Inilah Destinasi Wisata di Yogyakarta yang Wajib Kamu Kunjungi

by

Lebaran ini pulang kampung ke mana nih, guys ? Lebaran sudah berlangsung dan musim mudik pun telah dimulai. Mereka biasanya akan berbondong-bondong mudik ke kampung halaman untuk berkumpul bersama sanak saudara. Salah satu kota yang jadi tempat mudik orang Ibu Kota adalah Yogyakarta. Selain berkumpul di rumah bersama keluarga, momen lebaran juga dijadikan ajang liburan bersama. Nah, saat sedang di Yogyakarta, kamu wajib nih mengunjungi destinasi wisata yang ada di kota ini. Yuk intip tujuh tempat wisata menarik yang ada di Yogyakarta.

  1. Malioboro

Tempat wisata ini merupakan salah satu ikon utama wisata kota Yogyakarta. Malioboro adalah nama jalan di Kota Yogyakarta yang menjadi salah satu pusat perbelanjaan oleh-oleh khas Yogyakarta. Di sepanjang Jalan Malioboro, kamu bisa menemukan banyak pedagang kain batik dan kerajinan khas kota ini. Selain itu, kamu juga bisa merasakan sensasi naik becak dan juga andong yang berderet di pinggir jalanan Malioboro dan yang lebh penting lagi, kamu bisa berfoto di bawah tulisan Jalan Malioboro yang sangat ikonik.

  1. Istana Air Taman Sari

Istana Air Taman Sari yang berlokasi di belakang Keraton Yogyakarta ini merupakan salah bangunan keraton yang sangat indah dan unik. Dahulu, tempat ini merupakan tempat rekreasi dan meditasi keluarga kerajaan. Bangunannya yang sangat vintage dan instagramable ini menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat libur lebaran bersama keluarga.

  1. Candi Prambanan

Candi kompleks Hindu terbesar ini merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi bersama keluarga. Selain nilai sejarahnya yang tinggi, di sini kamu dan keluarga juga bisa piknik sambil makan bekal di bawah pohon yang ada di area candi prambanan.

  1. Pantai Parangtritis

Pantai parangtritis adalah salah satu pantai yang sangat terkenal di Yogyakarta. Pantai yang terletak di pesisir Pantai Selatan ini menyuguhkan keindahan pantai pasir hitam yang panjang dan menawan. Jika kamu berlibur di pantai ini, jangan lupa untuk mencoba naik andong di pinggir pantai saat sore hari. Kamu akan merasakan sensasi naik andong sambil menyusuri pantai dari ujung ke ujung sambil menikmati sunset di Pantai Parangtritis.

  1. Hutan Pinus Imogiri

Ingin menikmati suasana sejuk dan teduh di Yogyakarta yang sudah mulai panas? Kamu bisa melipir ke daerah Imogiri, Bantul untuk merasakan sejuknya Hutan Pinus Imogiri. Sambil bercakap-cakap dengan keluarga, kamu bisa menikmati rindangnya hutan pinus yang asri dan sejuk.

  1. Alun-Alun Kidul pada malam hari

Pada malam hari setelah seharian bersilaturahmi ke tetangga, kamu sekeluarga bisa pergi ke Alun-Alun Kidul di belakang Keraton Yogyakarta. Di sini kamu bisa memesan jagung bakar dan semangkuk ronde hangat sambil menikmati malam di Kota Yogyakarta. Kamu juga bisa menyewa sepeda hias yang unik untuk berkeliling Alun-Alun Kidul.

  1. Keraton Yogyakarta

Salah satu kerajaan yang masih eksis di Indonesia adalah Kesultanan Yogyakarta. Nah, saat sedang di Yogyakarta, wajib nih kamu sekeluarga mampir ke Keraton. Selain bisa menikmati keindahan Keraton Yogyakarta, kamu juga bisa belajar mengenai sejarah Kerajaan Mataram yang sudah ada sejak Indonesia merdeka.

Setelah selesai bersilaturahmi ke rumah sanak saudara dan tetangga, kamu bisa mampir ke destinasi wisata yang ada di Yogyakarta ini. Mumpung masih liburan dan bisa pergi bersama keluarga, kamu wajib pergi ke salah satu destinasi wisata tersebut saat berada di Yogyakarta. Selamat berlibur dan berkumpul bersama keluarga!