Mau Jalan-jalan Hemat di Jepang? Kunjungi 5 Destinasi Wisata Gratis ini Aja!

by

Jepang memang memiliki beragam pesona alam serta menawarkan modernitas yang membuat siapa pun ingin berkunjung ke sana. Tapi, banyak orang yang beranggapan bahwa liburan ke Jepang itu mahal karena biaya transportasi, akomodasi, dan makan yang terbilang tinggi. Sebenarnya, mahal atau murah itu kan relatif, ya. Nah, agar kamu tetap bisa jalan-jalan hemat di Jepang, yuk kunjungi beberapa destinasi yang bisa kamu kunjungi secara gratis berikut ini.

  1. Senso-ji Temple, Tokyo

Kalau ke Jepang, rasanya kurang lengkap kalau nggak mampir ke kuil yang ada di sana. Beberapa kuil memang menjadi destinasi wisata yang dibuka untuk umum dan beberapa menerapkan sistem pembelian tiket ketika akan masuk ke area kuil. Tapi, kalau kamu nyari yang gratisan, kamu bisa berkunjung ke Senso-ji Temple, sebuah kuil umat Budha yang berlokasi di Asakusa, sepanjang Nakamise-dori. Di sana kamu bisa naik Jinrikisha (becak ala Jepang), belanja di Nakamise Street, wisata kuliner di Asakusa, foto-foto di tepi sungai Sumida berlatar Tokyo Sky Tree, belajar menyeduh the hijau, hingga menyaksikan festival musim panas.

  1. Shugakuin Rikyu, Kyoto

Belum ke Jepang kalau belum menikmati indahnya panorama alam khas Kyoto yang memesona. Pemerintahnya sangat apik memelihara destinasi wisata yang satu ini. Taman yang terletak di Gunung Hieisanroku ini terbuka untuk umum dan kamu dapat menikmati villa-villa indah yang ada di sana. Meskipun nggak boleh memasuki bangunannya karena menjaga properti cagar budaya tersebut, kamu tetap bisa foto-foto dan belajar banyak tentang sejarah Jepang melalui pemandu turnya. Sebelum ke sini, pastikan kamu udah booking di agen perjalanan Kyoto Imperial Park agar nggak kehabisan tempat.

  1. Farm Tomita, Hokkaido

Salah satu destinasi wajib nih kalau ke Jepang, yaitu ke Farm Tomita yang terletak di Hokkaido. Perkebunan bunga yang luas ini bisa kamu kunjungi secara gratis, lho! Di sini kamu bisa melihat hamparan padang bunga yang berbaris dan berwarna-warni. Udah pasti cantik banget kalau foto-foto di sini. Jenis bunga yang paling khas di kebun ini adalah bunga lavender berwarna ungu yang bikin kamu terkesima. Destinasi wisata ini cocok banget dikunjungi bareng keluarga karena kawasannya yang bersih dan adem. Kebun bunga ini terdiri dari sembilan ladang bunga dan beberapa rumah kaca. Keren banget, ya!

  1. Akihabara, Tokyo

Pecinta anime dan manga wajib banget berkunjung ke sini, nih! Pasalnya, kamu akan puas melihat sejumlah toko dan atraksi menarik yang tersaji di sepanjang area Akihabara. Disebut juga dengan Akiba, distrik ini memiliki ratusan toko elektronik dan games yang terkemuka. Mungkin selama ini kamu hanya melihat dereta toko berwarna-warni dan gemerlap tersebut di komik atau serial anime, tapi coba deh berkunjung ke sana dan nikmati keseruannya secara langsung. Kamu bisa mampir ke Gundam Café hingga AKB48 Café and Shop. Sebelum ke sini, jangan lupa bikin daftar karakter anime yang ingin kamu temui ya!

  1. Instant Ramen Museum, Osaka

Kamu penggemar berat mie instant? Jangan ngaku pecinta mie kalau nggak menyempatkan diri ke Instant Ramen Museum di Osaka. Kamu bisa mengikuti tur museum dari sebuah perusahaan pembuat makanan bernama Nissin Food Products. Selain melihat berbagai macam ramen yang mungkin belum pernah kamu lihat sebelumnya, menyaksikan pembuatan ramen pabrikan, dan menonton teater ramen, kamu juga bisa membuat ramen cup dengan cita rasamu sendiri, lho! Pas banget untuk oleh-oleh atau kenang-kenangan dari Jepang. Mantapnya lagi, kamu nggak perlu reservasi untuk berkunjung ke sini, jadi tinggal datang aja.

Jepang memang memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara untuk mengunjunginya. Dari destinasi wisata alam, budaya, hingga teknologi semuanya ada di Jepang. Menurutmu, destinasi wisata mana nih yang paling ingin kamu kunjungi?