Inilah Berbagai Minuman Khas Korea dengan Rasa yang Unik

by

Selain makanannya, Korea juga terkenal dengan minumannya yang unik. Menyantap masakan Korea kurang lengkap rasanya jika tidak dilengkapi dengan minumnnya yang khas dan menyegarkan. Berikut beberapa jenis minuman khas Korea dengan keunikannya yang tidak bisa ditemukan di negara lainnya.

The Omjia

Teh ini berbeda dengan teh di Indonesia karena teh khas Korea yang satu ini dibuat dari buah berry. Uniknya, teh ini memiliki rasa yanag sangat variatif dengan kombinasi pedas, asin, manis, pahit dan asam. Tentunya sensasi menikmati teh Omija bisa sangat berbeda dengan teh biasa. Menariknya lagi, teh Omija selain rasanya yang enak juga memiliki khasiat yanag baik untuk meringankan penyakit yang berhubungan dengan pernafasan.

Sujeonggwa

Minuman yang satu ini juga tidak kalah uniknya. Jika sebelumnya ada teh berry dengan lima rasa, Sujeonggwa memiliki rasa yang unik dari campuran kayu manis, merica dan jahe yang direbus kemudian dicampur dengan gula merah, buah kesemek kering serta madu sebagai pemanisnya. Rasa manis dan pedasnya dapat menyegarkan kembali tubuh Anda.

Yulmu

Yang satu ini bisa dijadikan alternative sarapan di pagi hari karena kandungan protein dari serealnya yang tinggi. Kombinasi antara kacang almond, kenari dan gandum dalam minuman ini sangat cocok untuk mengisi perut di pagi hari. Selain bernutrisi, minuman ini juga mengenyangkan.

Sikhye

Minuman khas Korea yang satu ini mungkin sedikit aneh di kalangan masyarakat Indonesia karena bahan bakunya yang terbuat dari fermentasi nasi. Proses fermentasi nasi tersebut dibantu dengan menggunakan ragi yang terlebih dahulu dicampur dengan air panas dan disaring untuk membuang endapan ampasnya. Air ragi tersebut barulah dicampurkan dengan beras yang sudah direbus di dalam panci kemudian direbus dan diambil airnya untuk diminum. Biasanya minuman ini ditambahkan madu atau gula untuk memberikan rasa manis. Meskipun terlihat aneh, sikhye memberikan manfaat yang baik untuk saluran pencernaan sehingga baik untuk dikonsumsi. Minuman ini biasanya disajikan dingin dan diminum setelah sauna karena khasiat lain dari sikhye adalah untuk meringankan pegal.

Teh Daechu

Jika sebelumnya ada teh yang terbuat dari berry, teh Korea yang satu ini terbuat dari kurma. Nama daechu sendiri merupakan bahasa Korea dari kurma yang mewakili bahan pembuatan teh. Meskipun dibuat dari kurma, teh ini memiliki rasa yang gurih dengan warnya yang pekat. Khasiat teh Daechu diantaranya adalah untuk mengobati capek dan meringankan anemia.

Banana Milk

Jika beberapa jenis minuman sebelumnya terlihat aneh dengan kombinasi rasa yang pedas, minuman yang satu ini manis dan menyenangkan. Dari namanya, mungkin minuman ini lebih cocok untuk anak-anak, tapi banana milk juga dikonsumsi oleh remaja bahkan orang dewasa di Korea. Banana milk merupakan minuman yang sangat terkenal disana karena pabriknya sendiri sudah berdiri sejak lama yaitu dari tahun 1974 hingga saat ini. Karena perkembangannya, konsumen minuman ini semakin meluas bukan hanya di kalangan anak-anak saja.

Nah, sudah tahu minuman mana yang menjadi favorit Anda? jika Anda tidak bisa berkunjung ke Korea untuk mencoba beberapa minuman khas Korea yang halal diatas, ada banyak resep yang bisa Anda coba sehingga Anda bisa menikmati berbagai minuman tersebut di rumah. Bahan-bahan minuman Korea bisa juga ditemukan di Indonesia dan Anda tidak perlu merogoh kocek dalam.