayuran. Namun di resep ini tahu juga digunakan untuk menambah citarasa isian. Untuk membuat mandu, pertama siapkan daging sapi cincang dicampur dengan sedikit garam, merica dan satu sendok minyak wijen. Selanjutnya campur daun kucai yang sudah dicuci, dipotong dan dikeringkan dengan satu sendok makan minyak wijen di mangkuk yang berbeda. Hancurkan tahu yang sebelumnya sudah dicuci, dikeringkan, diperas dan dibuang airnya kemudian campur dengan satu sendok makan minyak wijen. Campurkan semua bahan tersebut menjadi satu sampai rata kemudian tambahkan bawang putih cincang, aduk. Sekarang siapkan kulit pangsit berbentuk bulat dan masukkan campuran bahan tadi sebagai isian. Isi bisa dimasukkan menggunakan sendok kemudian pinggiran kulit pangsit bisa direkatkan menggunakan air dan mandu siap digoreng.

Soegogi Muguk

Resep yang satu ini sangat pas dinikmati di musim hujan untuk menghangatkan badan. Selain mudah dan praktis, masakan ini juga sehat. Soegogi Muguk nama lainnya adalah sop lobak, jadi tentunya bahan utama resep ini adalah lobak. Rebus dulu lobaknya hingga air mendidih kemudian bahan selanjutnya yaitu daging dan bawang putih cincang bisa dimasukkan ke dalam rebusan lobak. Masak dengan api sedang agar daging matang selama kurang lebih setengah jam. Tutup panci agar daging bisa matang sempurna. Jika sudah lewat setengah jam, masukkan irisan daun bawang, kecap ikan dan garam. Daun bawang diiris serong agar nampak seperti makanan khas Korea sungguhan. Setelah dimasukkan bahan-bahan terakhir tersebut tunggu kurang lebih lima menit sebelum api dimatikan dan sup siap dihidangkan panas-panas.

Itulah beberapa resep makanan Korea yang bisa Anda coba dengan mudah di rumah. Ada yang bisa dinikmati di musim hujan, ada yang enak disantap di musim panas, ada juga yang lezat dimakan kapan saja. Sekarang Anda tidak perlu lagi membuang-buang uang untuk makan di restoran Korea yang mahal. Cukup siapkan bahannya kemudian hidangkan makanan Korea lezat untuk seluruh keluarga.